31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Lifestyle Kemampuan yang Wajib Dimiliki Saat Sudah Menjadi Seorang Yatim Piatu

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Saat Sudah Menjadi Seorang Yatim Piatu

inajournal.com – Kemandirian dirimu merupakan hal yang sangat diuji ternyata setelah menjadi seorang Yatim Piatu. Usia berapapun dirimu, saat kehilangan orang tua merupakan ujian yang sangat terberat di dunia. Kalau kamu menjadi yatim piatu saat masih menjadi anak-anak atau saat remaja, pasti kamu merasa kurang kasih sayang dan perlu dewasa sebelum waktunya karena dipaksa keadaan.

Menjadi Yatim Piatu ini setelah kamu dewasa bukan berarti lebih mudah, karena tadinya masih diasuh orang tua justru menjadi sulit untuk sesuaikan dengan keadaan baru setelah mereka pergi meninggalkan dunia. Memang usia tidak ada yang tahu, kapan orang tua kita meninggalkan kita, maka kamu seharusnya tahu cara tidak untuk bergantung terus kepada orang tua. Mungkin kalau kamu masih remaja atau anak-anak kamu bisa diambil hak asuh dengan orang terdekat atau masih satu ikatan saudara.

Jika kamu sudah dewasa maka, kemandirianmu pun sudah tidak akan dikhawatirkan siapapun karena kamu perlu dan harus bisa memiliki kemampuan sebagai orang dewasa. Kamu wajib dan mampu berdiri sendiri diatas kaki sendiri dan secara usia kamu memang sudah lebih dewasa. Kali ini kamu perlu tahu kemampuan apa saja yang perlu kamu punya setelah menjadi Yatim Piatu seperti berikut.

Sederet Kemampuan yang Wajib Kamu Lakukan Setelah Menjadi Seorang Yatim Piatu

 

Seorang-Yatim-Piatu

  • Mengurus Diri Termasuk Saat Sakit

Mengurus diri saat kita sehat tentu saya menjadi lebih mudah daripada kamu merasakan tubuh kamu sedang sakit. Meski kamu memiliki saudara, sudah pasti belum tentu kamu bisa tinggal disana karena berbagai alasan.

Kamu bisa meminta bantuan teman sebetulnya tetapi takut sekali dibilang manja, betul? Kadang sampai membuat kamu terlambat dapat perawatan yang seharusnya. Kalau orang tua kamu saat semasih hidupnya care sekali denganmu, semakin sulit kamu biasakan diri untuk melakukannya segala sesuatunya hanya sendiri.

  • Bekerja dengan Giat Supaya Kebutuhan Bisa Tercukupi

Bukan berarti orang dewasa masih memiliki orang tua tidak perlu bekerja dengan giat, namun kamu yang sudah menjadi Yatim Piatu perlu lebih keras lagi untuk bekerja demi bisa mengejar kemapanan finansial. Kalau tidak, dampaknya ini bisa langsung kamu rasakan.

Kamu pasti sangat sulit memenuhi kebutuhan setiap harinya dan tidak ada orang yang bantu menyokong sampai kamu bisa mandiri. Sedangkan orang tua tanpa dimintai uang yang biasanya mengerti dengan keadaan anaknya. Kalau orang lain, tentu saja jarang bisa begitu karena mereka pasti selalu memepertimbangkan sesuatu dengan sangat keras.

  • Menemukan Kebahagiaan Kecil di Hidupmu

Untuk bisa menjaga semangat dan juga perasaan sebagai tugas selanjutnya yakni kamu bisa upayakan tidak merasa sedih dan kesepian. Kamu yang belum punya pacar dan sedang mengalami masalah, maka kamu perlu jurnal yang ingatkan untuk bersyukur.

Sesekali penting buat kamu merayakan pesta ulang tahun kamu sendiri secara kecil-kecilan. Atau apapun pencapaian kecil yang kamu capai menjadi pribadi yang tabah dalam menghadapi ujian misalnya. Kamu perlu menikmati segala hal keberhasilan sekecil apapun dan selalu bersyukur, karena definisi bahagia itu hanyalah bersyukur dan kamu yang bisa merasakannya.

  • Menjalin Hubungan Interpersonal Berkualitas Baik

Terakhir, kamu bisa memiliki kemampuan menjalin hubungan interpersonal dengan kualitas baik. Hal ini mengurangi kemungkinan kamu bermasalah dengan orang, kalau kamu akur dengan siapapun mereka bisa jadi penolongmu. Bukannya hendak memanfaatkan mereka tetapi memang tidak setiap kondisi kamu sebagai yatim piatu bisa mengatasinya, betul? Ingat! Kamu ini masih manusia yang tidak luput dari sosial. Tanpa ada orang tua yang mengawasi dan melindungi, jika salah memilih teman pun bisa menjadi sebuah marabahaya buatmu.

Dari keempat kemampuan diatas, tentu saja perlu kamu miliki dan kamu lakukan setelah menjadi seorang Yatim Piatu. Orang yang menjadi Yatim piatu ini bukanlah naik jabatan atau sesuatu pencapaian namun ujian yang akan datang kapan saja. Maka dari itu, meski orang tuamu sampai saat ini masih diberikan umur panjang, kamu wajib berbakti, membahagiakan mereka dan juga mandiri supaya tidak akan bergantung dengan mereka.

 

Most Popular