31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Foodie Jenis Tepung Yang Harus Diketahui Bagi Kamu Yang Mencintai Dunia Kuliner

Jenis Tepung Yang Harus Diketahui Bagi Kamu Yang Mencintai Dunia Kuliner

Tepung memiliki banyak jenis yang dibedakan dari fungsi dan kegunaannya. Pada umumnya tepung digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sebuah kue atau varian masakan lain yang membutuhkan berbagai jenis tepung. Tepung sendiri merupakan partikel padat yang membentuk sebuah butiran lembut. Tepung sering dijumpai karena terbuat dari bahan-bahan nabati yang memiliki banyak kegunaan bagi keperluan rumah tangga atau juga bahan-bahan industri.

Akan tetapi masih banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui kalau tepung memiliki banyak jenis. Masing-masing jenis tersebut juga memiliki banyak kegunaan yang berbeda-beda. Jika anda belum mengetahui apa saja jenis-jenis dari tepung dan apa saja kegunaannya. Berikut ini ada beberapa Tepung yang sudah dirangkum dari berbagai sumber sehingga anda tidak akan salah lagi dalam menggunakannya.

Beberapa Jenis Tepung Dan Apa Saja Kegunaannya

Tepung Terigu

Tepung Terigu

Tepung terigu sendiri berasal dari biji gandung murni dan bagian gandum yang diambil untuk dijadikan bahan tepung merupakan daging yang sudah bebas dari kulit ari dan inti gandum tersebut. Tepung terigu yang memiliki protein tinggi biasanya akan digunakan untuk bahan dasar dalam membuat adonan elastis dan tidak gampang rusak. Biasanya digunakan untuk membuat pasta, donat mie, puff, dan pastry. Sedangkan tepung terigu yang memiliki protein rendah sangat cocok untuk digunakan dalam membuat adonan dengan sifat renyah seperti cookies, pie crust dan gorengan.

Tepung Ketan

Tepung Ketan

Jenis tepung ketan merupakan tepung yang terbuat dari beras ketan hitam maupun putih yang ditumbuk sampai halus. Tepung ketan memiliki sifat yang liat dan kenyal sehingga sangat cocok untuk membuat adonan kue getas, putri mandi, onde-onde dan lain-lain. Yang perlu anda ketahui adalah tepung ketan ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan seorang penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan tepung ketan memiliki kandungan vitamin E dan B yang sangat tinggi.

Tepung Tapioka

Jenis Tepung

Tepung tapioka terbuat dari pati singkong dan memiliki warna bening serta bersifat sedikit lengket jika dipanaskan. Akan tetapi tepung tapioka hanya memiliki kandungan protein yang sedikit. Pada umumnya tepung tapioka digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bakso atau hanya ditambahkan dalam berbagai hidangan tumisan untuk mengentalkan teksturnya. Tepung tapioka sangat cocok untuk digunakan dalam membuat makanan seperti cilok, batagor, pempek dan masih banyak lagi.

Tepung Roti

roti

Jenis tepung roti juga sering disebut dengan tepung panir, tepung ini terbuat dari hasil tumbukan roti tawar kering. Biasanya tepung roti memiliki dua warna yaitu orange dan putih. Tepung roti juga memiliki tekstur yang kasar dibandingkan tepung lainnya. Pada umumnya tepung roti digunakan untuk melapisi kudapan gorengan seperti risoles, kroket, kartu dan masih banyak lagi.

Tepung Sagu

Jenis Tepung

Tepung sagu merupakan tepung yang masuk ke dalam jenis pati karena terbuat dari pohon sagu atau pohon aren. Dalam proses pembuatannya biasanya di bagian tengah pohon akan dikeruk dan dihaluskan. Kemudian dicampurkan dengan air dan didiamkan sampai mengendap. Nah endapan itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai tepung. Biasanya tepung sagu memiliki warna yang sedikit keruh dan juga bertekstur kasar berpasir. Tepung sagu sangat cocok untuk dijadikan bahan membuat makanan seperti pempek, bika ambon, kue sagu dan bubur.

Tepung Jagung

jagung

Jenis Tepung yang terakhir adalah tepung jagung atau biasa juga disebut dengan tepung maizena. Padahal maizena adalah nama dari salah satu merek tepung jagung sendiri. Tepung jagung memiliki tekstur yang mirip dengan tepung terigu. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan warna, kalau tepung jagung berwarna pucat dan lebih keruh dari tepung terigu.

Tepung jagung biasanya digunakan untuk bahan pengental pada saus ataupun sup. Selain itu tepung jagung jika biasa digunakan untuk pembuatan puding dan sponge cake sehingga mampu memberikan efek lembut. Namun jika digunakan untuk membuat cookies maka tepung ini akan memberikan efek renyah.

Most Popular