31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Lifestyle Lindungi Diri! Inilah Tips Penting Cegah Pelecehan Seksual!

Lindungi Diri! Inilah Tips Penting Cegah Pelecehan Seksual!

Inajournal.com – Pelecehan seksual adalah sesuatu hal yang sangat sering terjadi dan itu adalah tindakan kejahatan untuk para perempuan dan para pria. Saat ini rasanya sulit bisa menemukan tempat yang aman demi menghindari pelecehan seksual tersebut sehingga marak berita pelecehan seksual dilakukan di kendaraan umum seperti di angkot, kereta dan kendaraan lainnya. Maka dari itu kamu perlu menerapkan tips cegah pelecehan seksual ketika berada di kendaraan umum.

Tindakan yang melampaui moralitas manusia ini seakan mengancam semua orang tanpa memandang gender hingga batas usia dan gilanya lagi justru tidak memilih tempat Sebab terjadi institusi pendidikan hingga rumah ibadah sekalipun. Lokasi paling sering terjadi tindakan pelecehan itu sendiri yakni di kendaraan umum, tidak terhitung lagi bentuk dan modus pelecehannya yang terjadi sehingga menjadi sebuah pembelajaran untuk bisa terus merasakan waspada. Khusus untuk kamu para perempuan dengan mayoritasnya menjadi objek pelecehan, maka perlu menjaga diri dengan ekstrak lagi yakni dengan sederet tips berikut.

Tips Cegah Pelecehan Seksual yang Perlu Diterapkan Ketika di Kendaraan Umum

     1. Gunakan Gerbong Khusus Wanita di KRL

Sangat banyak jenis kendaraan umum di tanah air ini, seperti Commuter Line atau KRL. Sejatinya KRL ini berikan penawaran untuk para penggunannya, khususnya bagi para wanita yang bisa cegah tindakan pelecehan di kendaraan umum.

Tips cegah pelecehan seksual saat di KRL, kamu bisa gunakan gerbong khusus wanita. Hal ini tentu saja menjadi pilihan terbaik saat berkendara, jadi kalau kamu memilih gerbong khusus untuk wanita bisa buat perjalanan menggunakan KRL dengan aman dan nyaman sekali.

     2. Kurangi Gunakan Ponsel di Kendaraan

Saat sedang menaiki kendaraan perlu fokus supaya bisa menghindari tindakan kejahatan seperti pelecehan seksual seperti itu. Jika diperhatikan dari kebiasaan masyarakat menaiki transportasi umum, salah satu sering terlihat yakni selalu memainkan ponsel di kendaraan.

Justru momen ini merupakan kesempatan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk bisa melancarkan aksi kejinya itu. Hal ini merupakan alasan mengapa tidak sedikit korban tidak menyadarinya karena kebanyakan yang sedang asik bermain ponsel dan ada kebanyakan yang dilecehkan saat sedang tertidur di kendaraan umum

     3. Tidak Lupa Bawa Alat Pertahanan Diri

Bagi para perempuan yang sering menggunakan kendaraan umum apalagi di malam hari dan membawa alat pertahanan diri yang begitu penting. Sebetulnya alat pertahanan diri yang diperlukan bukan lagi sesuatu hal yang repot, antara itu pisaunya atau alat tajam yang lain. Namun kamu bisa bawa alat lebih mudah yang tidak terlihat hanya sebagai alat pertahanan diri.

Misalnya seperti semprotan parfum, semprotan lada atau hal lainnya yang bisa terkena area tubuh. Apalagi mata bisa sebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Caranya lebih efektif ternyata untuk cegah segala tindakan kejahatan seperti pelecehan seksual sampai kamu bisa atasi sendiri sampai menemukan bantuan.

     4. Catat Nomor Penting Petugas Kereta

Ada juga kejadian pelecehan yang terjadi di kereta jarak jauh antar kota dan melibatkan perempuan sebagai korbannya. Khusus untuk para wanita yang sering gunakan transportasi secara umum antar kota ada baiknya catat nomor penting dari petugas kereta atau petugas kendaraan umum lainnya. Kamu bisa melaporkan dengan mudah, namun buktinya sangat kuat untuk kemudian menangkap pelaku. Mudah bukan untuk terapkan tips satu ini?

     5. Waspadai Gerakan Penumpang Lain

Saat menaiki kendaraan umum, kamu akan disarankan untuk mewaspadai dan tetap bisa terjaga. Cara satu ini juga penting untuk berikan pergerakan penumpang yang berada di sekitar kamu, bahkan terkadang gerak-gerik pelecehan hingga tindak kejahatan lainnya dari pelakunya ini bisa kamu amati secara jelas.

Kemudian hal itu menjaga keamanan dari pelecehan seksual namun kamu juga bisa jaga keselamatan para penumpang yang lainnya dari tindakan seperti itu. Dengan begitu pula kamu bisa jadi ikut bersuara dan bisa menolong para penumpang jika mereka yang menerima tindakan amat tidak menyenangkan. Bagaimana, kamu ingin terapkan tips cegah pelecehan seksual ketika berada di kendaraan umum yang mana saja?

Most Popular