31.6 C
Tangerang
Saturday, October 1, 2022
Home Lifestyle Jangan Lakukan! Berikut Ini 6 Bahaya Hobi Bergunjing

Jangan Lakukan! Berikut Ini 6 Bahaya Hobi Bergunjing

inajournal.com – Bergunjing merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya kamu hindari, ada beberapa bahaya hobi bergunjing yang perlu kamu ketahui. Kalau sudah menjadi kebiasaan bergunjing memang susah dihentikan, bahkan orang yang sudah terkenal dengan kesukaan bergunjing pun akan memberikan alasan apapun, seperti hanya sekedar mengobrol atau bersosialisasi atau tidak bermaksud ‘ngomongin orang’. Mengobrol dan bergunjing memiliki arti yang berbeda tentunya, kalau beralasan mengobrol tapi topik pembicaraan membicarakan orang lain, menyebar keburukan orang lain, itu berarti kamu sedang bergunjing.

Bahaya Hobi Bergunjing, Jangan Mau Kalau AjakBahaya Hobi Bergunjing

  1. Menyakiti Hati Orang Lain
    Bahaya dari seringnya bergunjing tentunya bisa menyakiti perasaan orang orang, apakah kamu ingin dikenal sebagai orang yang sering menyakiti perasaan hati orang lain? Tidak bukan? Kalau tidak dikenal dengan citra jelek, sebaiknya kurangi atau bahkan berhenti menggunjing. Tidak ada orang yang tidak sedih dan sakit hati kalau mengetahui dirinya sedang digunjingkan, orang yang digunjingkan pastinya akan merasa sangat malu dan merasa kehormatannya diinjak-injak. Begitu dia tahu kita menggunjingkannya, kita akan langsung ditandai sebagai orang dengan lisan yang tidak bisa dijaga, memang benar jika ada pepatah yang mengatakan “lidah lebih tajam daripada pedang”. Jadi usahakan jaga lisan kamu ya.
  2. Gak Pandang Bulu
    Bahaya hobi bergunjing selanjutnya yaitu tidak pandang bulu atau orang  yang hobi bergunjing biasanya tidak akan pilih-pilih lagi siapa yang hendak menjadi sasarannya. Bahkan orang yang sebenarnya gak dikenal dan tidak mengenalnya pun bisa digunjingkannya, misalnya ada orang yang rumahnya tidak jauh dari kamu yang hanya sering sesekali bertemu di jalan. Bahkan orang yang benar-benar baik padanya, sering menolong saat susah, juga tidak luput dari kekejaman lidahnya, kalau menemukan orang seperti ini sebaiknya kamu cukup jadi pendengar dan jangan ikut bergunjing bersamanya. Ingat kalau karma itu selalu ada, kalau orang baik tersebut mengetahui dirinya digunjingkan pastinya enggan untuk menolongnya kembali.
  3. Jadi Sok Tahu Tentang Kehidupan Orang Lain
    Bahayanya orang yang hobi bergunjing selanjutnya jadi sok paling tahu tentang kehidupan orang lain. Sok tahu dengan benar-benar tahu itu dua hal yang sangat berbeda, orang yang benar-benar tahu tentang kehidupan seseorang biasanya justru tidak akan menggunjingkannya, namun berkebalikan dengan mereka yang sok tahu, pastinya akan membicarakannya sampai berbusa-bisa. Tanpa disadari kebiasaan buruk seperti ini hanya membodohi diri sendiri, mereka yang bergunjing hanya sibuk mengembangkan pikiran aneh tentang orang lain, semakin sering bergunjing semakin jauh bayangannya dari kenyataan, bahkan orang yang bergunjing bahkan sering membuat cerita sendiri yang mana cerita tersebut belum tentu benar faktanya.
  4. Merasa Diri Sendiri Paling Benar Dan Baik
    Bahaya hobi bergunjing selanjutnya yaitu merasa diri sendiri paling benar dan paling baik. Saat kita benar-benar sadar hidup kita gak sempurna, punya banyak kekurangan kita gak akan terpikir untuk meributkan kekurangan orang lain, pastinya akan merasa malu seperti gak bisa bercermin. Tapi justru sebaliknya untuk orang yang suka bergunjing akan merasa hidupnya paling benar dan paling baik, dan akan menjadikan kehidupan orang lain sebagai bulan-bulanan.
  5. Gak Bisa Melihat Orang Lain Secara Objektif
    Orang yang suka bergunjing biasanya tidak bisa melihat orang lain secara objektif, setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya tinggal kita ingin bersikap adil dengan objektif melihatnya atau tidak, tapi orang yang suka bergunjing hanya akan sibuk menyorot sisi kurang dari orang lain, bahkan orang yang senang bergunjing akan membesar-besarkan sampai seluruh hal dalam hidup orang itu tampak salah dan buruk. Itu sebenarnya yang membuat orang yang suka bergunjing itu mengibakan, mereka tidak bisa melihat dengan jernih sisi lebih dan kurang dari orang lain.
  6. Yang Menggunjingkan Tidak Akan Pernah Lebih Baik
    Bahaya hobi bergunjing selanjutnya, biasanya orang yang hobi bergunjing tidak akan lebih baik dari orang yang digunjingkan. Hanya karena mereka mahir betul membicarakan keburukan orang, apakah itu menjamin mereka lebih baik? Sama sekali tidak, justru jaminan kalau mereka lebih buruk dari yang digunjingkan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Most Popular