31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Entertainment Iphone SE 2020 Segera Rilis di Indonesia, Apakah Layak Dibeli?

Iphone SE 2020 Segera Rilis di Indonesia, Apakah Layak Dibeli?

Smartphone terbaru dari Apple, yaitu Iphone SE 2020 dipastikan akan segera rilis di Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2020 mendatang. Dengan tagline “Iphone idaman dengan harga impian” itu rencananya akan tersedia di iBox, Erafone, Urban Republic, ibox.co.id dan eraspace.com. Smartphone yang satu ini tersedia dengan tiga varian, yaitu 64GB, 128GB dan 256GB. Sementara waktu warna yang tersedia hanya Black, White, dan Red. Yang menarik dari smartphone ini adalah chip yang digunakannya sama dengan yang dimiliki Iphone 11 pro. Untuk kameranya sendiri, Iphone SE ini sudah dibekali dengan lensa tunggal pada bagian belakangan yang sudah beresolusi 12MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 7MP.

Smartphone yang satu ini juga sudah tahan cipratan, air, debu berkat sertifikat IP67 yang membuat perangkat ini dapat bertahan dalam kedalam maksimum 1 meter selama 30 menit. Akan tetapi, sistem keamanannya masih menggunakan Touch ID dengan sensor sidik jari konvensional. Sedangkan untuk daya baterainya sendiri hampir sama dengan Iphone 8. Untuk harga jualnya sendiri diprediksi tidak jauh berbeda dengan versi Singapura. Di Singapura Iphone SE 64Gb dijual dengan harga 7 juta, 128GB 7,8 juta dan 256GB 9,6 juta. Lantas dengan spesifikasi seperti itu apakah layak untuk dibeli? Berikut ini ada beberapa bahan pertimbangan yang perlu anda pertimbangkan.

Berbagai Pertimbangan Kelayakan Iphone SE 2020 Untuk Dibeli

Iphone SE 2020

Ukuran Layar Yang Kecil

Salah satu hal yang sangat menarik dari Iphone SE ini adalah ukuran layarnya yang hanya sebesar 4,7 inci. Mungkin bagi sebagian orang smartphone ini sangat mereka incar karena hp yang satu ini jauh lebih mudah masuk ke saku dan tas karena bentuknya yang cukup mungil. Akan tetapi, permasalahannya adalah jika anda memiliki ukuran tangan dan jari yang besar, ukuran hp ini justru akan menyusahkan anda dalam mengetik bukan? Tentu saja dengan ukuran layar yang kecil ini masih menjadi bahan pertimbangan bagi para calon konsumen. Sehingga dapat dikatakan kalau smartphone ini lebih cocok dengan orang-orang bertangan imut.

Baterai Mudah Habis

Seorang YouTuber yang sering menilai barang-barang geek bernama Dave Lee menilai bahwa Iphone SE ini baterainya lebih cepat habis. Dirinya mengamati permasalahan tersebut yang datang dari kapasitas baterai dan penggunaan prosesor yang dinilai tidak sesuai. Sebab, prosesor kuat Bionic A13 yang telah digunakan oleh Iphone 11 ini tidak diimbangi dengan daya baterai yang besar. Memang benar Iphone SE ini mampu menangani video dan foto kualitas HD, akan tetapi hal tersebut tidak akan mampu menyala lama seperti halnya Iphone 11. Tentu saja hal ini semakin mempertimbangkan kelayakan hp ini untuk dibeli.

Kamera Biasa Saja

Perlu anda ketahui bahwa Iphone SE 2020 ini bukanlah sebuah smartphone yang terfokus pada kualitas kamera. Dimana brand Apple hanya memberikan satu kamera belakang saja dan hal tersebut memang berjalan dengan baik. Namun sangat disayangkan karena hasil jepretannya hanya bagus ketika kondisi ruangan sedang mendapatkan cukup cahaya saja. Karena pada kondisi ruangan gelap, smartphone ini tidak akan berkutik, mengingat kalau smartphone ini juga tidak memiliki fitur night mode. Sehingga, apabila memang anda sedang mencari hp dengan kamera yang bagus, maka sebaiknya anda menghindari smartphone ini.

Tidak Memiliki Fitur Face ID

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa di zaman sekarang hampir semua smartphone sudah dibekali dengan teknologi terbaru yaitu face id. Dimana pemiliknya tidak perlu lagi membuka kunci smartphone dengan cara menekannya. Pemilik hanya perlu menunjukkan wajah maka otomatis kunci smartphone akan terbuka. Namun, sayangnya di Iphone SE ini fitur face id tidak ada. Dimana fitur ini digantikan dengan model lama yaitu touch id yang terletak di bagian tombol home. Memang sama-sama mudah dilakukan, namun sangat disayangkan karena tidak memiliki fitur terbaru.

Masih Menggunakan Kabel Lightning

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Apple merupakan perusahan yang pertama kali mempopulerkan penggunaan kabel USB-C pada smartphone. Namun, yang sangat lucu adalah upgrade ini tidak diberikan kepada Iphone SE 2020 ini. Sehingga, apabila anda kehilangan kabelnya, maka anda akan sangat susah dalam mencari penggantinya. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar pertokoan sudah beralih ke USB-C. Memang benar kalau Iphone SE ini sudah dibekali dengan fitur wireless charging yang sangat modern, tetapi tetap saja hal tersebut tidak terlalu praktis.

Most Popular