31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Jarang Diketahui! 6 Manfaat Air Garam Untuk Berkumur

Jarang Diketahui! 6 Manfaat Air Garam Untuk Berkumur

Manfaat air garam ternyata sangat banyak untuk kesehatan, sejak zaman dahulu garam memang dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Biasanya garam digunakan untuk memasak, atau membuat buat sesuatu atau berbagai macam hal, namun tak hanya untuk memasak saja. Ternyata garam juga bisa digunakan untuk berkumur, biasanya berkumur dengan air garam dilakukan saat sedang sakit gigi untuk meredakan nyerinya. Hal ini sudah dipercaya dan dilakukan sejak zaman dahulu.

Berbagai manfaat air garam ini memang sudah dibuktikan oleh sejumlah penilitian, tak hanya meredakan nyeri saat sakit gigi. Air garam juga bisa meredakan sakit tenggorokan, mengatasi infeksi pernapasan, mengobati alergi, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berkumur dengan air garam. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menggunakannya, berkumur dengan air garam juga sangat aman digunakan untuk anak anak yang berusia 6 tahun ke atas.

Untuk anak pastinya rentan sakit gigi karena sering mengkonsumsi makanan manis, orang tua bisa coba menuntun anak untuk berkumur dengan air garam sebagai alternatif penghilang nyeri sakit gigi. Selain itu ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan, berikut ini beberapa manfaat jika berkumur dengan air garam.

Manfaat Air Garam Untuk Kumur Kumur

Manfaat Air Garam

1. Meredakan Gejala Sariawan

Sariawan di mulut memang terasa sangat nyeri dan membuat tidak nyaman saat berbenturan dengan makanan, dan rasanya tidak berselera untuk makan. Tapi tenang saja, kamu bisa gunakan air garam untuk meredakan gejala sariawan, air garam berfungsi untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh sariawan. Sebuah penelitian sudah menjelaskan kalau berkumur dengan air garam direkomendasikan sebagai obat alami yang cukup ampuh untuk mengatasi sariawan.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat air garam yang satu ini sudah banyak diketahui, air garam memang dapat menjaga kesehatan mulut. Air garam dipercaya dapat membasmi bakteri yang ada di dalam mulut sekaligus menjaga gusi dari penyakit, hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian yang menyatakan kalau berkumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam air liur. Air garam juga sangat efektif dalam mencegah radang gusi, periodontitis dan gigi berlubang, kamu mencoba kumur dengan air garam untuk menjaga kesehatan mulut.

3. Mengatasi Radang Tenggorokan

Sebuah studi merekomendasikan air garam untuk pengobatan untuk radang tenggorokan, hal ini memang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Menurut para ahli, berkumur dengan air garam bisa memancing virus yang menyebabkan radang tenggorokan untuk keluar dari mulut, radang disebabkan oleh penyakit pilek dan flu. Sambil berkumur dengan air garam kamu juga harus tetap mengkonsumsi obat obatan medis seperti ibuprofen atau acetaminophen. Kamu bisa coba menggunakan air garam untuk berkumur, cara ini juga sudah direkomendasikan oleh kedokteran serta para ahli yang sudah melakukan penelitian terlebih dahulu.

4. Meredakan Reaksi Alergi

Manfaat air garam juga bisa meredakan reaksi alergi, radang pada tenggorokan dapat menyebabkan munculnya alergi. Namun kamu bisa atasi masalah ini dengan berkumur menggunakan air garam, walaupun bukan berarti air garam dapat mencegah reaksi alergi, tapi perlu diingat air garam hanya bisa meredakan rasa tidak nyaman nya saja, untuk menyembuhkan tentunya kamu harus konsumsi obat obatan.

5. Mengobati Infeksi Pernapasan dan Sinus

Infeksi Saluran Pernapasan, seperti misalnya pilek, flu, sinusitis, ternyata bisa diredakan dengan berkumur menggunakan air garam. Hal ini tentunya sudah dilakukan sebuah penelitian yang melibatkan beberapa orang, dan terbukti dapat menurunkan resiko terkena infeksi saluran pernapasan atas setelah berkumur menggunakan air garam, kamu bisa coba cara ini untuk membuktikannya.

6. Meredakan Nyeri Saat Sakit Gigi

Manfaat air garam selanjutnya paling sering digunakan, saat sakit gigi rasanya kamu tidak bersemangat untuk melakukan banyak hal dan sangat mengganggu aktivitas kamu sehari hari. Untuk meredakannya ini kamu bisa mencoba berkumur menggunakan air garam yang dicampur dengan air hangat.

Most Popular