31.6 C
Tangerang
Saturday, August 13, 2022
Home Health Lakukan 4 Kebiasaan Yang Bisa Cegah Gangguan Pendengaran Anda

Lakukan 4 Kebiasaan Yang Bisa Cegah Gangguan Pendengaran Anda

Telinga merupakan indra pendengaran yang dimiliki makhluk hidup seperti hewan dan manusia, anda bisa menyayangi telinga anda seperti menyayangi indera pada tubuh anda lainnya. Manusia normal seharusnya memiliki indra pendengaran yang sehat sejak lahir, karena fungsinya sangat membantu anda untuk mengetahui banyak hal. Namun bertambahnya usia manusia, banyak fungsi tubuh yang akan menurun dengan sendirinya, seperti halnya pendengaran yang akan berkurang. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda cegah gangguan pendengaran sejak dini. Jangan lakukan setelah parah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Cukup dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari saja yang menyehatkan pendengaran anda, bahkan tidak menutupi kemungkinan kebiasaan ini akan berdampak baik di kemudian hari. Justru banyak sekali kebiasaan yang seperti dibawah dengan dibiarkan begitu saja bisa menghinggapi kaum muda mudi yang memiliki masalah kesehatan dari pendengaran. Jangan sampai terlambat dan menyerang akan kesehatan pendengaran yang anda miliki, Caranya cukup dengan melakukan beberapa kebiasaan yang bisa menjaga telinga dari gangguan dari penurunan pendengaran yang anda miliki. Seperti di bawah ini penjelasannya!

Cegah Gangguan Pendengaran Anda Sebelum Terlambat

cegah gangguan pendengaran

Seperti yang sudah dijelaskan penjelasan diatas, tak perlu menunggu tua terlebih dahulu karena serangan gangguan pendengaran bisa saja menghinggapi kaum remaja. Selalu menyepelekan beberapa hal yang sering jadi kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan pendengaran. Ternyata bisa disebabkan karena masa bodoh atau anda lupa waktu saja. Gunakan indera pendengaran anda dengan baik dan jangan sembarangan, lebih baik dengan berhati-hati. Karena banyak sekali yang ingin memiliki pendengaran yang bagus. Jangan sampai terlambat untuk melakukan kebiasaan dibawah ini supaya pendengaran anda akan sehat sampai tua.

Jangan Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Sering sekali anda mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras. Tidak heran kalau ini bisa jadi pemicu adanya gangguan pendengaran telinga yang akan anda alami. Cegah gangguan pendengaran dengan tidak mendengarkan musik yang terlalu keras. Volume lebih dari 60 persen merupakan rekomendasi mendengarkan musik dari National Health Service (NHS)

Jangan Menggunakan Earphone Selama Lebih Dari Satu Jam

Kebiasaan yang sangat asyik yaitu mendengarkan lagu favorit dengan menggunakan earphone. Terlalu keasyikan dan melupakan waktu akhirnya anda mendengarkan musik bisa lebih dari satu jam. Berilah minimal 5 menit untuk tidak menggunakan earphone terlebih dahulu.

Rutin Bersihkan Kotoran Telinga

Kotoran yang menumpuk ternyata merupakan salah satu faktor utama untuk anda mengalami gangguan atau penurunan fungsi pendengaran. Mencoba untuk mencegahnya dengan membersihkan kotoran telinga dengan alat khusus. Jangan gunakan alat tajam dikhawatirkan akan melukai gendang telinga. Gunakan trik membersihkan telinga dengan baik dan benar. Penumpukkan kotoran telinga jika di dorong terlalu keras akan berbahaya pada pendengaran anda dan terlalu keras mengoreknya akan memberikan efek iritasi saja pada telinga anda.

Periksa Diri Ke Spesialis THT

Supaya cegah gangguan pendengaran dengan cara yang maksimal, anda bisa mencoba untuk memeriksakan diri ke Dokter spesialis Tenggorokan Hidung dan Telinga (THT). Ada beberapa gejala seperti anda kesulitan mendengar percakapan, telinga terasa berdengung, merupakan gejala yang harus anda atasi ke dokter THT. Sayangi telinga dan seperti kamu menyayangi Orang tubuh anda yang lainnya. Tidak perlu menunggu gejala tersebut anda rasakan, untuk kali ini sebelum anda mengalami gejalanya pun bisa menyengajakan diri untuk periksa kesehatan pendengaran anda.

Most Popular