31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Travel Kuliner Unik Malaysia Paling Lezat Yang Jarang Diketahui Wisatawan Mancanegara

Kuliner Unik Malaysia Paling Lezat Yang Jarang Diketahui Wisatawan Mancanegara

inajournal.com – Ada banyak kuliner unik Malaysia yang ternyata masih jarang diketahui wisatawan mancanegara, Malaysia merupakan salah satu Negara yang letaknya tidak jauh dari Indonesia. Gak heran kalau Negara tetangga ini memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia, mulai dari bahasa yang digunakan, tempat wisata yang hampir mirip, kebudayaan yang hampir mirip hingga urusan kuliner, Malaysia juga memiliki kuliner yang hampir sama dengan masakan nusantara. Jadi gak heran kalau kamu sedang berkunjung ke negeri Jiran ini kamu bisa menemukan banyak makanan Malaysia yang memiliki rasa tidak jauh berbeda dari Indonesia.

Malaysia juga memiliki berbagai kuliner yang tidak kalah lezat dari Negara lainnya, salah satu yang paling banyak digemari yaitu nasi lemak. Kuliner yang satu ini menjadi ikon Malaysia yang rasanya wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Malaysia, walaupun terbilang sangat sederhana, nasi lemak ini memiliki rasa yang sangat lezat sampai membuat wisatawan terngiang ngiang dengan rasanya. Dari sekian banyaknya kuliner khas Malaysia, ternyata ada beberapa kuliner Malaysia yang unik dan jarang sekali diketahui oleh wisatawan mancanegara.

Kuliner Unik Malaysia Yang Lezat Tapi Jarang Diketahui

1. Kuih Keria

Kuih Keria

Kue yang satu ini kalau di Indonesia mirip dengan kue gemblong yang di luarnya dilapisi dengan gula. Kuih keria ini menjadi salah satu makanan Malaysia yang lezat tapi sayangnya masih jarang orang yang mengetahui kue yang satu ini, permukaan luar kue ini diselimuti dengan gula bubuk yang manis, bentuknya bulat kecil dengan bolongan kecil di tengahnya mirip dengan donat. Kuih keria dibuat dengan bahan dasar tepung terigu dan ubi yang kemudian keduanya dikukus dan dilembutkan, barulah digoreng dan dilumuri dengan gula bubuk halus.

2. Ayam Masak Merah

Ayam Masak Merah

Kuliner unik Malaysia yang satu ini memiliki rasa yang lezat, tekstur ayam masak merah ini terbilang kental. Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama kamu goreng ayam terlebih dahulu kemudian dimasak bersama dengan bahan bahan yang lainnya seperti bumbu rempah, saus tomat dan santan, cita rasa dari ayam masak merah ini sendiri gurih, asam, dan pedas. Semakin nikmat kalau disantap dengan nasi hangat, penasaran ingin mencobanya?

3. Nasi Dagang

Nasi Dagang

Bagi warga Indonesia yang tinggal di Sumatera pastinya tidak asing dengan nasi dagang yang satu ini. Di Malaysia kuliner yang mengenyangkan ini sangat banyak digemari, sayangnya banyak turis yang tidak mengetahui makanan lezat yang satu ini, nasi dagang ini sebenarnya mirip dengan nasi uduk yang memiliki rasa gurih dan juga sama sama dimasak dengan santan. Lauknya sendiri terdiri dari kelapa panggang, acar, dan telur rebus.

4. Roti Tisu

Kuliner unik Malaysia

Kuliner unik Malaysia selanjutnya yaitu roti tisu, sudah pernah mendengarnya? Meskipun namanya roti tisu, tapi roti ini tidak terbuat dari lembaran tisu. Roti tisu sendiri masih sejenis dengan roti canai, hanya saja roti ini memiliki tekstur yang lebih tipis dari roti canai pada umumnya dan yang unik roti ini berbentuk kerucut, umumnya roti ini disajikan dengan kari. Tapi kini mulai banyak variasi yaitu bisa dengan perasa coklat, selai, gula bubuk, hingga es krim, cemilan ini sangat cocok dinikmati saat kamu sedang lelah sehabis beraktivitas.

5. Laksam

Kuliner unik Malaysia

Bagi orang Indonesia pasti tidak asing dengan tampilan makanan yang satu ini, kuliner unik dari Malaysia ini mirip dengan burgo, sama sama terbuat dari ikan dan tepung dan juga memiliki kuah kental yang berbahan dasar santan dengan campuran kaldu ikan. Yang membedakannya yaitu pelengkap dari laksam, sajian ini diberikan pelengkap seperti sambal, irisan timun dan irisan kacang panjang serta tauge, penasaran dengan rasanya? Jangan lupa cicipi laksam saat berkunjung ke Malaysia.

6. Bubur Lambuk

Bubur Lambuk

Kuliner unik Malaysia selanjutnya tidak banyak diketahui turis mancanegara karena bisanya olahan yang satu ini hadir saat bulan Ramadhan. Bubur lambuk sejenis dengan bubur nasi, namun dimasak dengan menggunakan berbagai macam rempah rempah serta kaldu daging sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan kuat serta memiliki rasa yang sangat lezat. Bubur lambuk dilengkapi dengan daging sapi yang dicincang, atau bisa juga ditambahkan potongan wortel sebagai pelengkap serta dain seledri untuk menambah rasa.

Most Popular