31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Travel Jauh Dari Sampah! Negara Dengan Lingkungan Terbersih Yang Ada Di Dunia

Jauh Dari Sampah! Negara Dengan Lingkungan Terbersih Yang Ada Di Dunia

Tahukah kamu ada negara dengan lingkungan terbersih yang ada di dunia, kebersihan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan, tidak hanya kebersihan rumah saja namun kebersihan negara juga perlu perhatian lebih. Kebersihan lingkungan wajib dijaga, mulai dari lingkungan paling kecil seperti keluarga, desa, kota hingga negara, lingkungan yang bersih tentunya menciptakan kenyamanan dan meningkatkan kesehatan warganya.

Didunia ini ada banyak negara dan setiap negaranya pasti memiliki julukan masing masing, bahkan ada negara yang dijuluki dengan negara yang paling bersih. Selain bersih juga menyajikan pemandangan yang indah dan nyaman, tak heran kalau wisatawan mancanegara yang berkunjung ke negara tersebut betah dan rasanya ingin tinggal lebih lama. Negara yang dijuluki negara paling bersih ini bisa menjadi contoh untuk kita agar selalu menjaga kebersihan dimanapun supaya menciptakan kenyamanan untuk bersama dan diri sendiri.

Negara Dengan Lingkungan Terbersih Di Dunia, Bikin Betah

Negara dengan lingkungan terbersih

Norwegia

6 juta penduduk negara Norwegia sepakat untuk selalu menjaga kebersihan khususnya yg berada di lingkungan nya, oleh karena itu Negara Norwegia terkenal sebagai negara makmur dan bersih. Jika kita mengunjungi negara tersebut, anda akan terkejut dengan kota-kotanya yang sangat bersih dan juga anda kesulitan mencari sampah yg bertumpuk-tumpuk seakan tidak pernah diangkat oleh petugas kebersihan.

Hal ini disebabkan karena Negara Norwegia telah memiliki sistem tersendiri untuk mengelola dan mengatur kebersihan lingkungan mereka, Menurut laman AZO Cleantech, sejak 1960. Sejak zaman dahulu, pemerintahan Norwegia telah membangun sarana kebersihan yg modern seperti Pembangunan pada sistem kelistrikan, sanitasi, bendungan, dan tempat pembuangan sampah. Tak hanya itu, alam juga dijadikan sumber energi seperti pembangkit listrik sehingga fungsinya berdampak positif untuk lingkungan hidup.

Islandia

Negara dengan lingkungan terbersih selanjutnya yaitu Islandia, negara yang berjarak kurang lebih 1000 kilometer dari Norwegia dan juga terletak di sebelah barat laut eropa merupakan Negara yg beriklim selalu dingin. Jumlah penduduk pada negara ini sangat rendah yaitu hanya sekitar 800 ribu jiwa.

Namun walaupun negara kecil, siapa sangka Islandia memiliki kapita pendapatan yang sangat besar bahkan menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Tak sampai di situ, islandia tak hanya kaya, 10 tahun sebelumnya islandia pernah dinobatkan menjadi negara terbersih di dunia. Oleh karena itu islandia sampai saat ini terkenal dengan negara yang sangat bersih di lingkungan negara eropa bahkan di dunia.

Denmark

Salah satu negara Nordik ini merupakan negara yang berukuran kecil. Dan penduduknya hanya sekitar 6 juta jiwa saja. Namun, meskipun begitu, Denmark dikenal dunia dengan banyak mendapatkan penghargaan yang positif yaitu seperti Denmark sukses menjadi negara terbersih dari korupsi sekaligus menjadi negara dengan lingkungan hidup yang sangat bersih. Penghargaan lainnya, Denmark juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sehingga tingkat kemiskinan di negara tersebut sangat rendah.

Selandia Baru

Negara dengan lingkungan terbersih selanjutnya yaitu Selandia Baru, negara yang termasuk tetangga dari Australia ini juga ikut masuk ke dalam daftar negara terbersih. Bahkan Selandia Baru juga pernah beberapa kali mendapatkan penghargaan tingkat internasional karena prestasi pemerintahan yang dinilai mampu menjadikan lingkungan di Selandia Baru menjadi sangat bersih dan bebas polusi.

Tak heran banyak wisatawan yang bilang kalau negara ini sangat bersih dan nyaman. Negara yang memiliki 5 juta jiwa ini bahkan hampir di setiap desa dan kota terlihat sangat bersih dan memiliki sanitasi yang modern demi ketersediaan air bersih. Tak heran kalau negara yang mendapat julukan sebagai Eropa Kecil ini memang memiliki warga yang sangat taat terhadap peraturan pemerintah.

Swedia

Siapa yang setuju kalau Swedia masuk ke daftar negara paling bersih? Swedia atau Kerajaan Swedia merupakan sebuah negara Nordik yang berada di Eropa Utara, wilayah ini sendiri berbatasan langsung Norwegia, Finlandia, Laut Baltik, dan Teluk Bothnia. Pada tahun 2018 lalu, Swedia pernah berkesempatan menempati peringkat pertama sebagai negara yang memiliki kualitas udara terbersih di dunia.

Swedia tentunya bersaing dengan negara negara tetangganya seperti Norwegia dan Finlandia, negeri berpopulasi sekitar 11 juta jiwa ini membuktikan dapat bertahan pada peringkat 10 besar sebagai negara dengan lingkungan paling bersih yang ada di dunia. Prestasi ini tentunya bisa didapatkan berkat peran serta seluruh warga negara Swedia yang sangat menjunjung tinggi kebersihan dan keamanan lingkungan sekitar.

Swiss

Negara dengan lingkungan terbersih yang menjadi peringkat pertama di dunia yaitu Swiss. Negara yang berpenduduk 10 juta jiwa ini memang sering sekali dijadikan patokan atau sebagai tolok ukur bagi negara lain di bidang kebersihan dan kenyamanan lingkungannya. Di Swiss kualitas air dan udara d juga tak perlu diragukan lagi, bahkan dunia menilai negara Swiss memiliki indeks paling rendah untuk urusan polusi, yang berarti dengan kata lain.

Swiss merupakan negara yang nyaris tanpa polusi. Jika secara geografis, Swiss memang terletak di sekitar pegunungan dan hal ini lah yang membuat iklim udara disana terasa sejuk sepanjang hari, selain itu hebatnya lagi prestasi negara yang terkenal dengan palang merahnya ini juga dapat dipertahankan dari tahun ke tahun. Tak heran jika ada banyak negara yang belajar dari pemerintah Swiss untuk bagaimana cara mengelola lingkungan yang baik dan benar.

Most Popular