31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Foodie Jajanan Tradisional Indonesia Berbahan Dasar Ketan, Legit Dan Lezat

Jajanan Tradisional Indonesia Berbahan Dasar Ketan, Legit Dan Lezat

Ada banyak jajanan tradisional Indonesia yang sangat lezat, berbicara tentan kuliner tradisional yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya. Indonesia memang memiliki banyak makanan khas yang beragam dengan bahan bahan yang mudah ditemui, disinilah letak kreatifnya orang Indonesia, bahan apa pun bisa diolah menjadi kuliner yang lezat dan populer, mulai dari makanan asin, asam, manis dan berbagai rasa unik lainnya.

Biasanya makanan tradisional Indonesia terbuat dari bahan bahan yang mudah ditemui dan memang sudah turun temurun menjadi makanan yang dibawa oleh para pahlawan untuk bekal berperang. Seperti pisang, singkong, ketan dan masih banyak lagi bahan lainnya, salah satu jajanan tradisional yang paling banyak digemari dan sangat populer yaitu makanan yang berbahan dasar ketan. Meskipun teksturnya lengket namun rasanya sangat lezat.

Makanan yang berbahan dasar ketan ini memiliki banyak rasa, mulai dari manis hingga gurih. Dan beberapa makanan juga wajib hadir di suatu acara, seperti acara hajatan sunatan, pernikahan, arisan dan beberapa acara besar lainnya, apa saja makanan tradisional Indonesia dengan bahan dasar ketan yang sangat lezat?

Jajanan Tradisional Indonesia Berbahan Ketan Yang Lezat

1. Wajik Ketan

Wajik Ketan
Kuliner yang satu ini sangat populer di Jawa Tengah, makanan berbahan ketan ini dikenal dengan nama wajik ketan. Makanan manis dan legit ini memiliki bentuk ketupat atau jajar genjang, bahan dasarnya adalah beras ketan yang dikukus lalu dimasak dengan campuran santan dan gula merah hingga mengeluarkan minyak dan terasa lembut.

Karena pemakaian gula merah ini wajik ketan memiliki warna coklat dan rasa yang manis, kue ini memiliki aroma yang khas karena pengolahannya menggunakan daun pandan, saat mengunjungi acara pernikahan pastinya kamu pernah melihat kue ini hadir di acara tersebut bukan? Wajik memang sering disajikan pada acara acara besar.

2. Lemper

Jajanan tradisional Indonesia
Siapa yang tidak kenal dengan jajanan tradisional Indonesia yang satu ini, jajanan ini menjadi snack box favorit banyak orang. Makanan ini berisi daging ayam cincang atau abon sapi yang dibungkus dengan ketan yang sudah dikukus lalu dibungkus kembali dengan daun pisang lalu dibakar. Rasa lemper sangat lezat dan legit, makanan yang satu ini juga sering hadir di berbagai macam acara.

3. Klepon

Klepon
Siapa yang bisa menolak kelezatan kue manis berbalut kelapa yang satu ini? Pastinya kamu sudah tidak asing mendengar nama klepon bukan, kue yang berbentuk bulat ini berbahan dasar tepung ketan dan tepung besar yang di uleni hingga kalis kemudian adonan diisi dengan cairan gula merah lalu direbus hingga matang. Setelah matang klepon diberikan taburan parutan kelapa, saat masuk kedalam mulut akan ada sensasi gula cari yang meleleh di dalam mulut.

4. Lepet

Lepet
Jajanan tradisional Indonesia yang satu ini berasal dari bahasa sunda, jajanan ini dibuat dengan tepung ketan yang dicampurkan dengan kacang dan dimasak dalam santan, kemudian jika sudah matang akan dibungkus dengan daun janur. Makanan yang satu ini sering disebut mirip dengan lemper dan lontong, bedanya hanyalah tekstur lepet yang lebih liat dan lengket karena menggunakan beras ketan, rasanya sangat lezat dan nikmat.

5. Tapai Ketan

Tapai Ketan
Olahan yang satu ini sangat lezat dinikmati saat siang hari di waktu yang panas, jajanan ini merupakan tapai yang terbuat dari beras ketan, baik yang hitam atau beras ketan putih. Cara memasaknya dengan cara dikukus kemudian dibubuhi dengan ragi, bungkus adonan menggunakan daun pisang dan diamkan jangan sampai terkena udara selama 2-4 hari. Setelah itu nantinya akan berair dan sangat cocok dijadikan campuran es doger.

6. Jadah

Jadah
Jajanan tradisional Indonesia yang satu ini juga sangat lezat dan sering menjadi cemilan pagi hari, jada terbuat dari beras ketan yang memiliki tekstur sangat lembut dan berwarna putih. Jadah tidak hanya memiliki rasa yang manis namun juga ada yang memiliki rasa gurih, bagi kamu pecinta makanan gurih jadah akan sangat nikmat digoreng terlebih dahulu sebelum kamu mengkonsumsinya, sedangkan jadah yang manis akan di taburi dengan kelapa dan gula. Mengapa rasa jadah gurih? Karena diolah dengan menggunakan daun salam, daun pandan, parutan kelapa, gula dan garam.

Most Popular