31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Foodie Kuliner Indonesia Mirip Kuliner Jepang, Kamu Sudah Pernah Coba Yang Mana?

Kuliner Indonesia Mirip Kuliner Jepang, Kamu Sudah Pernah Coba Yang Mana?

Berbicara mengenai kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya karena sangat banyak kuliner yang bisa kamu temui di Indonesia. Dari 34 provinsi Indonesia memiliki ribuan kuliner dengan cita rasa yang lezat, tak heran kalau beberapa kuliner di Indonesia masuk kedalam daftar makanan paling enak di dunia. Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki kuliner khasnya, setiap Negara tentunya memiliki kuliner khasnya masing masing, salah satunya yang dikenal sebagai Negara yang memiliki kuliner paling lezat yaitu Jepang. Di Jepang juga memiliki berbagai makanan lezat yang wajib kamu coba.

Bahkan sangking lezatnya makanan Jepang, kamu bisa menemukannya di berbagai Negara. Di Indonesia sendiri kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner khas Jepang yang paling populer seperti sushi, ramen, gyoza dan lain lainnya. Dari sekian banyak makanan Indonesia ternyata ada beberapa makanan yang mirip dengan Negara lain, misalnya saja bihun khas Indonesia mirip dengan Japchae makanan Korea, selain itu juga ada beberapa makanan Indonesia yang mirip dengan makanan Jepang. Kamu sebagai orang Indonesia pasti sudah sering mencicipi makanan khas Indonesia yang mirip makanan Jepang ini.

Kuliner Indonesia Mirip Kuliner Jepang, Sama Sama Enak

1. Kue Putri Mandi – Mochi

Kuliner Indonesia

Kedua makanan yang satu ini memiliki bentuk dan tekstur yang sama, kue putri mandi sendiri terbuat dari tepung ketan dan sangat mirip dengan mocha. Yang membedakannya kue putri mandi disajikan dengan siraman santan, sedangkan mochi memiliki isian yang bervariasi, mulai dari coklat, kacang merah, kacang hijau dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri mencari mochi sudah cukup mudah ditemukan, dan bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

2. Gohu Ikan – Sashimi

Gohu Ikan

Kuliner Indonesia yang satu ini berasal dari Ternate, Gohu ikan ternyata mirip dengan makanan khas Jepang yaitu sashimi. Biasanya kalau gohu ikan terbuat dari ikan tuna atau ikan cakalangan, sedangkan sashimi lebih sering menggunakan ikan salmon. Kedua olahan ini dimakan mentah dalam keadaan ikan yang masih segar.

3. Lemper – Sushi

Kuliner Indonesia

Lempernya Indonesia memang sering disebut dengan sushinya Indonesia, makanan ini sama sama terbuat dari nasi. Namun yang membedakannya lemper terbuat dari ketan, dan sushi terbuat dari nasi, lemper biasanya berisikan ayam atau abon sapi, sedangkan sushi terbuat dari nasi yang diisi dengan sayuran dan daging ikan, bentuknya mirip dengan sushi. Kalau lemper dibungkus dengan daun pisang sedangkan sushi dibungkus menggunakan rumput laut.

4. Bakwan – Kakiage

Kuliner Indonesia

Kuliner Indonesia yang satu ini tentunya sudah sangat populer dan sudah banyak yang mengetahuinya, bakwan merupakan olahan yang terbuat dari sayuran yang dicampur dengan tepung dan bumbu kemudian digoreng. Sedangkan di Jepang ada makanan yang mirip bernama kakiage yang bahan bahan dan bentuknya mirip dengan bakwan.

5. Pangsit – Gyoza

Pangsit

Kalau di Indonesia biasanya pangsit diisi dengan daging ayam, sapi, udang atau yang lainnya. Sedangkan di Jepang juga memiliki menu yang sama sama terbuat dari pangsit dengan isian daging, pangsit di Indonesia maupun di Jepang sama sama memiliki rasa yang lezat dan membuat penikmatnya ketagihan.

6. Mie Goreng – Yakisoba

Kuliner Indonesia

Kuliner Indonesia yang satu ini menjadi makanan favorit banyak orang, tidak hanya warga lokal saja yang senang dengan mie goreng. Bahkan turis asing saat berkunjung ke Indonesia dan mencicipi mie goreng merasa jatuh cinta dengan olahan masakan tersebut, mie goreng juga menjadi street food paling lezat. Selain itu ternyata tidak hanya di Indonesia yang memiliki olahan mie goreng, di Jepang juga ada olahan yang sama disebut dengan yakisoba, keduanya mirip dan sama sama memiliki rasa yang lezat.

7. Mie Ayam – Ramen

Mie Ayam

Kalau di Indonesia mie ayam merupakan makanan yang paling populer, dan disajikan bersama dengan kuah dan irisan ayam diatasnya. Sedangkan di Jepang ada ramen yang disajikan dengan aneka topping, seperti telur, daging sapi, ayam dan lain lainnya, keduanya memiliki rasa yang jauh berbeda tapi sama sama nikmat, kalau kamu pecinta ramen tidak perlu jauh jauh pergi ke Jepang karena disini Indonesia sendiri sudah banyak restoran Jepang yang bisa kamu kunjungi.

 

Most Popular