31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Lifestyle Jenis Bad Habit yang Wajib Kamu Hindari, Jaga Produktivitasmu!

Jenis Bad Habit yang Wajib Kamu Hindari, Jaga Produktivitasmu!

inajournal.com – Kebiasaan memang sering sekali menjadi hal yang pasti melekat dalam diri setiap orangnya. Namun jika kita dapat mencermati kembali tidak semua kebiasaan yang ada itu adalah kebiasaan baik bahkan banyak orang yang lebih banyak memiliki jenis bad habit atau kebiasaan buruk di kehidupannya. Sedangkan sudah seharusnya kita menjaga kegiatan yang bisa menghasilkan nilai produktivitas.

Sering sekali kita melanggengkan bad habit tersebut sehingga menimbulkan dampak-dampak negatif untuk diri sendiri seperti menurunkan nilai produktivitas. Padahal menjaga produktivitas itu sangat penting seperti sebagaimana kita tahu selama ini kalau produktivitas bisa mempengaruhi performa kerja. Lantas bad habit Seperti apa saja yang perlu kamu hindari supaya produktivitas kamu bisa tetap terjaga? Langsung saja kalau begitu cari tahu sederet jenisnya seperti pada penjelasan berikut.

Jenis Bad Habit yang Harus Kamu Tahu dan Kamu Hindari

Jenis-Bad-Habit

Memanjakan Kemalasan

Memanjakan kemalasan merupakan jenis bad habit yang perlu kamu tahu dan kamu hindari. Rasa malas sering menjadi tantangan bagi setiap orang baik yang masih berstatus pelajar maupun orang-orang yang sudah di dalam lingkup dunia kerja.

Kamu bisa cenderung santai tanpa memikirkan beban apapun padahal diluar sana ada segudang aktivitas yang menunggu dan dan untuk segera kamu selesaikan. Perlu kamu ketahui juga kalau memanjakan rasa malas adalah kebiasaan buruk yang bisa menurunkan produktivitas kerja dengan alasan bersantai sejenak tanpa disadari semakin banyak tanggungan dan pekerjaan yang tidak terselesaikan.

Menghabiskan Banyak Waktu Sekadar untuk Bermain Media Sosial

Tahu milenial dan generasi Z tentu saja sudah tidak akan asing lagi dengan adanya keberadaan media sosial yang saat ini sudah menjamur. Tidak sekedar tahu tapi mereka sangat akrab dengan ragam aplikasi tersebut. Tidak hanya dijadikan sebagai media komunikasi tapi media sosial juga turut difungsikan sebagai sarana hiburan yang murah meriah dan juga terjangkau bagi semua kalangan.

Tetapi yang jadi masalahnya itu banyak diantara kita yang belum bisa memanfaatkan media sosial secara bijak tanpa disadari hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa produktivitas menurun dan media sosial bisa melalaikan kamu dari apa yang seharusnya dikerjakan.

Sering Begadang

Begadang menjadi aktivitas yang sangat digemari banyak orang dan tidak penasaran jika orang yang begadang biasanya ingin menonton aksi pertandingan bola. Khususnya kaum laki-laki begadang hanya karena enggan mengakhiri game online atau menonton bola sudah bukan hal yang aneh lagi bahkan bisa menjadi kegiatan terfavorit, betul?

Tanpa disadari begadang sebetulnya adalah kebiasaan buruk yang bisa menurunkan produktivitas di mana energi mu akan habis terkuras karena waktu malam yang seharusnya digunakan untuk istirahat dan memulihkan tenaga malah digunakan untuk kegiatan yang tidak perlu sampai akibatnya kinerjamu itu tidak bisa maksimal.

Mendahulukan Aktivitas yang Tidak Penting

Prioritas kegiatan masing-masing orang memang beragam Hal ini dikarenakan rutinitas yang dijalani masing-masing individu berbeda-beda tetapi, jika membahas sebuah prioritas pada kenyataannya Masih banyak orang yang belum paham akan hal itu. Seperti contohnya mendahulukan kegiatan yang tidak penting, meski terlihat sepele hal ini menjadi salah satu sekian kegiatan buruk yang perlu kamu hindari.

Karena kamu mendahulukan kegiatan yang tidak penting maka produktivitas kamu bisa menurun dan energimu juga sudah terkuras di awal untuk hal-hal yang tidak perlu. Jadi untuk mendahulukan kegiatan yang tidak penting perlu kamu hindari supaya kamu tidak memiliki masalah dengan kegiatan yang seharusnya kamu dahulukan.

Multitasking

Siapa nih yang tidak kenal dengan kata multitasking? Bi`sa dipastikan sebagian besar orang pasti mengenalnya, karena akrab dengan perilaku tersebut. Multitasking yaitu perilaku di mana kamu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu secara bersamaan Mengapa multitasking menjadi salah satu yang harus kamu hindari? Karena, bermanfaat agar tidak menurunkan produktivitas. Mengingat konsentrasi dan fokusmu bisa terpecah segala kemungkinan banyak pekerjaan yang mangkrak dan tidak selesai. Produktivitas harus diperhatikan dengan baik dengan kinerja yang lebih maksimal tidak setengah-setengah.

Dan setelah membaca dari 5 penjelasan di atas apa kamu masih berniat melanggengkan kebiasaan buruk alias jenis bad habit di atas?

Most Popular