31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health Jenis Kanker Mematikan Yang Bisa Dicegah Dengan Berolahraga

Jenis Kanker Mematikan Yang Bisa Dicegah Dengan Berolahraga

Ada banyak jenis kanker mematikan yang paling ditakutkan banyak orang didunia, kanker menjadi salah satu penyakit yang paling dihindari karena mematikan. Tidak mudah proses penyembuhan kanker yang sudah tahap stadium akhir, bahkan resiko nya bisa menyebabkan kematian. Kanker dapat menyerang seseorang akibat pertumbuhan sel yang tidak normal akibat berbagai faktor sehingga menyebabkan rusaknya sel sel sehat di dalam tubuh manusia.

Beberapa penyebab kanker yaitu bisa dari pola hidup yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan resiko seseorang terjangkit penyakit yang berbahaya ini. Ada banyak jenis kanker yang mematikan yang bisa menyerang tubuh manusia, namun hanya dengan berolahraga teratur, beberapa jenis kanker yang dapat dikurangi resikonya sehingga dapat dicegah sedini mungkin. Tak hanya dari berolahraga saja namun juga perlu menjalankan pola hidup yang sehat.

Seperti rutin mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan, menghindari junk food dan minuman manis, hindari merokok. Kebanyakan orang yang terkena kanker karena pola hidup yang tidak sehat, maka dari mengapa sangat penting menjaga pola hidup sehat untuk menghindari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Jenis Kanker Mematikan Yang Bisa Dikurangi Resikonya Dengan Olahraga

Jenis kanker mematikan
1. Kanker Payudara

Menurut penelitian, aktivitas fisik atau berolahraga bisa menurunkan resiko kanker payudara. Dengan olahraga yang teratur dapat mencegah pertumbuhan kanker payudara dengan mengurangi tingkat hormone dan mengatur kadar insulin sehingga dapat meningkatkan sistem imun didalam tubuh. Kanker payudara menjadi penyakit yang paling di takuti banyak perempuan, maka dari itu jika kamu merasa kurang berolahraga, mulai untuk melakukan olahraga secara rutin.

2. Kanker Paru Paru

Jenis kanker mematikan yang satu ini sangat ditakuti oleh banyak orang. Namun jenis kanker ini bisa dicegah dengan rutin berolahraga, ada sebuah penelitian yang menemukan fakta kalau aktivitas fisik seperti olahraga bisa mengurangi resiko terkena kanker paru paru sebesar 20%. Namun sulit untuk mengesampingkan efek yang mungkin terjadi pada perokok, kanker paru paru ini memang sering terjadi pada perokok. Sebaiknya kurangi merokok sejak sekarang sebelum terjadi penyakit yang berbahaya.

3. Kanker Endometrium

Kanker ini disebut juga kanker Rahim yang dapat menyerang pada Rahim wanita. Kanker ini dapat tumbuh di dalam lapisan sel yang berbentuk dinding Rahim atau yang disebut dengan endometrium. Untuk mengurangi resiko kanker Rahim ini bisa dengan berolahraga secara rutin, menurut penelitian wanita yang menjaga berat badannya dan rutin berolahraga akan terhindar dari kanker Rahim ini.

4. Kanker Tulang

Jenis kanker mematikan yang satu ini menyerang tubuh manusia dengan melenyapkan tulang tulang yang sehat. Sebuah penelitian menunjukan aktivitas fisik seperti latihan beban dan berlari dapat mengurangi pembentukan kanker tulang bahkan mencegah kanker tersebut untuk tumbuh kembali, jangan lupa berolahraga agar terhindar dari kanker tulang!

5. Kanker Otak

Kanker otak merupakan salah satu kanker yang sering dijumpai, dalam kasus kesehatan. Tumor otak merupakan kanker yang lazim menjangkit dengan rentang usia mulai dari 0 hingga 19 tahun, namun pasien kanker otak yang rutin olahraga memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak olahraga.

6. Kanker Usus

Jenis kanker mematikan ini ternyata juga bisa dikurangi oleh olahraga, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa hanya dengan berjalan 2,5 jam per minggu bisa memberikan dampak yang baik terhadap rasio kematian seorang pasien yang telah didiagnosa kanker usus besar.

7. Kanker Prostat

Jenis kanker yang satu ini sangat menakutkan bagi pria di seluruh dunia. Kanker prostat merupakan kanker yang menyerang bagian kelenjar prostat pada reproduksi pria. Sebuah studi mengatakan pria dengan rentang umur 14 hingga 65 tahun menunjukan kalau mereka memiliki resiko yang lebih kecil terserang kanker prostat jika rutin olahraga.

Most Popular