31.6 C
Tangerang
Saturday, August 20, 2022
Home Trending Jangan Sampai Terlewat! Ini Dia Manfaat Tanaman Hias Indoor

Jangan Sampai Terlewat! Ini Dia Manfaat Tanaman Hias Indoor

Selain bisa untuk mempercantik sudut-sudut rumah, ternyata manfaat tanaman hias indoor juga sangat cocok untuk anda yang memerlukan penunjang kesehatan. Kesan yang sejuk dan juga natural dari tanaman hias juga bisa meningkatkan rasa nyaman anda saat berada di dalam ruangan. Terlebih lagi dengan berbagai macam iklim yang ada di Indonesia yang mana hal itu cenderung panas. Dari manfaat tanaman tersebutlah yang mempunyai nilai sepadan dengan usaha yang akan dilakukan dalam mengatur rutinitasnya ketika menyiram tanaman dan juga memberikan pupuk pada tanaman hias yang ada di rumah.

Berikut Manfaat Tanaman Hias Indoor Bagi Kesehatan Tubuh

Saat ini hobi dalam menanamkan dan juga memelihara tanaman hias tentunya akan menjadi suatu tren yang banyak disukai oleh masyarakat. Dari tren tersebutlah bahkan ada beberapa tanaman hias yang sedang naik daun dan juga dibanderol dengan menggunakan harga yang tinggi, yakni bisa mencapai hingga jutaan rupiah per satu tangkainya. Tanaman hias juga dinilai mempunyai nilai seni yang tinggi dan kebanggaan di dalamnya baik itu dari bunga, daun,batang, sampai ke akarnya. Tanaman-tanaman ini akan menciptakan suasana ruangan yang begitu segar dan juga sangat menarik untuk dilihat. Maka tidak heran apabila ada tanaman hias yang unik, sehingga bisa menembus sampai jutaan rupiah harganya. Berikut Serangkaian manfaatnya yang lain dari tanaman hias.

  1. Membantu Meningkatkan kesehatan mental
    Tumbuhan secara alami juga bisa membantu untuk menyembuhkan suatu gangguan kesehatan tanpa anda harus mengkonsumsinya terlebih dahulu. Hanya dengan mempunyai tanaman hias indoor di dalam rumah saja, maka kesehatan mental pun bisa meningkat secara drastis. Para penelitian yang ada di Inggris juga menyatakan bahwasanya orang-orang yang tinggal di dalam lingkungan dengan nuansa alam akan jauh merasa lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Ini bukan hanya tentang bagaimana mereka tinggal di lingkup kota ataupun di lingkup pedesaan saja. hanya melihat tanaman hijau seperti yang ada di dalam rumah juga bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan mental pada seseorang.Fungsi tanaman hias yang ada di dalam rumah akan membantu melepaskan oksigen ke udara dan mereka akan mengambil karbondioksida yang tersebar di udara. Yang mana pada zat karbondioksida akan membahayakan tubuh jika terhirup secara terus menerus karena tubuh seseorang akan lebih membutuhkan oksigen daripada karbondioksida. Udara akan jauh lebih bersih dan juga segar apabila kamu mempunyai tanaman hias yang ada di sekitar rumahmu. Tentunya akan lebih banyak oksigen yang berarti sehingga bisa bekerja jauh lebih efektif. Otak juga akan merasa tidak lelah dan juga keruh yang mana hal itu semua menjadi suatu koneksi dalam otak sehingga bisa ditingkatkan. Dengan begitu, maka kesehatan mental akan terjaga lebih baik lagi.
    Tanaman hias indoor
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Tumbuhan akan membantu memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan, terutama pada saat musim flu. Sebagian besar dari hal ini terkait dengan manfaat kesehatan mental. Pada saat kamu sedang tidur lebih banyak dan kamu juga akan merasa jauh lebih rileks, maka sistem kekebalan tubuh bisa saja bekerja lebih banyak dan juga jauh lebih baik. Tanaman yang mempunyai phytoncides dan bahan kimia di udara yang lainnya. Bahan kimia ini juga akan membantu seseorang mengurangi stres yang kamu rasakan dalam sepanjang hari.
  3. Memperlancar pernafasan
    Seperti yang telah dijelaskan pada point yang pertama, tanaman akan membantu seseorang dalam melepaskan oksigen ke udara. Kita menghirup oksigen dan juga akan melepaskan karbondioksida. Tanaman menyerap karbondioksida dan juga akan melepaskan oksigen selama dalam proses fotosintesis. Dengan menambahkan tanaman ke dalam rumah, maka sama saja dengan meningkatkan kadar oksigen dan juga akan menuai banyak keuntungan dari adanya pertukaran gas seperti ini, sehingga dengan adanya tanaman hias di dalam rumah atau di sekitar lingkungan rumah, maka akan memperlancar pernafasan sekaligus juga membuat pernapasan akan jadi lebih sehat.
  4. Mengurangi alergi asma
    Sebuah studi yang telah dilakukan oleh University Of Agriculture di Norwegia menemukan bahwasanya tanaman hias bisa membantu seseorang dalam meringankan gejala alergi. Dalam studi ini ditunjukkan juga bagaimana tanaman indoor ini bisa membantu untuk mengurangi gejala alergi. Dalam sebuah studi ini juga ditunjukan bagaimana tanaman indoor ini bisa mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan juga 30% gejala asma.
  5. Meningkatkan fungsi pada kognitif
    sebuah penelitian juga menunjukan bahwasanya ada sekitar 70% akan lebih banyak fokus di dalam kelas mereka pada saat terdapat tanaman hias. Penelitian yang lainnya yang mana telah dilakukan di Texas A&M University menunjukan bahwasanya karyawan di sebuah ruangan yang berisikan tanaman hias maka bisa menghasilkan ide 13 persen jauh lebih tinggi dari karyawan yang mana didalamnya tidak terdapat tanaman hias.

Most Popular