31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Foodie Kuliner Khas Korea Yang Berbahan Kacang Hijau, Sehat & Enak!

Kuliner Khas Korea Yang Berbahan Kacang Hijau, Sehat & Enak!

inajournal.com – Korea Selatan beberapa waktu belakangan ini menarik perhatian banyak orang, mulai dari budaya hingga industri hiburannya. Tidak hanya itu saja, namun kuliner khas Korea juga cukup banyak yang menarik perhatian dan wajib kamu cicipi, orang Korea memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan kacang-kacangan. Salah satunya kacang hijau yang disebut nokdu, oleh karena itu kuliner khas Korea yang diberi tamabahan nama nokdu memang menggunakan kacang hijau sebagai bahan bakunya. Ada berbagai masakan Korea yang berbahan kacang hijau dengan rasa yang lezat, wajib kamu cicipi!

Kuliner Khas Korea Berbahan Kacang Hijau, Wajib Kamu Cicipi

Kuliner-Khas-Korea
Nokdu-Juk

Yang selanjutnya yaitu Nokdu-juk atau mung bean porridge yang merupakan bubur kacang hijau ala Korea yang sangat populer dan pastinya kamu pernah melihatnya muncul di drama Korea. Tidak hanya kacang hijau, nokdu-juk dilengkapi dengan beras dan minyak wijen, hidangan ini sendiri sudah ada sejak zaman dinasti Joseon, bahkan tercatat dalam Seungjeongwonllgi atau Royal Secretariat of the Joseon Dinasty. Makanan ini lazim di sajikan untuk seseorang dalam masa penyembuhan, tidak hanya itu saja, bubur kacang hijau ini juga sering direkomendasikan sebagai makanan padat bagi bayi karena teksturnya lembut dan nilai gizinya. Tapi buat menu di musim dingin atau saat sedang sakit juga bisa mencicipi olahan yang satu ini.

Kuliner-Khas-Korea
Nokdu-muk

Kuliner khas Korea berbahan kacang hijau yang selanjutnya yaitu Nokdu-muk, kalau dari penampilan mungkin kamu bingung dari mana kacang hijaunya. Namun ternyata makanan yang satu ini merupakan jeli yang terbuat dari kacang hijau, kata muk memang merujuk pada jenis hidangan berupa jeli, nokdu-muk ini diolah dari pati kacang hijau. Jeli kacang hijau ala Korea ini biasanya disantap dalam suhu dingin, tidak hanya itu saja nokdu-muk juga biasanya akan disantap bersama dengan soy sauce dan cuka. Nokdu-muk sendiri termasuk dalam kategori banchan alias makanan pendamping, hidangan yang satu ini juga sering disajikan ketika acara-acara adat.

Kuliner-Khas-Korea
Nokdu-jeon

Yang selanjutnya yaitu nokdu-jeon atau yang lebih dikenal dengan sebutan binddaetteok yang berasal dari Provinsi Pyongan. Sebagaimana jeon pada umumnya, nokdu-jeon juga merupakan penekuk tepatnya berbahan baku berupa kacang hijau, pada zaman dahulu, bindaeteok ini sering disediakan oleh orang kaya untuk dinikmati orang miskin ketika masa krisis di Korea. Sajian ini umumnya disantap bersama dengan soy sauce agar cita rasanya lebih sedap, hidangan yang satu ini cara membuatnya sangat mudah. Kalau belum bisa berkunjung Korea untuk mencicipinya secara langsung, kamu bisa membuat hidangan ini di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di cari juga.

Kuliner-Khas-Korea
Nokdu-songpyeon

Kuliner khas Korea berbahan kacang hijau yang selanjutnya yaitu nokdu-songpyeon, makanan yang satu ini sendiri merupakan sejenis tteok atau kue beras yang memilki bentuk khas seperti bulan sabit. Makanan ini memiliki isian dari kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang hijau alias nokdu sehingga disebut sebagai nokdu songpyeon. Nokdu-songpyeon ini diolah dengan cara dikukus, songpyeon memiliki nuansa pinus yang berasal dari bahan bakar, pengukusan, aroma hingga hiasannya. Usut punya usut, makanan ini sering terhidang saat perayaan Chuseok, penasaran dengan rasanya? Jangan lewatkan makanan yang satu ini jika berkunjung ke Korea.

Kuliner-Khas-Korea
Sukjunamul-muchim

Yang selanjutnya yaitu Sukjunamul-muchin, kalau nokdu merujuk pada kacang hijau, maka sukju atau sukju namul adalah kecambah atau taoge. Dalam kuliner Korea, muchin merujuk pada masakah yang dibaluri dengan saus, berdasarkan dari tampilannya, hidangan yang satu ini sendiri seperti salad kecambang. Untuk bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu kecambang, soy sauce, daun bawang, minyak wijen, biji wijen, cabai kering dan garam. Rasanya sangat enak dan biasanya hidangan ini wajib ada di meja makan bagi masyarakat Korea, tidak hanya rasanya yang lezat, hidangan ini juga sehat dan cocok buat kamu yang ingin diet karena low kalori namun tinggi serat. Dari beberapa hidangan Korea Selatan berbahan kacang hijau yang sudah disebutkan, mana yang sudah pernah kamu cicipi dan mana yang paling menarik untuk dicicipi?

 

Most Popular