31.6 C
Tangerang
Monday, January 17, 2022
Home Lifestyle Keuntungan Gaya Hidup Minimalis, Hidup Jadi Lebih Tenang!

Keuntungan Gaya Hidup Minimalis, Hidup Jadi Lebih Tenang!

Inajournal.com – Tahukah kamu ada banyak keuntungan gaya hidup minimalis yang perlu kamu ketahui. Saat ini kebanyakan milenial tejebak pola hidup konsumtif, dengan alasan ingin dibilang lebih berkelas atau karena tidak ingin ketinggalan tren masa kini. Gak jarang juga menyebabkan banyak anak muda yang mengalami kesulitan keuangan walaupun sudah berpenghasilan besar, gaya hidup minimalis dipandang dapat mengatasi masalah tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan pola hidup seperti ini. Berikut ini keuntungan menerapkan gaya hidup minimalis yang bisa kamu ikuti.

Keuntungan Gaya Hidup Minimalis, Yuk Terapkan Hal IniKeuntungan-gaya-hidup-minimalis

  1. Kamu Jadi Fokus Pada Prioritas
    Prioritas bagi setiap orang memang berbeda-beda, namun dengan menerapkan gaya hidup minimalis dapat membantu memilah mana yang lebih krusial untuk kamu dan mana yang tidak. Misalnya untuk kamu yang selama ini gila belanja pakaian, sekarang coba untuk cek lemari kamu ada berapa setel pakaian yang benar-benar kamu gunakan selama ini, bisa saja ada beberapa pakaian kamu yang belum dipakai sama sekali atau bahkan masih di plastikan. Jika kamu mempraktikkan gaya hidup minimalis, sikap seperti ini haru kamu hindari, sebaiknya kamu membeli pakaian yang memang dibutuhkan, bukan hanya sekedar tertarik melihat modelnya  yang lucu atau karena lagi diskon besar-besaran. Lihat fungsi ketika kamu ingin membali suatu barang.

  2. Tabungan Jadi Meningkat
    Keuntungan gaya hidup minimalis yang selanjutnya yaitu tabungan kamu jadi lebih bertambah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, akibat dari gaya hidup konsumtif, salah satunya keungan jadi keteteran walaupun kamu sudah memiliki gaji yang besar, tapi akan selalu ketar-ketir setiap akhir bulan karena kamu tidak pernah menyisihkan uang untuk ditabung. Dengan penerapan gaya hidup minimalis kamu harus member sesuatu kerena memang kebutuhan kamu bukan karena keinginan kamu, jadi barang yang dirumah kamu juga tidak numpuk. Dengan seperti itu uang kamu juga jadi aman dan bisa kamu tabung.

  3. Hidup Jadi Lebih Tenang
    Keuntungan lainnya yaitu hidup kamu menjadi lebih tenang, prinsipnya seperti ini ‘beli sesuatu kalau ada uangnya saja’ kalau tidak ada uangnya ya jangan beli barang tersebut. Jadi kamu tidak perlu cicil-cicil segala, justru dengan prinsip simpel ini kamu juga gak akan pusing mikirin utang, faktor lain kenapa gaya hidup minimalis membuat kamu lebih damai yaitu kamu tidak akan dipusingkan dengan tren atau standard masyarakat yang sering kali gak tepat untuk diterapkan untuk kamu. Sebagai contoh, misalnya teman kamu rela menggelontorkan uang hingga jutaan demi kulit putih, kamu sebaiknya santai saja dan terima warna kulitmu yang sudah diberikan oleh tuhan. Bagi kamu warna kulit tidak mendefinisikan nilai seseorang, selama kulitmu sehat dan terawat itu sudah sangat cukup.

  4. Bersih-Bersih Jadi Gampang
    Keuntungan gaya hidup minimalis yang selanjutnya yaitu bersih-bersih jadi lebih mudah, sebagian dari kamu pasti pernh merasa malas untuk beres-beres. Apalagi kalau melihat barang yang ada di dalam kamar atau rumah sangat berantakan dan banyak sekali barang yang bertumpuk-tumpuk, melihatnya saja sudah malas duluan, oleh karena itu mengapa hidup minimalis sangat menguntungkan. Karena pastinya kamu akan membeli barang sesuai dengan kebutuhan kamu saja, memiliki terlalu banyak barang membutuhkan effort besar jika ingin membersihkan semuanya. Coba kalau barangmu sedikit, bersih-bersih jadi tidak terlalu sulit pastinya? Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikan barang-barangmu.

  5. Lebih Percaya Diri
    Tahukah kamu penyebab salah satu seseorang terjebak pola hidup konsumtif akibat mindset keliru yang memandang value seseorang terletak pada kepemilikan. Misalnya berapa banyak uang yang ia miliki, berapa banyak tas mahal yang ia punya hingga seberapa keren HP yang ia gunakan dan sebagainya, mindset seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan mental karena rentan untuk membuatmu membandingkan diri sendiri. Bedanya jika kamu menerapkan gaya hidup minimalis, alih-alih fokus pada beberapa banyak barang yang kamu miliki, kamu lebih memusatkan perhatian pada pengembangan kualitas diri, hal ini akan membuat kamu lebih percaya diri walaupun dari segi penampilan lebih sederhana.

 

Most Popular