31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Lifestyle Lakukan Ini Biar Harmonis Terus! Manfaat Cuddling Dengan Pasangan

Lakukan Ini Biar Harmonis Terus! Manfaat Cuddling Dengan Pasangan

Ada banyak manfaat cuddling yang bisa kamu rasakan jika rutin melakukannya dengan pasangan kamu, cuddling sendiri sebagai salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh rileks. Cuddling memiliki arti berpelukan erat sebagai cara menunjukan rasa cinta atau kasih sayang, lalu apa bedanya pelukan biasa dengan cuddling? Biasanya cuddling dilakukan sambil tiduran atau bersandar dan bersantai, selain itu durasinya pun berbeda. Kalau pelukan hanya berlangsung sesaat saja, tapi kalau cuddling biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup lama, bahkan bisa berjam jam atau semalaman.

Cuddling mendatangkan rasa nyaman dan membuat tubuh rileks, mendekap tubuh seseorang memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Tidak hanya membuat nyaman satu sama lain, namun juga ada banyak manfaat lainnya, kamu bisa melakukan cuddling dengan pasangan kamu agar hubungan semakin harmonis dan tetap lengket satu sama lain. Apa saja manfaat sering melakukan cuddling? Berikut ini manfaat yang bisa kamu rasakan.

Manfaat Cuddling Dengan Pasangan Jika Sering Dilakukan

Manfaat cuddling
1. Mendorong Produksi Hormon “Rasa Senang”

Rasa nyaman dan senang yang timbul saat melakukan cuddling karena saat kita mendekap seseorang, otak memproduksi hormon ‘rasa senang’ yaitu oksitosin. Tak hanya itu saja, oksitosin merupakan akar dari berbagai manfaat cuddling.

2. Meningkatkan Kinerja Sistem Imun

Manfaat cuddling tidak hanya memproduksi hormone senang saja, tidak hanya oksitosin saja. Ketika kamu melakukan cuddling tubuh juga akan memproduksi hormone serotonin, keduanya berperan dalam memunculkan perasaan bahagia, keduanya dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. Menurut studi dari universitas Amerika Serikat menemukan fakta bahwa orang yang sering cuddling akan lebih rendah resiko untuk terserang flu dan biasanya hanya mengalami gejala ringan saja, hal ini disebabkan sistem imun tubuh bekerja dengan lebih maksimal.

3. Meredakan Rasa Sakit Dan Nyeri

Kegunaan dari oksitosin tidak sampai situ saja, hormone tersebut juga berperan besar dalam meredakan sakit dan nyeri yang sedang kamu rasakan. Hormone tersebut bekerja dengan cara memblokir sinyal sakit yang menuju ke otak, sentuhan ringan saja sebenarnya sudah mengeluarkan hormone tersebut bagaimana jika sentuhan pada seluruh tubuh. Saat kamu merasa lelah, kamu bisa melakukan cuddling dengan pasangan untuk menghilangkan rasa lelah, nyeri , kram perut dan lainnya.

4. Meredakan Stress

Manfaat cuddling selanjutnya dapat meredakan stress, saat kamu cuddling dengan pasangan kamu pastinya kamu merasa nyaman, bahagia, rileks. Hal ini yang mampu meredakan stress kamu, hormone tersebut merupakan obat alami untuk kecemasan yang sedang kamu rasakan.

5. Mempererat Hubungan Dengan Pasangan

Nama lain dari hormone oksitosin adalah hormone cinta, dengan kamu melakukan cuddling bersama pasangan kamu mampu membangkitkan rasa cinta kepada pasangan kamu. Cuddling disarankan untuk dilakukan setelah berhubungan seks agar meningkatkan kepuasan kedua belah pihak, jadi hubungan kamu dan pasangan makin awet, dan romantis.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat cuddling yang selanjutnya ternyata meningkatkan kesehatan jantung, menurut penelitian pelukan sebagai salah satu cara mudah untuk melindungi jantung dari berbagai macam penyakit. Hal ini Karena dengan sentuhan fisik dari orang yang spesial dapat menurunkan tekanan darah,jika tekanan darah sehat menjadi salah satu kunci penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

7. Membuat Tidur Kamu Lebih Nyenyak

Kebanyakan orang merasa tidur lebih nyenyak setelah melakukan cuddling, dekapan orang spesial di hidup kamu membuat kamu lebih tenang, merasa aman dan santai. Dan tidak lama kemudian hormone melatonin akan merangsang rasa ngantuk di otak kamu, sehingga kamu lebih mudah tidur dan merasa sangat nyenyak.

8. Untuk Jomblo

Cuddling tidak harus untuk pasangan, lalu bagaimana untuk yang tidak memiliki pasangan? Kamu bisa melakukan cuddling dengan hewan peliharaan yang kamu miliki, menurut psikologi dengan cara memeluk benda mati atau hewan peliharaan kamu bisa merasakan manfaat yang sama walaupun tidak sebesar cuddling dengan pasangan.

Most Popular