31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Foodie Kuliner Tradisional Sunda Dengan Bahan Dasar Singkong Yang Paling Lezat

Kuliner Tradisional Sunda Dengan Bahan Dasar Singkong Yang Paling Lezat

Kuliner tradisional Sunda selalu menarik perhatian untuk dicoba, ada banyak kuliner Sunda yang wajib kamu coba. Suku Sunda sendiri memang dikenal dengan kulinernya yang tidak kalah lezat dari kuliner khas Indonesia di daerah lain, Indonesia memiliki 34 provinsi dan beberapa daerah dengan bahasa yang beragam dan tentunya kuliner yang sangat beragam. Tak heran banyak wisatawan mancanegara yang senang dengan masakan Indonesia karena memiliki citarasa yang tinggi.

Seperti salah satunya kuliner Sunda yang memiliki rasa lezat, kuliner Sunda biasanya identik dengan singkong. Umbi umbian yang satu ini memang sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah dan juga mudah ditanam, singkong menjadi salah satu bahan favorit di Indonesia untuk dijadikan sebuah olahan makanan yang lezat. Di tanah Sunda sendiri singkong diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat, ada makanan manis, asin dan masih banyak lagi berbagai makanan lainnya dengan cita rasa yang lezat.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan bisa menjadi ide untuk berbisnis dibidang kuliner. Apa saja makanan Sunda yang menggunakan bahan dasar singkong?

Kuliner Tradisional Sunda Yang Menggunakan Singkong

Keripik Kaca

Keripik Kaca

Kuliner Sunda yang sangat populer ini menjadi cemilan favorit banyak orang, selain rasanya yang enak, cemilan yang satu ini juga mudah dibuat. Keripik kaca memiliki tekstur yang tipis, renyah dan memiliki berbagai jenis rasa, seperti rasa pedas asin, original, cabe ijo, pedas daun jeruk, rumput laut dan masih banyak rasa unik. Untuk harga dibanderol cukup murah, mulai dari 5000 hingga 15 ribu.

Keripik Singkong Pedas

Keripik Singkong Pedas

Kuliner tradisional Sunda yang paling populer ini berasal dari Bandung, siapa yang tidak kenal dengan keripik singkong super pedas yang dikenal dengan keripik Maicih. Bagi pecinta pedas tentunya sudah gak asing dengan kuliner yang satu ini bukan.

Opak

Kuliner tradisional Sunda

Opak menjadi makanan khas Sunda yang paling populer yang sangat cocok dimakan bersama nasi hangat dengan lauk sambal dan lauk pauk lainnya. Opak terbuat dari olahan singkong, kerupuk ini paling populer di Jawa barat dan biasanya menjadi oleh oleh khas Sunda.

Oyek

Kuliner tradisional Sunda

Kuliner tradisional Sunda yang satu ini dibuat dengan cara singkong di rebus, diuleni, dan diberi parutan kelapa. Rasa makanan ini bisa kamu olah menjadi makanan manis atau makanan asin, biasanya paling sering diolah menjadi makanan manis, dengan tambahan gula pasir atau gula merah.

Putri Noong

Kuliner tradisional Sunda

Kue yang memiliki warna warni ini pastinya menarik untuk dicicipi bukan? Putri noong menjadi salah satu kue yang paling populer di Jawa Barat, kue ini memiliki rasa yang sangat lezat. Luarnya kenyal dan dalamnya berisi pisang dengan taburan kelapa parut yang membuat rasanya kue ini gurih dan manis.

Getuk

Getuk

Selain putri noong yang diberi taburan kelapa, kuliner khas Sunda yang satu ini juga menjadi salah satu makanan yang paling populer dan mudah dibuat. Makanan ini terbuat dari olahan singkong asli tanpa bahan campuran tepung atau yang lainnya.

Combro

bro

Makanan Sunda yang satu ini sangat unik dan lezat, combro atau oncom di jero menjadi salah satu makanan yang paling enak dimakan pas musim hujan. Combro salah satu olahan singkong yang di dalamnya berisi oncom tumis pedas, biasanya combro di jual di pinggir jalan.

Misro

Kuliner tradisional Sunda

Kuliner tradisional Sunda yang satu ini menjadi pasangan dari comro, kalau comro berisi oncom pedas. Misro atau manis di jero memiliki rasa yang manis karena di dalamnya berisi gula merah cair, misro maupun combro memang paling pas kalau dimakan pas musim hujan tiba, hangat dan lezat, membuatnya juga cukup mudah.

Most Popular