31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Foodie Kuliner Indonesia Berbahan Ikan, Cocok Jadi Teman Ngobrol

Kuliner Indonesia Berbahan Ikan, Cocok Jadi Teman Ngobrol

inajournal.com – Ada berbagai kuliner Indonesia berbahan ikan yang menjadi favorit banyak orang, Indonesia sendiri memang dikenal memiliki berbagai kuliner khas dengan cita rasa yang lezat. Orang Indonesia dikenal sangat kreatif dalam membuat olahan makanan dari berbagai macam bahan bahan yang sering dijumpai sehari hari, misalnya singkong, di Indonesia sangat banyak olahan singkong yang beragam, terlebih lagi singkong sangat mudah ditemui dimanapun.

Selain itu ada juga ikan yang biasanya menjadi makanan sehari hari di Indonesia, ikan tidak hanya dapat dikonsumsi menjadi menu sehari hari saja tapi juga bisa diolah menjadi cemilan.
Ikan merupakan salah satu bahan yang mudah di dapat dan ditemui, di Indonesia sendiri makanan ringan atau cemilan yang berbahan dasar ikan cukup banyak ditemui bahkan bisa membuat kamu bingung untuk memilih yang mana, seperti salah satunya pempek yang sudah sangat populer di Indonesia.

Selain pempek, masih banyak cemilan lain yang berbahan ikan dan cocok dikonsumsi sambil mengobrol dengan teman atau keluarga, berikut ini daftar kuliner Indonesia yang dibuat dengan bahan dasar ikan.

Kuliner Indonesia Berbahan Ikan Yang Mudah Ditemui Dan Paling Lezat

1. Otak Otak

Otak Otak

Otak otak umumnya berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung sagu, makanan yang satu ini menjadi makanan favorit banyak orang. Cara pembuatan yang mudah dan rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukai cemilan berbahhan ikan yang satu ini, otak otak dibungkus memanjang menggunakan daun pisang dan diolah dengan cara dibakar, otak otak juga dilengkapi dengan bumbu kacang yang menambah sensasi rasa nikmat saat dikunyah.

2. Siomay

Siomay

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner Indonesia berbahan ikan yang satu ini, siomay sendiri menjadi salah satu jajanan paling laris di Indonesia. Siomay termasuk jenis dumpling yang terbuat dari ikan dan tepung, biasanya siomay disajikan bersama kol, tahu isi siomay, telur, kentang dan pare kemudian disiram dengan bumbu kacang dan ditambah perasan jeruk nipis. Rasanya sangat nikmat dan bikin ketagihan, kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan bahan yang mudah ditemui.

3. Gogos Ikan

Gogos Ikan

Makanan yang satu ini mirip dengan lemper karena sama sama berbahan dasar beras ketan, hanya saja setelah dikukus gogos ikan kemudian dipanggang terlebih dahulu sebelum disajikan. Gogos ikan memiliki isian ikan suwir yang ditumis terlebih dahulu, rasanya legit, gurih dan nikmat, pernah mencobanya?

4. Tahu Tuna

Tahu Tuna

Kuliner Indonesia berbahan ikan selanjutnya yaitu tahu tuna, sesuai dengan namanya. Tahu ini diisi dengan ikan tuna, untuk membuatnya sendiri sebenarnya sangat mudah, kamu memerlukan tahu kopong yang kemudian kamu isi dengan adonan tuna kemudian dikukus. Selanjutnya kamu bisa langsung mengkonsumsi tahu tuna secara langsung, atau bisa juga kamu goreng terlebih dahulu jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah diluar tapi lembut di dalam.

5. Pempek

Pempek

Siapa yang tidak kenal dengan olahan yang satu ini? Kamu pastinya sudah mencicipi kuliner khas Palembang ini bukan? pempek merupakan salah satu kuliner yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dicampurkan dengan tepung kemudian diberikan beberapa bumbu, lalu direbus hingga mengembang, barulah setelah itu digoreng hingga kering. Biasanya pempek disajikan bersama dengan kuah cuka yang berbahan dasar gula aren, air, asam jawa atau cuka, kemudian dicampurkan dengan ebi sangrai, cabai dan kecap.

6. Panada

Panada

Kuliner Indonesia berbahan ikan selanjutnya yang tidak kalah lezat yaitu, Panada. Roti goreng yang satu ini memiliki bentuk seperti kue pastel, tapi memiliki ukuran yang lebih besar, panada sendiri memiliki isian berupa tumis ikan suwir yang memiliki rasa pedas dan gurih, sudah pernah mencobanya?

7. Bakso Ikan

Bakso Ikan

Bakso identik diolah dengan daging sapi, tapi tidak hanya daging sapi atau ayam saja. Bakso ikan juga tidak kalah lezat dari bakso sapi, bahan bahan pembuatannya kurang lebih sama, hanya saja daging yang digunakan berbeda. Biasanya bakso ikan disajikan dengan kuah kaldu yang lezat atau dicampurkan untuk membuat sup atau kamu juga bisa membuat olahan bakso ikan bakar.

Most Popular