31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Jangan Panik Karena Cara Mengobati Tipes Di Rumah Tidak Sulit!

Jangan Panik Karena Cara Mengobati Tipes Di Rumah Tidak Sulit!

Jangan panik saat ada anggota yang terkena tipes karena ada cara mengobati tipes di rumah. Tipes istilah medisnya adalah tifus atau demam tifoid yang merupakan infeksi bakteri yang menyerang sistem pencernaan akibat konsumsi air dan makanan yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi, tifus merupakan penyakit yang paling umum terjadi dan dapat menyerang siapa pun.

Meskipun terkesan sepele ternyata tipes juga bisa menyebabkan kematian, tahu kan kamu ternyata tipes bisa menular dengan cepat melalui tinja dan urine, jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak diolah dengan benar dan bersih bisa saja terkontaminasi oleh bakteri S,typhi dan gejalanya akan terlihat selama 1 sampai 2 minggu.

Menurut penelitian tipes sangat mudah menyerang anak anak karena system imun mereka yang masih berkembang. Penelitian mengatakan kalau pasien tipes bisa mengalami demam 39-40 derajat Celcius hingga muncul ruam merah muda di sekitar kulit, dan selama 1 hingga 2 minggu biasanya gejala tipes seperti lemah lunglai, sakit perut, sakit kepala, diare atau sembelit, batuk, kehilangan selera makan.

Orang yang kena tipes tidak selalu harus di opname jika gejalanya tidak parah, jika kamu berobat dokter akan memberikan obat obatan untuk pasien. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan di rumah jika sedang sakit tipes atau saat ada keluarga kamu yang mengalami tipes.

5 Cara Mengobati Tipes Di Rumah Dengan Mudah Dan Aman

Cara Mengobati Tipes
1. Minum Banyak Cairan

Gejala diare biasanya disebabkan oleh tipes yang bisa membuat tubuh kamu kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi, jika kamu sudah mengalami gejala seperti ini sebaiknya perbanyak minum cairan. Cairan tersebut bisa dari jus buah atau minuman elektrolit untuk menjaga kadar cairan tetap seimbang, namun juga kamu harus memprioritaskan air putih, dengan menjaga kadar cairan aliran nutrisi tetap terjaga untuk membantu sistem imun mengenyahkan demam tifoid sesegera mungkin. Jika kadar cairan didalam tubuh kamu rendah maka akan sangat berbahaya dan mengharuskan kamu di infus, maka dari sebelum terlambat jangan lupa untuk memperbanyak asupan cairan.

2. Konsumsi Bawang Putih

Cara mengobati tipes di rumah yang selanjutnya sangat mudah, kamu bisa mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Pastinya bahan masakan yang satu ini selalu ada didapur kamu bukan? Bawang putih memiliki senyawa antioksidan untuk melawan peradangan pada tubuh, bawang putih yang dikonsumsi mentah atau setengah matang berfungsi untuk membersihkan darah dan membantu ginjal mengenyahkan substansi asing dari tubuh kamu. Menurut penelitian ternyata bawang putih dapat menjadi obat tifus, namun mengkonsumsi bawang putih saat tipes tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan anak anak.

3. Kompres Dengan Air Dingin Untuk Meredakan Panas

Demam tinggi juga menjadi salah satu gejala tipes yang perlu kamu waspadai, biasanya demam suhu tubuh bisa mencapai 39-40 derajat celcius. Untuk itu kamu wajib kompres tubuh kamu dengan air dingin untuk menurunkan suhu tubuh kamu yang panas, disarankan untuk menggunakan spons atau lap yang sudah dibasuh dengan air dingin dan ditempelkan di dahi, ketiak, tangan serta kaki agar suhu tubuh bisa berangsur angsur menurun.

4. Konsumsi Pisang

Cara mengobati tipes selanjutnya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah buahan, salah satunya yang paling disarankan yaitu mengkonsumsi buah pisang. Sudah dijelaskan sebelumnya diare menjadi salah satu gejala tipes, diare bisa menyebabkan sembelit, maka dari itu dengan mengkonsumsi pisang akan meredakan gejala tersebut. Pisang bisa mengusir demam akibat tipes dan kandungan potasium dalam pisang bertindak sebagai elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh kamu yang terkuras akibat diare. Pisang juga memiliki kandungan dan nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu, tidak hanya dapat menangani tipes tapi juga bisa menyehatkan tubuh kamu dengan memberikan nutrisi pada tubuh mu.

5. Konsumsi Cuka Apel

Cara yang satu ini mungkin kamu baru mengetahuinya, namun ternyata cuka apel tidak hanya untuk menurunkan berat badan namun juga bisa menjadi salah satu cara penanganan tipes. Cuka apel dapat menggantikan mineral dan cairan yang hilang serta dapat meredakan demam, caranya kamu hanya perlu mencampurkannya ke dalam air hangat dan berikat sedikit gula agar tidak terlalu asam dan minum sebelum makan malam.

Most Popular