31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Lifestyle Lakukan Dari Sekarang! Cara Mencegah Penyakit Jantung

Lakukan Dari Sekarang! Cara Mencegah Penyakit Jantung

Sebelum terlambat, kamu melakukan cara mencegah penyakit jantung sejak dini, penyakit jantung adalah pembunuh utama di berbagai Negara di dunia. Bahkan penyakit jantung disebut silent killer, menurut data yang terhitung sejak tahun 2016 masalah jantung akan menyebabkan lebih dari 17,6 juta kematian di seluruh dunia dan diperkirakan penyakit jantung akan membunuh lebih dari 23,6 juta nyawa pada tahun 2030 mendatang. Ada banyak faktor penyakit jantung yang perlu kamu waspadai, tidak hanya usia saja yang menjadi faktor dari penyakit jantung.

Selain itu faktor keturunan juga bisa memungkinkan seseorang terserang penyakit jantung, bagi kamu yang masih malas berolahraga, hati hati hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung. Maka dari itu mengapa olahraga sangat penting, tak hanya membakar kalori namun juga untuk kesehatan organ tubuh lainnya, selain olahraga juga perlu dimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kurangi makanan seperti junk food atau yang mengandung garam dan lemak tinggi. Pola hidup menjadi faktor terbesar meningkatnya resiko penyakit jantung, terlebih lagi bagi anak muda jaman sekarang yang sangat senang mengkonsumsi makanan cepat saji.

Bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsinya, hanya saja kamu harus membatasi konsumsi lemak dan garam dengan jumlah yang normal. Tak perlu khawatir dengan penyakit mematikan ini, masih ada cara untuk mencegahnya sebelum semuanya terlambat, berikut ini cara mencegah resiko terserang penyakit jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Yang Wajib Kamu Lakukan

Cara mencegah penyakit jantung

Mengontrol Tekanan Darah

Untuk mencegah penyakit jantung kamu perlu mengontrol tekanan darah secara rutin, tahukah kamu tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko utama penyakit jantung. Hipertensi atau yang dijuluki sebagai silent killer ini dapat menyebabkan serangan jantung, maka dari itu sangat penting untuk mengubah gaya hidup, pola makan, dan rutin berolahraga serta sering memeriksakan tekanan darah, selain itu hipertensi juga dapat memicu gagal jantung, penyakit jantung iskemik dan juga penebalan otot jantung yang berlebihan. beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah yaitu pisang, kiwi, mentimun semangka dan dengan mengurangi makanan yang terlalu asin.

Tidur Yang Cukup

Cara mencegah penyakit jantung selanjutnya dengan tidur yang cukup, jika kamu kekurangan tidur ternyata dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti memicu hipertensi, menyebabkan berat badan bertambah, membuat kita jadi pelupa, meningkatkan risiko depresi, mengurangi hasrat seks, bahkan bisa mengakibatkan diabetes, stroke dan penyakit jantung.

Maka dari itu mengapa sangat penting bagi semua orang untuk tidur selama 7 hingga 8 jam dalam sehari untuk mengembalikan energi dan memberikan kesempatan untuk sel sel tubuh untuk memperbaiki diri, maka dari itu mengapa sangat berbahaya kalau sering begadang. Menurut sebuah penelitian, orang orang yang tidur selama 6 9 jam per malam memiliki risiko yang rendah terkena serangan jantung dibanding orang yang jam tidurnya sangat sedikit.

Mengontrol Stres

Siapa sangka kalau kebanyakan penyakit datang dari stres seperti tekanan darah tinggi, irama jantung abnormal, penyakit jantung dan stroke. Tak hanya itu saja, namun stres juga ternyata dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi, kecemasan hingga gangguan kepribadian, orang yang sedang stres cenderung tidak akan memperhatikan kesehatan diri sendiri. Orang yang sedang mengalami stres akan berperilaku sembrono, seperti makan berlebihan, minum minuman keras, kurang berolahraga dan kurang tidur, dan jika sudah memasuki stres yang ekstrem bisa memicu serangan jantung, maka dari sangat penting untuk mengelola stres.

Menjaga Kolesterol

Cara mencegah penyakit jantung ada baiknya kamu jaga kadar kolesterol pada tubuh kamu. Karena faktanya kadar kolesterol yang tinggi ada keterkaitan dengan resiko penyakit jantung. Jika kadar kolesterol meninggi ,dapat mengganggu penyumbatan pada arteri dan arteri semakin menyempit yang mengakibatkan darah yang mengalir ke otot jantung pun terhambat karena penyempitan arteri tersebut dan akan terjadi peningkatan resiko penyakit arteri koroner dan juga resiko serangan jantung. Untuk mengurangi resiko tersebut maka kamu harus mengubah gaya hidup kamu.

Makan Makanan Yang Sehat

Makan makanan yang sehat sudah sepatutnya dijaga Demi kesehatan tubuh kita. Dan kunci kesehatan adalah makanan. Namun tidak Sembarang makanan. Tentunya mengkonsumsi makanan yang menyehatkan seperti contoh sayuran hijau seperti sawi dan Bayam yang banyak mengandung vitamin K dan nitrat dan juga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Vitamin k dan nitrat yang terkandung pada sayuran hijau seperti bayam dan sawi dapat membantu meminimalisir tekanan Darah serta mengacu peningkatan fungsi arteri.

Selain sayuran hijau, agar jantung kita tetap terjaga dari penyakit, kamu bisa mengkonsumsi gandum. Karena kandungan serat pada gandum sangat tinggi dan juga mengurangi LDL. Ada pula makanan lainnya seperti buah beri yang juga dapat melindungi kamu dari resiko penyakit jantung, karena buah beri memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang fungsinya selain melindungi jantung juga dapat melindungi dari stres. Selain mengkonsumsi makanan sehat, tak lupa pula kamu wajib hindari mengkonsumsi makanan junk food, makanan yang berminyak,permen, soda, dan minum-minuman manis

 

Most Popular