31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health Konsumsi Buah Tinggi Serat Ini Setiap Hari Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Konsumsi Buah Tinggi Serat Ini Setiap Hari Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Buah tinggi serat sangat baik dikonsumsi setiap hari, karena serat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Tak hanya buah buahan namun mengkonsumsi makanan sehat lainnya juga wajib dilakukan, namun kebanyakan orang sering melupakan buah buahan setiap harinya, padahal dari buah buahan kita bisa mendapat nutrisi yang tidak ada di dalam sayuran dan makanan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Setiap harinya pria dewasa direkomendasikan untuk mengkonsumsi gram serat, sedangkan untuk wanita dianjurkan untuk menyantap 25 gram serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Mendapatkan serat bisa dari berbagai jenis makanan, misalnya buah buahan. Dari sekian banyak buah memang tidak semua buah mengandung serat tinggi, ada buah lain yang ternyata kandungan buahnya lebih tinggi dari buah lainnya. Serat ternyata tidak hanya untuk pencernaan, namun juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, mencegah diabetes, menurunkan resiko penyakit jantung hingga kanker. Jika tubuh kekurangan serat bisa menyebabkan berat badan berlebih, gula darah melonjak, sembelit, dan masih banyak lagi.

Buah Tinggi Serat Yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Buah tinggi serat

1. Pisang

Pisang tidak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, setiap 100 gram pisang memiliki kandungan 2,6 gram serat yang dapat menyehatkan tubuh kamu. Pisang juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, hingga kalium, pisang sangat baik jika kamu mengkonsumsinya setiap hari. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai smoothie atau langsung dimakan.

2. Raspberi

Buah tinggi serat yang satu ini juga sangat bagus untuk tubuh, namun sayangnya kurang populer bagi warga Indonesia. Ternyata buah yang termasuk ke dalam jenis beri berian ini memiliki kandungan 6,5 gram serat setiap 100 gram nya, selain itu juga buah manis in memiliki kandungan vitamin C dan mangan yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

3. Apel

Buah yang sangat mudah ditemui ini juga sering menjadi salah satu buah pilihan untuk diet, apel memiliki kandungan 2,4 gram serat pada setiap 100 gramnya. Selain itu juga memiliki kandungan berbagai antioksidan seperti quercetin, katekin, phloridzin dan asam klorogenat yang sangat baik untuk kesehatan, untuk kamu yang sedang berdiet mengkonsumsi apel setiap hari sangat dianjurkan karena mengenyangkan.

4. Alpukat

Buah tinggi serat yang satu ini dikenal memiliki kandungan lemak baik yang bagus untuk kesehatan, alpukat masuk kedalam buah yang memiliki serat tinggi. Setiap 100 gramnya mengandung 6,7 gram. Tak hanya tinggi serat saja, namun buah ini juga memiliki kandungan lemak baik untuk tubuh kita, selain itu alpukat juga diperkaya dengan vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai macam vitamin B, sebaiknya konsumsi alpukat tanpa gula.

5. Stroberi

Meskipun memiliki ukuran yang kecil,ternyata stroberi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Tak hanya itu stroberi juga memiliki kandungan serat sebanyak 2 gram dalam setiap 100 gramnya.

6. Pir

Buah tinggi serat yang satu ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, setiap 100 gramnya buah pir memiliki kandungan 3,1 gram serat. Pir juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu, seperti protein, vitamin C, vitamin K, hingga kalium buah yang satu ini juga sangat mudah ditemui.

7. Nanas

Nanas termasuk buah yang rendah kalori namun tetap bernutrisi tinggi, dalam 165 gram buah nanas memiliki kandungan 2,3 gram serat. Selain itu nanas juga memiliki kandungan lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, mangan, vitamin B6, folat, kalium, magnesium, zat besi hingga asam pantotenat, buah berwarna kuning ini memiliki rasa asam manis yang segar dan bisa diolah berbagai macam cara.

8. Blueberry

Meskipun jarang sekali ditemui, ternyata buat yang satu ini juga sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam satu cangkir sekitar ukuran 148 gram buah blueberry memiliki kandungan 4 gram serat, dan juga beberapa kandungan sehat lainnya seperti vitamin C, vitamin K, dan juga mangan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Most Popular