31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Lifestyle Jangan Emosi Dahulu! Begini Cara Hadapi Teman Sok Baik Dan Munafik

Jangan Emosi Dahulu! Begini Cara Hadapi Teman Sok Baik Dan Munafik

Ada banyak cara hadapi teman sok baik dan munafik, setiap orang tentunya memiliki teman dengan berbagai macam karakter yang berbeda beda. Jangan samakan karakter orang lain dengan yang lainnya, mempunyai karakter teman yang sangat baik tentunya membuat pertemanan sangat positif. Namun bagaimana jika kamu memiliki teman baik yang lambat laun kamu mengetahui sifat aslinya yang ternyata dia sok baik dan munafik.

Mempunyai teman yang sok baik dan munafik memang sangat menjengkelkan, sering sekali rasanya ingin menghujat dan mencaci orang tersebut, tetapi jika kamu terlalu terbawa emosi dengan mencaci makinya justru yang akan terlihat buruk adalah kamu. Dalam mencari teman memang perlu pilih pilih, jangan sampai kamu terjebak di pertemanan yang sok baik dan munafik, lingkarang pertemanan seperti ini bisa dibilang toxic.

Dari pada kamu meluapkan emosi kamu dengan teman yang sok baik dan munafik, sebaiknya kamu selesaikan dengan cara dewasa. Ada banyak cara untuk menghadapi teman yang seperti itu, tanpa harus mencaci makinya dan menggunakan emosi, kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan kepala dingin.

Cara Hadapi Teman Sok Baik Dan Munafik Secara Dewasa

1. Tahan Emosi dan Ketenangan Batin

Hadapi teman sok baik
Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menahan emosi dan menenangkan batin kamu saat mulai terbawa emosi, kamu harus mempraktekkan hal hal ini saat sedang di situasi yang genting, dan jika kamu sedang menghadapi teman yang munafik kamu harus menerapkan cara ini. Dengan kamu meluapkan emosi secara berlebihan akan menjadi salah walaupun sebenarnya kamu ada diposisi yang benar, tak hanya itu emosi yang berlebihan juga membuat masalah dan kondisi semakin memburuk. Saat mulai emosi sebaiknya kamu mengambil jeda dan lakukan me time agar dapat melupakan sejenak amarahmu.

2. Bertanya Langsung

Hadapi teman sok baik
Cara hadapi teman sok baik adalah dengan komunikasi. Komunikasi adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan menjaga pertemanan kamu, jika kamu merasa risih dengan perlakuan teman kamu sebaiknya kamu menanyakan langsung kepada dirinya. Kamu bisa bertanya tentang dirinya atau apa yang telah dia perbuat dengan mu, kamu juga perlu menanyakan dengan detail seperti apa alasan dibalik ia melakukan hal tersebut. Jika kamu sudah mendapat jawaban kamu bisa menentukan keputusan untuk bertahan atau menjauh.

3. Memberi Masukan

feedback
Hadapi teman sok baik dengan memberikan masukan yang baik dan membangun untuknya, jangan seolah olah kamu menggurui. Gunakan cara yang lembut seolah olah kamu mengerti, sadarkan teman kamu bahwa perilakunya sangat tidak baik dan merugikan, berikan masukan yang tulus dan menyentuh hatinya. Kamu bisa menggunakan pendekatan dengan bahasa tubuh yang dimengerti olehnya agar tidak timbul kesalahpahaman.

4. Mengurangi Curhatan

Curhat
Jika kamu sebelumnya sering curhat dengan teman kamu, sebaiknya kamu mulai untuk mengurangi curhatan agar dia tidak ada bahan untuk menjelaskan kamu di belakangmu. Kamu bisa bercerita hal lain yang bukan tentang dirimu, atau hal hal yang tidak penting dibanding kamu harus curhat hal penting kepadanya.

5. Introspeksi Diri

Introspeksi Diri
Kamu juga perlu intropeksi diri, bisa saja ternyata memang kamu memiliki kesalahan yang membuat teman kamu bersikap seperti itu. Mungkin secara tidak sadar kamu memiliki sikap yang kurang baik kepada teman kamu, intropeksilah dan berubah untuk menjadi lebih baik.

Most Popular