31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Jarang Disadari Tentang Jenis Gangguan Mental Dan Penjelasannya

Jarang Disadari Tentang Jenis Gangguan Mental Dan Penjelasannya

Ada beberapa jenis gangguan mental yang sering menyerang banyak orang, namun kebanyakan orang juga tidak menyadarinya. Gangguan mental atau gangguan jika adalah masalah kesehatan yang mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain secara signifikan, jika hal ini tidak diobati atau tidak mendapat penanganan yang tepat akan berdampak buruk bagi penderitanya dan bisa mengganggu aktivitas, bekerja, dan bahkan berinteraksi dengan orang lain. Menurut riset dari kementrian kesehatan pada tahun 2018 sudah ada lebih dari 19 juta penduduk yang mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta orang mengalami depresi.

Angka tersebut sangat meningkat dibandingkan data pada tahun 2013, penyebab terjadinya gangguan jiwa sebenarnya belum diketahui secara pasti namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami gangguan jiwa seperti factor genetik, stress berat, kejadian traumatis seperti korban kekerasan atau pelecehan, menggunakan obat obat terlarang, dan beberapa kondisi medis tertentu. Banyak orang yang menilai gangguan jiwa perlu dikurung atau di pasung dan di cap negatif bagi masyarakat.

Padahal ada berbagai jenis gangguan jiwa yang memiliki tanda berbeda beda, orang yang mengalami gangguan jiwa justru perlu dirangkul dan butuh penanganan yang tepat. Berikut ada beberapa jenis gangguan jiwa atau mental yang perlu kamu ketahui agar bisa menyadarinya sejak dini.

Jenis Gangguan Mental Yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis gangguan mental

1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan ini terdiri dari gangguan kecemasan umum, gangguang kecemasan social, fobia, dan panic, gangguan kecemasan adalah gangguan kejiwaan yang membuat penderitanya merasa cemas dan gelisah dan juga sulit untuk mengendalikan perasaanya tersebut. Ketika seseorang mengalami gangguan kecemasan ini bisa merasakan gejala seperti banyak berkeringat, detak jantung yang cepat atau dada berdebar, merasa pusing, susah konsentrasi, sulit tidur, merasa cemas dan khawatir berlebihan.

2. Gangguan Psikotik

Jenis gangguan mental yang satu ini adalah gangguan jiwa parah yang menyebabkan pemikiran dan persepsi yang tidak normal, seperti misalnya skizofrenia, gangguan ini juga cukup banyak dialami oleh remaja hingga orang dewasa. Orang yang mengalami gangguan ini akan mengalami halusinasi, mempercayai hal hal yang sebenarnya tidak terjadi, bahkan mendengar dan melihat hal yang tidak nyata.

3. Gangguan Suasana Hati

Gangguan ini biasanya penderita akan mengalami perubahan mood yang terjadi sewaktu waktu, hal ini normal terjadi terlebih lagi memang ada factor pencetusnya, misalnya stress, kelelahan, atau tekanan batin. Tetapi orang yang mengalami gangguan hati dan mengalami perubahan mood secara ekstrim dalam waktu yang cepat merupakan gangguan bipolar dan gangguan siklotimik.

4. Gangguan Makan

Jenis gangguan mental yang satu ini juga cukup banyak diderita seseorang, kondisi ini membuat penderitanya mengalami masalah gizi, seperti contohnya kurang gizi atau justru obesitas. Contoh gangguan makan ini seperti anoreksia nervosa dan bulimia nervosa, dan binge eating disorder atau gangguan makan yang berlebihan.

5. Gangguan Stres Pascatrauma

Gangguan ini dapat berkembang setelah seseorang mengalami kejadian traumatis atau mengerikan, seperti misalnya pelecehan seksual atau fisik, kematian orang terdekat atau bencana alam. Orang yang mengalami gangguan ini akan sulit melupakan pikiran atau peristiwa yang menimpanya dan peristiwa yang tidak menyenangkan, jika kondisi seseorang sudah semakin parah sebaiknya dibawa ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

6. Sexual And Gender Disorder

Jenis gangguan mental yang satu ini melibatkan keinginan dan hasrat seksual , sehingga hal ini akan mempengaruhi perilaku dan sikap penderitanya. Ada beberapa kondisi yang termasuk ke dalam gangguan mental ini yaitu meliputi paraphilias, disfungsi seksual serta gangguan identitas gender.

7. Dissociative Disorder

Gangguan yang satu ini adalah penyakit mental yang berhubungan dengan perubahan ingatan, identitas bahkan kesadaran dari penderita. Jenis gangguan mental ini dapat diakibatkan oleh stress yang terjadi berlebihan dan juga bisa disebabkan oleh kejadian traumatis yang bisa mengguncang jiwa penderitanya.

8. Somatic Symptom Disorder

Jenis gangguan mental yang satu ini berkaitan dengan gangguan fisik yang dipengaruhi oleh pikiran, penderita gangguan mental ini akan merasa nyeri atau tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu. Jika terjadi terus menerus akan mengganggu aktivitas kamu.

Most Popular