31.6 C
Tangerang
Sunday, January 29, 2023
Home Lifestyle Inilah Tanda HRD Tidak Tertarik dengan Peserta Interview Kerja!

Inilah Tanda HRD Tidak Tertarik dengan Peserta Interview Kerja!

Inajournal.com – Wawancara atau interview adalah salah satu alur yang perlu dihadapi ketika kamu melakukan melamar kerja. Bisa dibilang hal ini adalah proses yang paling mendebarkan apalagi kalau kamu ditanya-tanya oleh sang HRD atau tim requiliter sehingga cukup sangat sulit untuk menjawab pertanyaan mereka. Kalau kamu sedang interview kerja kamu perlu tahu berbagai tanda HRD jika tidak tertarik dengan kamu!

Biasanya perilaku HRD ini akan menunjukkan apakah dirinya tertarik atau tidak dengan jawabanmu ketika interview berlangsung. Jangan khawatir karena kamu harus mengetahui lebih dulu berbagi tandanya seperti yang kami bagikan pada penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Tanda dari HRD yang Tidak Tertarik Denganmu saat Interview Kerja

Interview-Kerja

     1. Interview Berlangsung Lebih Cepat dari Jadwal

Tanda pertama dari HRD yang tidak tertarik denganmu saat interview kerja yaitu interview berlangsung lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Tanda ini disebutkan oleh seorang karir strategis dan content writer kalau wawancara yang berlangsung singkat bisa saja dikarenakan HRD tidak melihat kamu sebagai kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Ada di dalam beberapa kondisi yang memungkinkan interview berlangsung lebih cepat dikarenakan HRD ada urusan lain tetapi sebelumnya pasti akan diberikan penjelasan atau permintaan maaf. Jadi kamu perlu tahu kalau durasi yang singkat saat kamu sedang interview, bisa jadi HRD tidak tertarik denganmu.

     2. HRD Tampak Tidak tertarik

Selanjutnya ketika interview seharusnya HRD itu terlihat antusias karena akan melakukan interview sehingga bisa mendapatkan karyawan baru. HRD sendiri biasanya memperhatikan secara detail akan jawaban dan body language selama melakukan interview.

Kalau HRD nggak melakukan hal itu maka bisa jadi mereka nggak tertarik denganmu bahkan nampak jelas kalau jawaban yang kamu berikan tidak memuaskannya. Dan biasanya tanda HRD tidak tertarik tidak memusatkan seluruh perhatiannya kepadamu sehingga dirinya tidak ada kesabaran untuk mengakhiri proses interview denganmu. Nampak jelasnya lagi Kalau iya memiliki tatapan yang intens sebagai kode ingin mengakhiri interview denganmu.

     3. Kamu Tidak Punya Kesempatan untuk Bertanya

Kemudian kalau HRD tidak tertarik denganmu bisa dipastikan kamu nggak ada kesempatan untuk bertanya karena seperti terkesan interview biasanya. Apalagi interview adalah jalan dua arah.

Sehingga kedua belah pihak bisa melakukan tanya jawab dan kalau kamu nggak diberikan kesempatan untuk bertanya tentang perusahaan, maka HRD tidak tertarik denganmu dan sekalipun memberikan kesempatan bertanya pasti akan menjawabnya secara singkat bahkan kurang jelas. Siapa yang pernah mengalami hal serupa?

     4. HRD Tidak Memberikan Informasi Lengkap Terkait Perusahaan

Bahkan HRD tidak akan memberikan informasi lengkap mengenai perusahaan saat melakukan interview jika tidak menyukai dirimu untuk direkrut pada perusahaan tersebut. Kalau biasanya tim requiters akan memberikan informasi secara detail mengenai job desk, budaya kerja dan hal lainnya tentang perusahaan itu tetapi kalau kamu tidak mendapatkannya ini adalah tanda HRD tidak menyukai dirimu.

Bahkan biasanya HRD berusaha menjual perusahaan supaya para calon karyawan yang baru semakin antusias berminat untuk bekerja di sana. Faktor HRD tertarik dengan memberikan informasi secara detail mengenai perusahaan karena memang kurang berkesan dengan jawabanmu selama interview berlangsung.

     5. HRD Tidak Membicarakan Tahap Selanjutnya

Terakhir HRD tidak akan membicarakan tahap ke selanjutnya jika mereka tidak berkenan untuk mempekerjakan kamu di perusahaan tersebut. Saat interview pada calon posisi pekerjaan akan berakhir, biasanya HRD akan menanyakan kesedihan kamu untuk mulai bekerja di perusahaan itu dan akan memberitahu langkah selanjutnya setelah melakukan interview tersebut.

Kalau HRD tidak membicarakan apapun yang tidak berkesan dan tidak tertarik denganmu saat interview maka mereka akan mengakhiri sesi wawancara tersebut tanpa memberikan penjelasan apa yang harus dilakukan setelah itu. Nah beberapa tanda di atas memang sangat jelas kalau HRD tidak berkesan dan tidak tertarik denganmu saat interview untuk menghindari hal itu sebaiknya kamu lakukan persiapan dengan matang sebelum melakukan interview di perusahaan pekerjaan tersebut.

Dari kelima tanda di atas sangat membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk interview kerja tidak? Setidaknya Jika kamu mengetahui kalimat tanda HRD yang tidak tertarik denganmu, mereka akan melakukan berbagai hal seperti yang telah dijelaskan di atas.

Most Popular