31.6 C
Tangerang
Friday, December 9, 2022
Home Lifestyle Jangan Dibuang! Olahan Ampas Kopi Yang Bermanfaat Untuk Berbagai Hal Dan Akan...

Jangan Dibuang! Olahan Ampas Kopi Yang Bermanfaat Untuk Berbagai Hal Dan Akan Menguntungkan Hidup Kamu!

Para penikmat dan pecinta kopi sudah banyak di indonesia. Apalagi munculnya film filosofi kopi, munculnya kafe kopi dan kedai kopi yang berbagai macam di indonesia. Inovasi kopi ini banyak peminat dari kalangan masyarakat . Mulai dari yang tua dan muda semua suka kopi . Ada yang kopi pahit dan manis tergantung selera masing-masing .Terlebih tren yang saat ini yaitu membuat varian dalgona yang menggunakan kopi bubuk siap seduh. Ada yang sudah mencoba tapi gagal?

Terkadang setelah anda membuat kopi kamu akan menemukan ampas kopi atau sisa bubuk hasil tumbukan kopi yang tidak terpakai . Jika kalian ingin membuangnya sebaiknya kalian bisa memanfaatkan olahan ampas kopi menjadi sesuatu yang bermanfaat . Apa saja? berikut kita bahas

Olahan Ampas Kopi Yang Bermanfaat

Bahan keramas untuk rambut warna coklat

Olahan Ampas Kopi

Olahan ampas kopi yang pertama yaitu dapat menjadi bahan keramas untuk rambut. Jika kalian punya rambut berwarna coklat kalian butuh perawatan yang cukup ribet namun tidak usah khawatir dengan adanya ampas kopi kamu bisa menggunakan untuk manfaat rambut warna coklat.

Berikut caranya : siapkan ampas kopi yang sudah tidak terpakai, simpan ampas kopi di suhu yang dingin. Lalu balurkan pada rambutmu setelah keramas, pijat kepalamu, tutup kepala plastik kepala , diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih . Manfaat mencuci rambut dengan ampas kopi ini dapat membuat rambut coklat bercahaya, serta memberikan tambahan warna pada akar rambut. Selain itu rambutmu akan wangi kopi.

Sebagai pengharum kulkas dan mobil

ampas kopi

 

Jika kulkas mengalami bau kurang sedap kamu dapat mengatasinya dengan ampas sisa kopi. Cukup gunakan filter yang berisi ampas kopi yang telah kamu pakai sebelumnya. Masukan kedalam toples dan tempatkan bagian belakang kulkas . Mudah kan?

Menjadi pengharum mobil.

pengharum mobil

Terkadang mobil anda bau apek atau tidak sedap kalian bisa menggunakan ampas kopi untuk dijadikan pewangi . Caranya ambil kaos kaki atau ambil kain yang masih bagus tapi tidak terpakai ,lalu isi dengan bubuk kopi kering,ikat bagian atas dengan benang atau tali. Tempatkan pada kaca penumpang depan atau pada bagian salah satu kursi. Kalian akan mencium harum kopi dan menghilangkan bau apek di dalam mobil.

Bahan membuat kertas lucu

kertas lucu
Ada kertas putih yang tidak terpakai? Coba buatlah seakan terlihat tua dan unik warnanya dengan menggunakan ampas kopi . Caranya ambil loyang panggang dan isi wadah tersebut dengan kopi. Kemudian rendam 1 kertas atau 2 kertas ke dalam kopi tersebut .

Biarkan beberapa menit agar menyerap, lalu angkat dan taruh di atas kain tebal, biarkan mengering. Kamu mendapatkan kertas dengan warna yang unik klasik dan keren .Tidak hanya kertas,kamu dapat menggunakan trik cara lain dengan menggabungkan warna cat dan ampas kopi dengan desainmu sendiri . Kamu bisa mengecat dan memberikan paduan ampas kopi di bunga dan ranting daun . Silahkan dicoba .

Membersihkan panci

olahan ampas kopi
Mencuci panci memang sulit apalagi setelah memasak-masakan yang berlemak,berminyak,mengandung santan dan sebagainya. Kalian tidak perlu risau kalian siapkan ampas kopi yang tersisa caranya : campurkan ampas kopi dengan air, lalu masukan ke panci dengan selembar penggosok pencuci piring atau spons , kemudian bilas . Kalian akan mendapatkan bau aroma seperti bawang bombay,Bau amis akan hilang dengan ampas kopi . Bermanfaat kan? Kalian bisa mencobanya di rumah .

Menghilangkan selulit

selulit
Memang susah menghilangkan selulit di tubuh , namun kalian bisa mencobanya dengan ampas kopi kalian yang tidak terpakai caranya : campurkan setengah gelas ampas kopi dan ¼ minyak zaitun dan campurkan , setelah menjadi scrub kalian balurkan ke tubuh kalian yang mengalami sesulit lalu diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih. Manfaat kopi ini dapat mengencangkan kulit dengan memperbesar pembuluh darah dan menurunkan retensi air . Bermanfaat sekali ya.

Most Popular