31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Lifestyle Jangan Diucapkan! Kalimat Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Pada Orang Yang Sedang Depresi

Jangan Diucapkan! Kalimat Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Pada Orang Yang Sedang Depresi

Setiap orang pasti pernah mengalami depresi, di kondisi seperti ini seseorang tersebut membutuhkan support dari orang orang terdekat. Biasanya orang yang depresi dilanda oleh rasa bersalah yang menjadi beban untuknya, merasa putus asa, rendah diri, selalu merasa cemas, khawatir berlebihan, mudah marah atau sangat sensitif, dan mudah menangis, sulit berkonsentrasi, berpikir, timbul ide untuk menyakiti diri sendiri bagi orang yang sedang depresi.

Tak hanya itu, namun juga ada ciri ciri fisik untuk orang yang sedang mengalami depresi, seperti selalu merasa lelah dan hilang tenaga, selera makan menurun, insomnia atau terlalu banyak tidur, pusing atau rasa nyeri yang tidak jelas alasannya, gerak tubuh lebih lambat, berat badan turun. Namun penderita tak selalu merasa gejala yang, semua itu tergantung pada keparahan depresi yang dialami oleh seseorang.

Depresi biasanya bisa karena tertekan oleh beberapa hal, mengalami traumatis atau tekanan batin, memiliki gangguan mental, mengalami kehilangan seseorang yang dicintai, dan masih banyak lagi. Hal tersebut yang dapat memicu seseorang menjadi depresi, hal ini tentunya sangat sulit bagi orang yang sedang mengalami depresi, oleh karena itu ia membutuhkan support dari orang orang sekitarnya.

Ketika kamu sedang berhadapan dengan orang yang depresi, tanpa sadar pasti mengucapkan kalimat kalimat yang terlarang, meskipun maksud dari ucapanmu baik untuk orang tersebut, perlu diingat bagi seseorang yang sedang mengalami depresi, untuk menjalankan hidupnya saja sangat sulit. Berikut ini beberapa kata yang sebaiknya tidak diucapkan pada orang depresi.

Jangan Ucapkan Ini Pada Orang Yang Sedang Depresi

Orang Yang Sedang Depresi

Tidak Seburuk Itu Kok

Kata pertama yang sebisa mungkin jangan diucapkan pada orang depresi yaitu “tidak seburuk itu kok”, mungkin dengan kata kata ini kamu berharap ia akan lebih tenang, maksud kamu sudah baik. Namun orang yang depresi biasanya cenderung melihat dunia mereka sangat negatif dan penuh dengan penderitaan. Kata kata tersebut mungkin bertujuan agar dia melihat dunia secara lebih positif, padahal kalimat tersebut justru dapat memperburuk keadaannya. Dengan mengucapkan kalimat itu kamu seperti membandingkan keadaan dengan orang lain dan meremehkan.

Gak Usah Dipikirin

Kalimat yang satu ini paling sering diucapkan, sengaja maupun tidak sengaja, kata kata ini sebaiknya tidak diucapkan pada orang depresi. Karena sangat mustahil bagi orang yang sedang mengalami depresi untuk berhenti memikirkan semua masalahnya, terkadang pikiran tersebut datang sendiri tanpa harus dipikirkan. Dengan kata kata itu, orang depresi bisa saja merasa dituduh, seolah olah ia mengada ngada keadaan mereka.

Yuk Lebih Bersyukur

Kata kata ini tentunya memiliki arti yang baik, namun kamu harus melihat apa penyebab seseorang mengalami depresi. Orang depresi bisa karena rasa kehilangan yang mendalam, rasa bersalah, yang membuat ia tidak mampu menghadapi sesuatu. Dengan kata tersebut terasa kurang pantas diucapkan untuk orang yang depresi, dengan kata kata itu memberi label bahwa ia tidak mensyukuri berkatnya, ia bisa saja merasa malu dan merasa semakin tidak berharga.

Aku Paham Perasaanmu

Kata kata ini mungkin terkesan kamu sangat paham, dan empati, dan dengan kata kata ini agar orang depresi merasa bisa dipahami. Namun kata kata ini bisa saja menjadi bumerang, kenyataan kita tidak akan benar benar bisa mengerti perasaan seseorang, oleh karena itu orang depresi sulit untuk menerima perkataan tersebut. Perlu diingat depresi dan stres itu berbeda, dan tingkat depresi setiap orang berbeda beda.

Semua Pasti Berlalu

Kata kata ini memang benar adanya, setiap masalah akan berlalu, namun jika diucapkan pada orang yang sedang depresi rasanya kurang pantas. Seseorang yang depresi mungkin mengalami kesulitan membayangkan masa depan karena mereka merasa kewalahan di masa kini, selain itu mereka juga sulit untuk benar benar melepaskan atau melarikan diri dari masa lalu.

Most Popular