31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Travel Kota Destinasi Wisata Indonesia Yang Aman Untuk Solo Traveling

Kota Destinasi Wisata Indonesia Yang Aman Untuk Solo Traveling

inajournal.com – Beberapa kota destinasi wisata Indonesia menjadi kota paling aman dikunjungi untuk solo traveling, Indonesia dari dulu memang dikenal sebagai Negara yang ramah turis dan memiliki destinasi wisata yang sangat banyak di setiap daerahnya. Gak heran kalau banyak kota-kota di Indonesia yang selalu menjadi tujuan utama untuk solo traveling, beberapa waktu lalu Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia merilis beberapa kota yang paling layak huni, survei ini juga bisa dijadikan acuan untuk kamu yang ingin solo traveling karena menyangkut keamanan, keselamatan hingga fasilitas umum yang disediakan di kota tersebut.

Kota Destinasi Wisata Indonesia Yang Bisa Kamu Kunjungi Sendirian

Kota destinasi wisata Indonesia

  1. Denpasar
    Kota pertama yaitu Denpasar yang berada di Bali, dalam survey yang dilakukan oleh IAP, Denpasar termasuk salah satu kota dengan aspek Keamanan kota paling tinggi di seluruh Indonesia. Kota Denpasar menduduki peringkat empat sebagai kota yang memiliki keamanan tertinggi di Indonesia dengan nilai 68, hal ini juga karena Denpasar sebagai ikon di Indonesia yang paling banyak dan paling sering dikunjungi wisatawan asing. Untuk destinasinya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, di Denpasar ada cukup banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti yang paling terkenal Ubud dan Kuta, penginapan hingga kuliner pun kamu tidak perlu kesulitan mencarinya karena Denpasar menyediakan semua yang dibutuhkan oleh wisatawan.
  2. Banjarmasin
    Kota destinasi wisata Indonesia yang selanjutnya yaitu Banjarmasin, kota besar yang berada di provinsi Kalimantan Selatan ini menjadi salah satu kota yang bisa dibilang aman untuk solo traveling. Kota yang disebut sebagai Kota Seribu Sungai ini dinilai sebagai kota dengan aspek Keamanan kota paling baik se-Indonesia. Menurut data IAP, Banjarmasin meraih nilai 73 dari 100, angka ini menunjukkan kalau Banjarmasin memiliki fasilitas kota yang lengkap untuk masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Di Banjarmasin juga memiliki banyak destinasi wisata menyenangkan yang wajib kamu kunjungi, salah satunya yang paling terkenal yaitu pasar apung atau pasar yang berada di atas sungai, di pasar tersebut kamu bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari makanan hingga aksesoris lucu.

  3. Semarang
    Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah ini juga di sebut-sebut aman untuk kamu yang ingin solo traveling, semarang masuk ke dalam jajaran top tier city sebagai Most Livable City di Indonesia. Selain itu Semarang juga memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan memanjakan bagi masyarakat dan wisatawan asing yang berkunjung, aspek keamanan Semarang pun dinilai masih di atas rata-rata. Di Semarang ada cukup banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi, selain itu kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Semarang yang rasanya tidak kalah lezat.

  4. Palembang
    Kota destinasi wisata Indonesia selanjutnya yang terbilang cukup aman untuk Solo traveling yaitu Palembang, kota yang terkenal dengan Pempeknya ini diklaim menjadi kota paling nyaman kedua di Indonesia menurut data Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Kota Palembang dinilai memiliki aspek penataan kota dan fasilitas Pejalan Kaki terbaik kedua Se-Indonesia, jadi untuk kamu yang ingin solo traveling ke Palembang, gak perlu ragu dan khawatir karena kota ini cukup aman untuk dijelajahi sendirian.

  5. Yogyakarta
    Siapa yang tidak tahu kota wisata yang satu ini, urusan destinasi wisata Yogyakarta memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kota gudeg ini memiliki berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, selain itu juga ada berbagai budaya, sejarah, hingga kuliner lezat dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Sedangkan untuk keamanan kota, Yogyakarta masih dibilang aman, Yogyakarta bahkan memiliki nilai 65, lebih tinggi dari Semarang yang memiliki nilai 60. Kalau berlibur ke Yogyakarta kamu gak boleh melewati destinasi wisata alamnya yang menakjubkan.
  6. Solo
    Kota destinasi wisata Indonesia yang selanjutnya yaitu Solo, sama seperti Yogyakarta. Solo juga memiliki berbagai jenis wisata, mulai dari wisata sejarah,wisata budaya hingga wisata belanja. Selain itu, kuliner Solo pun terbilang cukup terjangkau, saudara tua Yogya ini memiliki aspek keamanan kota yang cukup tinggi sehingga bisa dibilang aman untuk kamu yang ingin solo traveling. Dan kerennya lagi Solo menduduki peringkat pertama sebagai kota paling layak huni Di Indonesia.

Most Popular