31.6 C
Tangerang
Tuesday, August 9, 2022
Home Health Jangan Konsumsi Kebanyakan! Minuman Dan Makanan Yang Merusak Gigi

Jangan Konsumsi Kebanyakan! Minuman Dan Makanan Yang Merusak Gigi

Ada beberapa minuman dan makanan yang merusak gigi jika kamu mengkonsumsinya berlebihan, memiliki gigi yang sehat adalah idaman semua orang. Kamu juga bisa mendapatkan gigi yang sehat dengan cara menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, namun tidak hanya itu saja perawatan yang bisa kamu lakukan, kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman yang dapat merusak gigi. Memang tidak semua makanan atau minuman bisa merusak gigi, ada beberapa yang memang harus kamu hindari atau kamu kurangi konsumsinya untuk menjaga kesehatan gigi kamu.

Makanan atau minuman yang kamu konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan gigi kamu. Salah satu yang sudah banyak orang tahu yaitu mengkonsumsi makanan atau minuman manis bisa merusak gigi, hal ini memang benar jika kamu juga salah satu orang yang malas menyikat gigi, tidak hanya makanan dan minuman manis ternyata masih ada beberapa makanan dan minuman lain yang bisa membuat gigi kamu rusak jika dikonsumsinya berlebihan. Apa saja? Berikut ini daftar minuman dan makanan yang bisa merusak gigi kamu.

Minuman Dan Makanan Yang Merusak Gigi, Hindari Ini!

1. Buah Jeruk

Makanan yang merusak gigi
Siapa sangka buah sehat yang satu ini ternyata menjadi salah satu buah yang dapat merusak gigi, buah jeruk merupakan sumber vitamin C, namun juga ada beberapa jenis jeruk yang tidak baik untuk kesehatan gigi jika dikonsumsinya berlebihan. Salah satunya yaitu jeruk bali dan jus lemon yang memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bisa mengikis enamel gigi, hal ini lah yang bisa menyebabkan gigi kau jadi rusak.

Jika dibandingkan dengan jeruk bali dan jus lemon, jus jeruk lebih bagus untuk kesehatan gigi kamu, menurut seorang dokter gigi setelah kamu mengonsumsi jeruk kamu wajib menyikat gigi dan membersihkan gigi menggunakan benang dengan benar agar mengurangi resiko sakit gigi.

2. Permen

Makanan yang merusak gigi
Makanan yang merusak gigi satu ini paling disenangi banyak orang, permen yang kenyal dan lengket, ternyata sangat buruk untuk kesehatan gigimu. Permen yang lengket biasanya akan menempel di antara gigi dalam waktu yang lama dan hal ini menyebabkan bakteri di mulut sehingga akan menghasilkan asam yang merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang, boleh saja mengkonsumsi permen namun dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Menurut seorang dokter gigi permen asam memiliki kandungan asam yang dapat merusak gigi dan berdampak lebih buruk dibandingkan permen biasa, jadi kamu bisa memilih permen biasa dibanding yang asam.

3. Acar

pickle
Acar biasanya sering hadir di dalam burger atau olahan makanan lain, untuk membuat acar ini akan dilakukan proses pengasaman yang merupakan proses pengawetan dengan cuka. Acar dibuat dengan cara pengasaman terlebih dahulu sehingga terasa asam dan asin yang ternyata rasa ini dapat berpotensi membahayakan enamel gigi, seorang dokter gigi mengatakan kalau kamu tidak sering makan acar atau hanya sesekali maka tidak terlalu mempengaruhi kesehatan gigi, tapi jika dilakukan secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan gigi.

4. Minuman Soda

Makanan yang merusak gigi
Minuman soda memang paling segar diminum saat siang hari, tapi ternyata jika mengkonsumsi soda terlalu banyak minuman soda akan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Minuman soda tidak hanya mengandung gula tapi juga asam yang bisa merusak gigi, meskipun ada minuman soda diet bebas gula ternyata juga mengandung asam sitrat dan fosfat yang dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi dalam dosis besar atau berlebihan. Jika kamu terlalu sering mengkonsumsi minuman soda berwarna gelap dapat mengubah warna dan menodai gigimu, setelah minum soda sebaiknya jangan langsung menyikat gigi karena hal ini justru dapat mempercepat kerusakan gigi kamu.

5. Crackers

Makanan yang merusak gigi

Makanan yang merusak gigi yang satu ini merupakan karbohidrat olahan, karbohidrat yang ditemukan dalam crackers ini akan berubah menjadi gula di dalam mulut dengan sangat cepat sehingga membentuk gigi berlubang. Crackers yang lembek setelah dikunyah akan menumpuk di dalam gigi dan sela selanya, kemudian akan bersarang yang tentunya akan merusak gigi jika dibiarkan terus menerus. Maka dari itu untuk menjaga kebersihan mulut yang baik kamu perlu menyikat dan membersihkan gigi dengan benar untuk dapat mengatasi segala permasalahan gigi.

Most Popular