31.6 C
Tangerang
Saturday, August 20, 2022
Home Health Jangan Salah Pilih Makanan, Ini Dia Nutrisi Untuk Rambut Rontok

Jangan Salah Pilih Makanan, Ini Dia Nutrisi Untuk Rambut Rontok

Rambut rontok sendiri merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh semua orang, tanpa terkecuali. Rambut rontok juga paling sering dialami oleh orang-orang yang mulai bertambah usia. Padahal ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut tersebut. salah satunya adalah dengan memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda setiap harinya. Karena, ada beberapa nutrisi untuk rambut rontok yang wajib dipenuhi agar terhindar dari masalah yang lebih parah. Selain itu, pemilihan jenis makanan ini juga harus disesuaikan dengan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Sama seperti anggota tubuh yang lain, rambut juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat dan terhindar dari masalah kerontokan. Jika anda tidak ingin mengalami kerontokan yang semakin parah dan berujung pada kebotakan maka sebaiknya Anda memperhatikan setiap asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Asupan nutrisi ini sendiri juga bisa anda dapatkan dari berbagai makanan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan dan juga daftar makanan untuk Anda yang mengalami kerontokan rambut.

Berbagai Nutrisi Untuk Rambut Rontok Yang Harus Terpenuhi Setiap Harinya

Nutrisi untuk rambut rontok

Vitamin C

Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C juga memiliki peran yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu menghasilkan kolagen, protein yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan kulit. Kandungan vitamin C tidak selalu bisa anda dapatkan dari jeruk, tetapi juga bisa anda dapatkan dari makanan seperti paprika kuning, kale, bayam, kubis, peterseli, dan thyme. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen atau multivitamin untuk bisa mendapatkan asupan vitamin C.

Biotin

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin B yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Jika anda ingin mendapatkan rambut yang sehat dan kuat maka anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung biotin seperti kuning telur, jeroan (hati dan ginjal), kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, kembang kol dan jamur. Selain mendapatkannya lewat makanan, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi biotin ini.

Vitamin D

Nutrisi untuk rambut rontok selanjutnya adalah vitamin D. Di mana vitamin D ini memiliki peran yang tidak kalah penting yaitu dapat membantu penyerapan kalsium dan juga dapat menjaga kesehatan rambut. Sehingga tidak heran kalau kadar vitamin D kerap dikaitkan dengan kerontokan rambut pada seseorang. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D seperti salmon, sarden, tuna, tiram, kuning telur, dan jamur. Selain mendapatkannya lewat makanan Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D ataupun mendapatkannya dari sinar matahari pagi.

Zat Besi

Tahukah Anda kalau rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan pada rambut. Untuk bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup anda hanya perlu mengkonsumsi kerang, bayam, daging merah, dan biji labu. Jika memang Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi makanan tersebut. Sehingga nantinya dokter akan memberikan rekomendasi suplemen atau multivitamin zat besi yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kekurangan asupan nutrisi yang menyebabkan kerontokan pada rambut.

Protein

Nutrisi untuk rambut rontok yang terakhir adalah protein. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan protein dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan dan berbagai masalah komplikasi yang cukup serius. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, daging dan sebagainya. Selain itu, Anda juga tidak hanya bisa mendapatkannya dari makanan tetapi bisa mendapatkan asupan protein tersebut dari berbagai produk olahan kedelai seperti, kacang-kacangan, brokoli, asparagus, bayam, dan kubis. Semua makanan tersebut memang tergolong cukup mudah untuk ditemukan sehingga Anda pun tidak akan sulit untuk mendapatkan asupan protein setiap harinya.

Most Popular