31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Travel Kunjungi Segera Eduwisata Unram Farming, Sangat Mengedukasi!

Kunjungi Segera Eduwisata Unram Farming, Sangat Mengedukasi!

Inajournal.com – Universitas Mataram merupakan salah satu universitas negeri dan terfavorit di Nusa Tenggara, salah satu fasilitas yang mereka tawarkan yaitu adanya kegiatan usaha tani yang menjunjung konsep edukasi dan wisata pertanian. Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga menghadirkan pertanian modern dan konvensional berupa rumah produksi sebagai tempat rekreasi sekaligus tempat belajar. Tujuan dibuatnya tempat wisata ini meningkatkan minat masyarakat dan kepedulian pada program zero waste, nama kegiatan usaha ini dinamai Eduwisata Unram Farming. Berikut ini alasan mengapa kamu wajib berkunjung ke sini!

Alasan Wajib Liburan Di Eduwisata Unram Farming

     1. Belajar Bertani

Yang pertama yaitu kamu bisa belajar bertani, Unar Farming sudah menyediakan teknisi ahli di bidang pertanian yang siap menjadi pemandu untuk semua pengunjung dari berbagai kalangan. Khusus untuk pelajar, baik TK/PAUD, SD, SMP, dan SMA sudah disediakan paket spesial untuk bisa dinikmati saat proses pembelajaran berlangsung.

Dalam kegiatan ini, telah ditanami lebih dari dua puluh jenis sayuran, termasuk padi merah, padi hitam, padi putih dan kacang tanah hasil penelitian para ahli pertanian Unram. Untuk mempermudah kegiatan belajar bertani, tenaga ahli juga sudah mengelompokkan masing-masing tanaman berdasarkan teknik budidayanya. Seperti hidroponik, hidroganik hingga tabulampot untuk sayur-sayuran, seperti selada, sawi hingga pakcoy.

Sedangkan tanaman yang berdampingan dengan ikan juga dikelompokan pada petak tersendiri, begitu juga dengan tanaman dengan teknik tabulampot, masing-masing tanaman akan diletakkan di tempat yang berbeda.

     2. Belajar Menerapkan Zero Waste Dari Rumah

Alasan mengapa kamu wajib berkunjung ke tempat wisata ini yang selanjutnya pengunjung bisa belajar menerapkan zero waste dari rumah. Kegiatan ini merupakan pelatihan memanfaatkan limbah dapur dari sampah rumah tangga menjadi pupuk hingga pestisida organic.

Harapannya, ini bisa mengurangi jumlah sampah organik yang terbuang secara percuma dan menerapkan pertanian organik dalam kehidupan sehari-hari, “pupuk limbah dapur ini juga kamu berikan pada pengunjung yang membeli tanaman kami untuk merawat tanaman mereka” ucap Saimil Hadi sebagai teknisi pertanian saat diwawancarai.

     3. Petik Sayur Segar Dari Lahan

Yang selanjutnya yaitu kamu bisa memetik sayuran segar dari lahan, dari kegiatan bertani dan pemanfaatan limbah organik tersebut, para pengunjung juga dapat membeli produk segar dan dapat dipetik secara langsung oleh para pembeli. Harga dari setiap komoditas bervariasi tergantung jenisnya dan relatif bersaing dengan harga di pasaran.

Akan tetapi yang jadi nilai plus yaitu pengelola dan teknisi pertanian di Unram Farming bisa menjamin kesehatan dari produk yang ditanam karena minim penggunaan pupuk kimia. Oleh karena itu, hasilnya akan lebih aman dan pastinya lebih terjamin untuk dikonsumsi, kamu bisa bebas membeli sayuran segar di sini.

     4. Berbagi Bersama Peneliti Pertanian

Alasan mengapa kamu wajib berkunjung ke Eduwista yang selanjutnya ada kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan. Pengunjung dapat bertanya langsung ke penelitiannya, hal ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengunjung dan ikut terlibat pada kegiatan penelitian.

Akan lebih menarik lagi jika pengunjung dapat mengikuti dari awal persiapan hingga panen dan penimbangan hasil penelitian. Dengan seperti itu, secara tidak langsung, pengunjung bisa mendapatkan pemahaman dari pada yang sudah diteliti oleh para peneliti. Dengan begitu kamu tidak hanya bisa melakukan kegiatan berbagi tapi juga mendapatkan banyak pengetahuan tambahan.

     5. Fasilitas Pengunjung

Di tempat wisata di Lombok Barat ini juga memiliki berbagai fasilitas pengunjung yang menarik di coba, untuk meningkatkan engagement tentunya pihak pengelola juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pengunjung. Fasilitas-fasilitas yang disediakan berupa tiket gratis masuk untuk seluruh kalangan, tempat pemancingan, dan pengadaan gazebo yang siap untuk pengunjung singgahi.

Di sini para pengunjung juga bisa menunggu hidangan datang atau menikmati suasana kebun yang hijau. Tidak hanya itu saja, ada juga kolam renang bagi anak-anak dan ada juga spot swafoto sekitar 3 hingga 5 titik. Dari sekian banyak keuntungan dari Eduwisata Unram Farming di atas, sayang sekali kalau tidak berkunjung ke sini, jika tertarik berkunjung kamu bisa berkunjung sendiri atau bersama dengan komunitasmu, jam operasionalnya mulai Senin-Sabtu pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Most Popular