31.6 C
Tangerang
Saturday, August 13, 2022
Home Health Khasiat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan Yang Dianggap Daun Dewa

Khasiat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan Yang Dianggap Daun Dewa

Khasiat daun sambung nyawa dicari oleh kebanyakan orang, daun sambung nyawa biasanya juga dikenal dengan daun dewa yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Gynura procumbens ini umumnya tumbuh di Negara Negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia dan termasuk di Indonesia, beberapa penelitian juga sudah menyebutkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa ini mengandung berbagai zat aktif kimiawi yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Zat zat yang terkandung dalam daun ini yaitu, saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, kaempferol-3-O-rutinoside, kaempferol, astragalin, dan rutin, kandungan zat ini yang sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Daun sambung nyawa juga mengandung antioksidan yang bertugas untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel sel tubuh dan juga yang menjadi penyebab kanker, tak hanya itu saja yang bisa kamu dapatkan dari daun dewa ini. Daun dewa ini juga dipercaya untuk mengatasi penyakit jantung dan diabetes.

Dari sekian banyak manfaat daun sambung nyawa, tak heran banyak orang yang ingin mengkonsumsinya demi kesehatan. Kamu bisa dengan mudah menemukannya, biasanya ekstrak daun sambung nyawa di jual di toko herbal atau di toko online, tak hanya itu saja yang bisa kamu dapatkan dari daun super ini, masih ada manfaat lain yang bisa kamu rasakan.

Khasiat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan

1. Meredakan Peradangan

Peradangan
Daun sambung nyawa memiliki kandungan steroid, flavonoid, etanol, dan kaempferol, dan ekstrak daun sambung nyawa memiliki sifat anti inflamasi dan juga memiliki antivirus yang dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik atau penyakit tertentu lainnya yang disebabkan oleh virus.

2. Membantu Melawan Kanker

Melawan Kanker
Tanaman yang satu ini sudah dikenal sejak alam, dan menjadi pengobatan tradisional untuk kanker Rahim, kanker payudara, dan untuk kanker darah. Ekstrak daun sambung nyawa ini memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai pencegahan pertumbuhan dan pembelahan sel kanker dan dapat membunuh sel sel tersebut, sehingga dapat mencegah penyebaran kanker ke organ lain.

3. Mengatasi Diabetes dan Kemandulan

Diabetes
Khasiat daun sambung nyawa yang satu ini sudah dilakukan penelitian, hasil dari penelitian melaporkan bahwa daun ini dapat menurunkan kadar gula darah, dan juga mengatasi masalah kemandulan akibat diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, dan juga kualitas sperma, selain itu daun sambung nyawa juga bisa mengurangi persentase sperma yang mati.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan Pencernaan
Luka pada lambung dan usus dapat menyebabkan pendarahan pada saluran cerna, dan daun sambung nyawa diyakini dapat mengatasi masalah ini. Daun ini dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan juga dapat melindungi lapisan dalam lambung.

5. Mencegah Penyakit Ginjal

Khasiat daun sambung nyawa
Sebuah penelitian melaporkan bahwa daun sambung nyawa ini mampu menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal, namun penelitian ini masih terbatas. Dan membutuhkan studi penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

6. Melawan Kuman

Khasiat daun sambung nyawa
Khasiat daun sambung nyawa selanjutnya yang bisa kamu rasakan yaitu, dapat mengatasi kuman penyakit yang menyebabkan infeksi. Sebuah penelitian telah melaporkan daun ini dapat mencegah perkembangbiakan Plasmodium yang menjadi penyebab malaria.

7. Mengatasi Hipertensi dan Melindungi Jantung

Hipertensi
Beberapa penelitian sudah menyebutkan kandungan yang ada pada daun sambung nyawa dapat mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Daun sambung nyawa akan mencegah aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE) yang merupakan enzim pengatur tekanan darah.

Most Popular