31.6 C
Tangerang
Friday, July 1, 2022
Home Health Jenis Gerakan Yoga Ibu Hamil, Guna Bayi Cepat Masuk Panggul

Jenis Gerakan Yoga Ibu Hamil, Guna Bayi Cepat Masuk Panggul

Inajournal.com – Aktif dalam bergerak merupakan cara ibu hamil menjaga kesehatan kandungannya. Karena dengan begitu maka ibu hamil akan menjadi lebih sehat dan bugar. Gerakan Yoga ibu hamil merupakan kegiatan yang sangat direkomendasikan. Bahkan ada banyak gerakannya yang mudah dilakukan sendiri dirumah. Yoga ada kegiatan yang bisa menyelaraskan tubuh dan pikiran yang fokus dengan kekuatan untuk tingkatkan kualitas mental dan fisik.

Tidak hanya itu, bagi ibu hamil ternyata yoha itu memiliki manfaat baik untuk janin didalam kandungan. Yoga bisa bermanfaat untuk perkuat otot dasar dan melatih pernafasan dimana nantinya akan mempermudah melancarkan persalinan. Relaksasi yang berkualitas sehingga ibu hamil akan bisa lebih tenang dan nyaman. Bisa juga mengurangi stress selama dan setelah kehamilan.

Bisa juga untuk ibu hamil lebih siap dan tidak panik untuk melakukan persalinan. Pada trimester pertama, maka kehamilan masih terlalu mudah dan dikhawatirkan belum sepenuhnya kuat melakukan gerakan prenatal yoga. Masih bingung ingin melakukan gerakan yoga yang mudah seperti apa saja? Langsung saja kalau begitu cari tahu sederet gerakan termudah untuk melancarkan persalinan seperti berikut.

Rekomendasi Gerakan Yoga Ibu Hamil yang Mudah untuk Diikuti

gerakan-yoga-ibu-hamil
  Easy Pose

Gerakan yoga ibu hamil yang satu ini sangat recommended, pasanyta kamu hanya duduk menyilangkan kaki dengan tegakkan badan saja. Pastikan kalau punggung tidak membungkuk. Rilekskan otot bagian punggung, lakukan latihan pernafasan seiring dengan waktu yang bisa dilakukan kapanpun. Bahkan kamu bisa melakukannya sebelum tidur Tepatnya jika didukung dengan aromaterapi ruangan untuk membuat semakin rileks. Manfaatnya yakni melatih tulang punggung jadi semakin kuat, membuka otot panggul dan atur pernapasan lebih baik khususnya untuk persiapkan persalinan. Kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah meski sedang mengalami hamil tua sekalipun!

gerakan-yoga-ibu-hamil
  Child Pose

Lipat kakimu dengan posisi lutut yang bersentuhan dengan matras, tundukan juga badan kearah depan seperti bersujud. Rentangkan tangan ke depan dengan lurus ke arah kepala. Kamu yang melakukannya tentu saja efektif untuk buka area panggul serta paham dalam merenggangkan tulang kelangkang serta mengurangi rasa tegang khususnya pada bagian perut. Ketika melakukan posisi ini, kamu bisa maksum makanan dengan meminta bantuan pijat area punggung dan pinggang secara perlahan dan lembut saja.

gerakan-yoga-ibu-hamil
  Wide Angle Seated Forward Ben

Buka kaki selebar mungkin yang kamu bisa, renggangkan dan juga luruskan dalam searah diagonal. Letakkan penyangga di depan perut. Tundukan badan juga ke arah depan perut dan lakukan peregangan setidaknya selama 3-5 menitan saja. Tentu saja dengan begitu kamu akan meredakan nyeri pinggul dan pinggang kram seiring dengan kehamilan yang terus membesar. Kamu bisa merasakan kemudahan membuka panggul dan tulang belakang hingga proses persalinan normal tentu saja akan lancar. Bahkan hal ini bisa hilangkan rasa nyeri di bagian paha atau bantu meningkatkan asupan oksigen untuk janin melalui plasenta.

gerakan-yoga-ibu-hamil
  Butterfly Pose

 Kamu bisa melakukan dengan melipat kaki dan tempelkan kedua telapak kaki hingga rapat. Pegangi bagian tempurung kaki untuk pastikan posisi kamu nyaman. Gerakan ini bisa buka area panggul dan paham dalam membantu mengarahkan bayi untuk turun menuju area pelvis sehingga lebih mudah saat proses melahirkan dan bantu proses pembukaan saat kontraksi terjadi gerakannya yang membantu seluruh tubuh bisa bikin rileks.

gerakan-yoga-ibu-hamil
  Crescent Lunge

Lakukan penekukan di salah satu kaki dengan posisi kaki kuda-kuda, sementara satu kaki lainnya diselonjorkan ke belakang badan hingga lurus jika posisi perengana kaki sudah nyaman, angkat tangan lurus ke atas menjaga kesimbangan selama gerakan. Lakukan kembali dengan arah kaki berlawanan. Manfaatnya juga bisa berikan posisi yang buka ruang pada bayi melakukan rotasi ke arah panggul. Sekali nisa arahkan saya ke area pelvis untuk melakukan proses persalinan dengan lancar. Gerakannya sangat bantu kamu percepat pembukaan. Langsung saja kalau begitu ikuti gerakan yoga ibu hamil diatas, supaya kamu bisa melahirkan dengan proses persalinan dengan lancar nantinya. Gerakannya tentu sangat mudah untuk dilakukan dirumah saja!

Most Popular