31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Jenis Gangguan Makan Yang Sering Terjadi, Kenali Agar Tahu

Jenis Gangguan Makan Yang Sering Terjadi, Kenali Agar Tahu

Ada beberapa jenis gangguan makan yang sering terjadi di sekeliling kamu, kamu harus memahami jenis gangguan ini agar bisa mendeteksi apakah diri kamu termasuk kedalam jenis gangguan ini atau tidak. Makan merupakan cara makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga sebagai cara bertahan hidup, namun sayangnya ada beberapa orang yang mengalami gangguan makan atau eating disorder. Gangguan makan ini jika dibiarkan akan menjadi berbahaya, maka dari itu sangat penting untuk mengenali dan memahaminya.

Gangguan makan merupakan kondisi serius yang berhubungan dengan perilaku makan terus menerus yang berdampak negatif pada kesehatan, emosi, serta kemampuan seseorang untuk berfungsi dalam aspek aspek penting kehidupan. Seseorang juga bisa sangat membatasi asupan makan ataupun sebaliknya bisa makan dengan berlebihan dalam porsi yang sangat besar, penyebab dari gangguan makan ini sebenarnya belum jelas. Namun beberapa ahli percaya bahwa ada beberapa faktor yang dapat memicu gangguan makan ini, seperti kondisi psikologis biologis, sosial atau tekanan dari lingkungan sekitar seseorang tersebut.

Gangguan makan ini sering sekali dianggap sepele oleh beberapa orang, namun faktanya gangguan makan ini bisa sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. Bahkan yang lebih parahnya ada beberapa kasus orang dengan gangguan makan yang mengalami kematian, apa sajakah jenisnya? Berikut ini penjelasannya yang bisa kamu pelajari.

Jenis Gangguan Makan Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis gangguan makan

Bulimia Nervosa

Bulimia nervosa atau yang dikenal sebagai bulimia membuat penderitanya cenderung akan makan dalam jumlah yang banyak dan memuntahkannya secara diam diam, penderita ini tidak bisa mengontrol berapa banyak makanan yang mereka konsumsi. Setelah mereka makan akan mengeluarkan nya untuk mengimbangi kelebihan orang yang menderita yang dikonsumsi dengan cara tidak sehat, bahkan cara mengeluarkannya dengan dipaksa.

Mereka juga menggunakan cara lain untuk memutihkan makanannya dengan mengonsumsi obat pencahar, berpuasa atau olahraga secara berlebihan, gangguan ini biasanya lebih banyak diderita oleh perempuan, penderita biasanya terobsesi untuk menjaga berat badannya dan merasa khawatir jika berat badannya naik. Efek samping dari orang yang menderita bulimia ini yaitu refluks asam lambung, radang tenggorokan, dehidrasi dan kerusakan gigi hingga tidak keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Anoreksia Nervosa

Jenis gangguan makan yang satu ini juga membuat penderitanya merasa khawatir jika berat badannya naik. Orang yang menderita anoreksia menganggap dirinya terlalu gemuk meskipun badan mereka sudah sangat kurus bahkan lebih dari kurus, penderita anoreksia akan memantau berat badannya terus menerus dan menghindari berbagai makanan dan sangat membatasi asupan kalori. Biasanya orang yang menderita anoreksia akan melakukan diet ketat, berpuasa, olahraga berlebihan dan selalu meminum obat pencahar.

Gangguan Makan Pica

Orang yang memiliki gangguan makan ini sering mengkonsumsi makanan yang tidak lazim untuk dimakan, seperti misalnya kertas, kapur, untuk rokok, deterjen atau benda benda lainnya yang memang tidak untuk dikonsumsi titik orang yang memiliki gangguan makan pica ini akan berakibat fatal bagi penderitanya menurut penelitian gangguan makan ini umumnya terjadi pada anak anak dibanding orang dewasa. Jika dibiarkan gangguan makan ini Bisa berpotensi mengalami keracunan, infeksi, masalah saluran pencernaan dan malnutrisi.

Binge Eating Disorder

Jenis gangguan makan ini merupakan gangguan makanan yang membuat penderitanya akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak atau berlebihan. Penderita gangguan ini akan makan banyak meskipun sedang tidak merasa lapar atau masih kondisi kenyang, orang yang menderita gangguan ini setelah makan banyak biasanya akan merasa bersalah, kesal atau malu dengan perilakunya tersebut, namun berbeda dari anoreksia atau bulimia yang memuntahkan makanannya kembali.

Sindrom Ruminasi

Sindrom ini merupakan kondisi dimana seseorang mengeluarkan makanan yang ditelan dan mengunyah kembali sebelum menelan atau memuntahkannya. Sindrom ini terjadi 15 hingga 30 menit setelah makan, kondisi seperti ini terjadi secara alami atau tidak disengaja. Gangguan ini biasanya diderita oleh bayi atau anak anak.

Most Popular