31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Lifestyle Kegiatan Penunjang Kreativitas Anak yang Menyenangkan, Yuk Coba!

Kegiatan Penunjang Kreativitas Anak yang Menyenangkan, Yuk Coba!

inajournal.com – Setiap anak sendiri dilahirkan sebagai manusia yang kreatif, oleh karena itu sudah seharusnya peran orang tua sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak, agar kreativitasnya terus terasah hingga meningkat seiring berjalannya waktu. Sisi kreativitas anak membutuhkan bimbingan dan arahan dalam proses mengembangkannya, sehingga dapat bermanfaat untuk dirinya di masa depan. Tidak harus repot mencari sesuatu untuk melatih kreativitas anak, berikut ini ada beberapa kegiatan penunjang kreativitas anak yang menyenangkan dan bisa kamu coba lakukan di rumah.

Kegiatan Penunjang Kreativitas Anak yang Bisa Dilakukan Di Rumah

 

Kegiatan-Penunjang-Kreativitas-Anak

  • Masak Makanan Kesukaanya

Anak pasti memiliki makanan favorit yang selalu ia inginkan, memasak bisa jadi kegiatan menyenangkan sekaligus bisa jadi sarana untuk anak meningkatkan kreativitas anak. Memasak sendiri dapat dilakukan di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan makanan yang sederhana dan tidak perlu bahan yang mahal-mahal. Dijamin anak-anak akan senang dengan kegiatan memasak ini.

Kamu juga perlu ajak anak untuk membuat kue atau jenis makanan sederhana yang lainnya. Seperti menghias kue yang sudah dibuat, membuat kue jadi bentuk yang lucu atau bahkan mewarnai makanan dengan bahan alami, kegiatan ini tentunya akan meningkatkan rasa senang pada anak. Selain itu kreativitas anak juga akan terus berkembang, jika anak memiliki minat memasak, orang tua hanya perlu meneruskan minat anak dengan mendukung dan mengajari anak memasak makanan lain.

  • Menciptakan Sebuah Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan juga jadi salah satu kegiatan seru dan menyenangkan yang wajib di coba bersama anak. Melakukan kegiatan ini dapat mengasah kreativitas anak, yaitu menciptakan sebuah kerajinan tangan sesuai dengan imajinasinya. Buatlah karya yang unik dan lucu. Mulai dari kerajinan yang dibuat dari kertas, tanah, atau bahan lain yang bisa ada di sekitar rumah.

Biarkanlah anak-anak untuk berkreasi sesuai dengan apa yang ada di imajinasinya dan bimbing mereka untuk membuat karya yang mereka sukai. Tapi tetap awasi anak dengan teliti, agar anak-anak tidak mengalami kecelakaan kerja saat mereka sedang membuat karya yang indah. Jika kamu juga tipe yang pandai dan suka membuat kerajinan tangan, kegiatan ini wajib dilakukan bersama dengan anak dirumah.

  • Membaca Buku Cerita

Bagi sebagian orang membaca mungkin jadi hal yang membosankan, namun untuk anak-anak membaca buku cerita jadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu, dengan membaca anak juga dapat menambah wawasan. Tidak hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga dapat melakukan kegiatan ini bersama dengan orang tua.

Membaca atau mendengarkan cerita juga akan mengasah kreatifitas anak, terlebih lagi jika orang tua membacakan cerita dengan sangat menarik. Pilihlah bacaan yang sesuai dengan usia anak, kemudian bacalah bersama anak dan jelaskan tentang apa yang ada dalam bacaan tersebut. Dengan seringnya membacakan buku cerita pada anak akan mempertajam cara berpikir kritisnya.

  • Menggambar Dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai tidak hanya sekedar hobi saja, kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan jika di lakukan oleh anak-anak. Orang tua bisa mengajak anak untuk menggambar dan mewarnai di akhir pekan saat keluarga juga sedang libur. Biarkan anak menggambar apa yang mereka ingin gambar dan biarkan juga mereka untuk mewarnai sesuka hatinya.

Orang tua juga harus memberikan kebebasan untuk anak, hal ini dilakukan agar sisi kreatifnya tidak terbatas. Dengan menggambar maupun mewarnai dapat menjadi sarana berekspresi di atas kertas yang akan mengalirkan sisi kreatif anak yang tanpa batas. Tapi kamu juga harus tetap mengawasi, agar anak-anak menggambar sebuah objek yang sesuai dengan usianya. Jika anak memiliki bakat gambar jangan ragu untuk mengembangkan bakat anak ya.

  • Menceritakan Sebuah Dongeng

Sebagai orang tua memang perlu pendekatan pada anak meskipun sibuk bekerja, misalnya saat di malam hari orang tua bisa menceritakan sebuah dongeng pada anak. Sebelum tidur jadi waktu yang efektif untuk meningkatkan sisi kreativitasnya.

Setelah kamu selesai membacakan dongeng, ajak mereka untuk menceritakan kembali dongeng yang baru di sampaikan olehmu. Selain itu coba untuk memberikan arahan sedikit tentang ceritanya dan bimbing anak untuk mulai melanjutkan ceritanya, kegiatan penunjang kreativitas anak ini akan mempertajam daya ingat anak dan melatihnya untuk berani dalam berbicara.

Most Popular