31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Beauty Jangan Di Sepelekan! Bahaya Makeup Kedaluwarsa Yang Bikin Wajah Rusak

Jangan Di Sepelekan! Bahaya Makeup Kedaluwarsa Yang Bikin Wajah Rusak

inajournal.com – Banyak orang yang tidak sadar dengan tanggal makeup yang digunakan, ternyata bahaya makeup kedaluwarsa cukup fatal jika tidak diperhatikan. Semakin berkembanganya industry kecantikan saat ini membuat banyak perempuan menjadi hobi mengoleksi berbagai macam makeup, setiap bulan pasti ada produk produk terbaru yang muncul dan membuat kita tergoda untuk membeli produk tersebut, sehingga akan semakin banyak koleksi make up kamu. Tidak ada salahnya kamu memiliki banyak koleksi make up, tapi yang perlu diperhatikan yaitu jangan sampai kamu menggunakan make up yang ternyata sudah kedaluwarsa.

Sebagian dari kamu mungkin tidak menyadari tanggal kedaluwarsa di make up yang kamu miliki, alhasil wajah kamu menjadi breakout dan kamu berfikir kamu tidak cocok menggunakan satu produk padahal kamu sedang menggunakan produk yang sudah kadaluwarsa, oleh karena itu mengapa tanggal kedaluwarasa sangat penting diperhatikan. Jika masa kedaluwarsa sudah berakhir, maka kandungan di dalam kosmetik tersebut menjadi racun untuk wajah kamu, bahkan akan berdampak fatal jika kamu teruskan penggunaanya, berikut ini bahayanya jika kamu menggunakan makeup kedaluwarsa.

Bahaya Makeup Kedaluwarsa Yang Berakibat Fatal Jika Digunakan Terus

Bahaya makeup kedaluwarasa

1. Iritasi Kulit

Hati hati karena makeup kedaluwarsa dapat membuat kulit kamu iritasi, jika kamu menggunakan primer, foundation, bedak dan lain sebagainya dalam keadaan sudah kedaluwarsa, besar kemungkinan kulit kamu akan mengalami iritasi. Kondisi ini awalnya muncul dari rasa gatal, kemerahan, kering hingga bisa menyebabkan kulit kamu terkelupas, untuk kasus penggunaan makeup kedaluwarasa ini akan fatal jika terus digunakan karena bisa memicu terjadinya kanker kulit. Maka dari itu jangan pernah menganggap makeup yang sudah kedaluwarsa sebagai hal yang remeh.

2. Menyebabkan Pembengkakan Bibir

Bahaya makeup kedaluwarasa selanjutnya yaitu bisa membuat bibir kamu menjadi bengkak. Kosmetik bibir menjadi salah satu produk yang paling banyak digandrungi , jadi sudah bisa dipastikan kalau setiap perempuan pastinya memiliki lebih dari dua lipstick, lip cream, lipgloss atau lipbalm, karena memiliki kuantitas yang cukup banyak, sering sekali kebanyakan orang lupa dengan tanggal kedaluwarsa dari produk lipstik yang mereka miliki.

Padahal jika kamu mengaplikasikan produk bibir yang sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan bibir kamu terasa sangat perih, kasar, pecah pecah, kering atau bahkan hingga bibir kamu menjadi bengkak, kamu pastinya tidak ingin bukan mendapat hal seperti ini? Maka dari itu sebelum kamu membelinya jangan lupa untuk cek tanggal kedaluwarsa agar kamu bisa waspada jika ingin menggunakan produk lipstick kamu.

3. Menimbulkan Masalah Di Area Mata

Riasan mata menjadi salah satu bagian paling penting untuk membuat make up kamu semakin maksimal, eyeshadow, eyeliner dan mascara akan menonjolkan keindahan serta kecantikan dari mata kamu. Tapi ingat jangan sampai kamu menggunakan produk produk tersebut yang sudah kedaluwarsa, terlebih lagi area mata merupakan area tubuh yang paling sensitif sehingga harus benar benar diperhatikan.

Makeup yang sudah kedaluwarsa akan menumpukan bakteri, tentunya saja jika terkena mata kamu akan memicu berbagai reaksi, misalnya mata menjadi merah, berair, terasa gatal atau perih, hingga timbulnya benjolan di area mata kamu. Yang parahnya lagi make up kedaluwarsa dapat beresiko membuat mata kamu mengalami infeksi yang mengharuskan kamu membutuhkan perawatan khusus, maka dari itu hati hati saat menggunakan riasan mata.

4. Munculnya Jerawat

Bahaya makeup kedaluwarasa selanjutnya yaitu jerawat, kamu pasti merasa sangat lelah sudah menggunakan berbagai macam skincare untuk mengurangi jerawat kamu. Hal ini bisa jadi bukan kamu tidak cocok dengan salah satu skincare yang kamu gunakan, tapi makeup yang kamu gunakan sudah kadaluwarsa, pada umumnya kandungan minyak yang ada di dalam base makeup seperti foundation atau cream blush on akan menggumpal di bagian permukaanya.

Sehingga jika kamu menggunakannya, sangat besar kemungkinan kandungan minyak tersebut yang diaplikasikan ke kulit kamu, menggunakan produk yang memiliki banyak kandungan minyak berpotensi menyumbat pori pori wajah yang dimana menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Maka dari itu pastikan makeup yang kamu gunakan masih layak pakai dan jauh dari tanggal kedaluwarsa.

Most Popular