31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Jenis Bunga Bermanfaat Bagi Kesehatan, Gak Cuma Bisa Dimakan

Jenis Bunga Bermanfaat Bagi Kesehatan, Gak Cuma Bisa Dimakan

inajournal.com – Tahukah kamu ada beberapa jenis bunga bermanfaat bagi kesehatan yang bisa kamu konsumsi, bunga tidak hanya dapat dijadikan dekorasi atau pemanis di kebun rumah kamu, tapi bunga juga bisa melengkapi piring makan kita alias bisa dimakan untuk membantu memberikan nutrisi pada tubuh. Selama ini sebagian orang mungkin mengira kalau bunga tidak dapat dikonsumsi secara langsung kecuali melalui proses pengolahan, nyatanya ada banyak bunga yang dapat dikonsumsi mentah atau bisa juga dicampur untuk membuat suatu makanan.

Tapi perlu diingat juga tidak semua bunga aman untuk dikonsumsi karena sebagian bunga juga memiliki kandungan beracun yang berbahaya bagi tubuh jika sampai dikonsumsi. Bunga bunga di sekitarmu yang memiliki warna cantik ternyata ada yang bisa dikonsumsi, bahkan bunga bunga tersebut sering dijadikan campuran dalam membuat salad, saus, minuman atau makanan lainnya. Manfaat Nya pun tidak main main, jenis bunga tersebut dipercaya baik untuk kesehatan dan juga baik untuk kecantikan, jenis bunga apa sajakah yang bisa kamu konsumsi?

Bunga Bermanfaat Bagi Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui

Kembang Sepatu

Bunga bermanfaat bagi kesehatan

Pernah melihat jenis bunga yang satu ini? Pasti sebagian dari kamu tidak asing dengan bunga ini, bunga kembang sepatu merupakan salah satu bunga yang berwarna warni dan tumbuh di iklim yang hangat, bunga ini sendiri memiliki berbagai warna seperti putih, kuning, merah, hingga corak merah jambu.

Bunga kembang sepatu selain cantik sebagai hiasan ternyata juga dapat dimakan mentah, dari ratusan spesies kembang sepatu, yang paling populer dan sering dikonsumsi yaitu rosella atau Hibiscus sabdariffa, selain dapat dikonsumsi mentah mentah, ternyata bunga rosella juga dapat digunakan untuk dijadikan teh, relishes, selai, dan salad. Menurut sebuah penelitian menyebutkan kalau mengkonsumsi teh kembang sepatu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan tekanan darah sistolik.

Dandelion

Dandelion

Bunga bermanfaat bagi kesehatan selanjutnya yaitu bunga dandelion, bunga yang satu ini paling dikenal sebagai gulma taman yang membandel, namun mereka memiliki fungsi ganda sebagai bunga yang sangat bergizi. Dandelion sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil dan memiliki banyak kelopak berwarna kuning cerah, dari sebuah penelitian membuktikan kalau dandelion menawarkan profil komponen bioaktif yang menarik dengan potensi sifat antidiabetes.

Selain itu bagian bunga dandelion yang bisa dikonsumsi, kamu juga bisa menikmati batang, akar hingga daunnya, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengkonsumsi tanaman ini, bisa dimakan mentah, atau dimasak bersama olahan lainnya seperti salah satu sup sayur sayuran.

Lavender

Bunga bermanfaat bagi kesehatan

Bunga yang sering dijadikan aromaterapi ini ternyata menjadi salah satu bunga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dalam sebuah penelitian menyatakan kalau bunga lavender atau bunga violet ini dapat mengatasi kegelisahan, gangguan tidur, dan keluhan somatik. Tidak hanya itu saja, dalam penelitian tersebut juga mengatakan kalau bunga lavender memiliki efek anxiolytic pada manusia yang menderita kecemasan rendah namun efek ini mungkin tidak meluas pada kondisi kecemasan rendah.

Namun bisa digunakan untuk orang yang mengalami kondisi kecemasan yang parah. Lavender sendiri dapat dimakan secara langsung dalam bentuk segar, atau bisa juga dikeringkan terlebih dahulu, bunga ini cocok dipadukan dengan berbagai bahan manis dan gurih lainnya seperti berry, jeruk, sage, coklat dan masih banyak lagi.

Nasturtium

Bunga bermanfaat bagi kesehatan

Bunga bermanfaat bagi kesehatan selanjutnya yang juga sangat populer di dunia yaitu Nasturtium, bunga ini memiliki warna yang cerah dan memiliki rasa gurih yang unik. Bagian bunganya bisa kamu nikmati dalam keadaan mentah maupun matang, profil rasanya sedikit pedas, dengan bunganya yang lebih lembut daripada daunnya, tidak hanya bahan serbaguna dan menarik saja namun juga sangat bergizi karena memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk melawan radikal bebas serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Chamomile

Bunga bermanfaat bagi kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini? Tidak hanya dikenal untuk kecantikan, ternyata bunga ini juga bisa dikonsumsi dan sejak zaman dahulu sudah dipercaya sebagai obat herbal. Bunga ini paling sering dibuat teh, bunganya juga bisa dijadikan sirup atau dicampur untuk membuat smoothies, Berdasarkan dari penelitian melaporkan kalau bunga yang satu ini merupakan salah satu tanaman obat yang dapat digunakan sebagai obat penenang, selain itu bunga chamomile juga dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan.

Most Popular