31.6 C
Tangerang
Monday, January 17, 2022
Home Foodie Kreasi Olahan Ubi Khas Korea Selatan, Bisa Jadi Teman Ngemil!

Kreasi Olahan Ubi Khas Korea Selatan, Bisa Jadi Teman Ngemil!

Inajournal.com – Ubi merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang, tidak hanya di Indonesia yang memiliki olahan ubi lezat. Olahan ubi khas Korea Selatan juga tidak kalah lezat dan wajib kamu cicipi, tanaman ubi sendiri menjadi umbi-umbian yang mudah ditemukan dan jadi hidangan pengganjal lapar yang memiliki banyak manfaat. Kalau bosan dengan sajian ubi yang itu-itu saja, seperti di goreng, atau direbus, kamu bisa mencoba olahan ubi dari Korea Selatan yang unik dan tidak kalah lezat. Seperti yang diketahui Korea Selatan sendiri terkenal dengan kulinernya yang selalu berhasil menarik perhatian banyak orang, salah satunya kuliner berbahan ubi ini.

Kreasi Olahan Ubi Khas Korea Selatan, Nyesel Kalau Gak Coba

Olahan-Ubi-Khas-Korea
Goguma Ppang

Olahan ubi yang satu ini sepertinya sudah banyak yang mengetahuinya, Goguma Ppang merupakan salah satu olahan ubi yang paling populer di Korea Selatan. Dari bentuknya memang tidak ada yang berbeda antara makanan ini dengan ubi yang memiliki kulit warna ungu dan biasa kita jumpai. Tapi ternyata goguma ppang ini ternyata roti yang memiliki bentuk ubi mentah, makanan ini juga sempat booming beberapa tahun lalu karena memiliki bentuk dan tekstur yang memang unik. Bahan utamanya sendir terbuat dari daging ubi yang dibalut dengan roti mochi dengan kandungan bubuk ubi ungu, rasanya manis dan rasa ubinya sangat terasa, di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual Goguma Ppang ini.

Olahan-Ubi-Khas-Korea
Goguma Mattang

Kreasi olahan ubi khas Korea Selatan yang selanjutnya yaitu Goguma Mattang, walaupun sudah diketahui ubi memiliki rasa yang manis alami, tapi ada juga olahan dari Korea yang membuat umbi-umbian terasa lebih legit lagi. Sehingga cocok untuk pendamping setelah menikmati aneka makanan berat, secara sederhananya goguma mattang ini merupakan potongan ubi yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang, kemudian dibalut menggunakan campuran adonan, hasil lelehan gula, dan air. Kemudian makanan ini ditambahkan dengan wijen agar rasanya semakin maksimal, penasaran dengan rasa olahan makanan yang  satu ini? Kamu bisa coba membuatnya sendiri dirumah.

Olahan-Ubi-Khas-Korea
Goguma Bap

Olahan ubi yang selanjutnya yaitu Goguma Bap, di Korea Selatan sendiri memang cukup terkenal dengan olahan Rice Bowlnya yang lebih sering dinamai dengan bap. Macam-macam lauk topping bisa membuat penikmatnya merasa terpukau karena perpaduan rasa dan jumlahnya yang sungguh beragam.  Dalam aneka kreasi yang melimpah, ada hidangan bernama goguma bap, olahan yang satu ini merupakan proses dari pemanasan nasi yang dicampur dengan potongan ubi sehingga rasanya nasinya jauh lebih manis dan lebih tinggi serat serta lebih mengenyangkan. Bagi pecinta ubi dan yang sedang ingin diet, olahan nasi ubi ini bisa kamu jadikan menu makan sehari-hari.

Olahan-Ubi-Khas-Korea
Goguma Latte

Kreasi olahan ubi khas Korea Selatan yang selanjutnya yaitu Goguma Latte, berbeda dari olahan ubi yang sebelumnya. Olahan ubi yang kali ini memiliki bentuk berbeda karena tersaji dalam bentuk minuman, hidangan ini dinamakan dengan goguma latte, sebagian dari kamu jika suka dengan olahan ubi pastinya sudah tidak asing dengan olahan yang satu ini. Minuman ini memiliki rasa yang unik karena dalam susu ada penggunaan ubi yang juga dihaluskan bersamanya, kemudian minuman ini akan ditambahkan dengan topping untuk menciptakan rasa yang sempurna, mulai dari bubuk kayu manis atau kacang-kacangan agar rasanya semakin sedap. Kamu bisa mencobanya dirumah, minuman ini cocok banget diminum pada siang hari, selain segar rasanya juga lebih mengenyangkan, biasanya untuk membuat olahan minuman ini menggunakan ubi ungu.

Olahan-Ubi-Khas-Korea
Goguma Twigim

Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki olahan gorengan dari ubi, Korea Selatan juga memiliki gorengan yang terbuat dari ubi dan diberi nama goguma twigim. Makanan ini paling cocok disajikan ketika memasuki musim hujan lengkap dengan secangkir teh atau kopi agar tubuh semakin hangat, proses pembuatannya juga mirip seperti gorengan yang ada di Indonesia. Pertama siapkan dahulu potongan ubi, kemudian masukan ke dalam adonan tepung basah dan kering, kemudian goreng hingga kecoklatan, ubi goreng siap disajikan. Kalau punya ubi dirumah kamu bisa mencoba membuat olahan ubi seperti beberapa olahan yang disebutkan di atas.

 

Most Popular