31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Foodie Makanan Asli Indonesia Yang Populer Di Luar Negeri

Makanan Asli Indonesia Yang Populer Di Luar Negeri

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak sekali kekayaan yang bahkan jarang ditemukan di negara lain. Baik itu kekayaan alamnya sampai kekayaan rempah-rempah eksotis. Dengan melimpahnya kekayaan rempah milik Indonesia akhirnya menciptakan banyak sekali makanan asli Indonesia dengan cita rasa yang sempurna. Namun sangat disayangkan, makanan tersebut justru lebih populer di luar negeri.

Dengan adanya perkembangan dan pengaruh masakan luar negeri yang semakin kencang, membuat popularitas makanan asli dari Indonesia juga semakin menurun. Bahkan, banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum mengenal dan mengetahui masakan khas Indonesia sendiri. Tidak hanya itu, yang lebih ironisnya lagi adalah ketika makanan khas tanah air justru malah lebih populer di negara lain. Yuk, lihat beberapa makanan khas Indonesia yang lebih hits di luar negeri.

Beberapa Makanan Asli Indonesia Yang Viral Di Negara Lain

Gado-Gado

Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan asli Indonesia khas Betawi yang memiliki arti “campur-campur”. Makanan ini sangat sering dikonsumsi dengan tambahan bumbu kacang dan lontong. Gado-gado ini biasanya dijadikan makanan andalan oleh para vegetarian. Namun belakangan ini, popularitas gado-gado semakin menurun karena adanya alternatif bahan masakan vegetarian lain yang lebih mengenyangkan. Sedari beberapa tahun yang lalu, gado-gado ini menjadi salah satu makanan populer di negara lain termasuk Australia.

Gudeg

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang memiliki rasa yang sangat unik. Gudeg sendiri merupakan campuran buah nangka muda dengan bahan-bahan pedas lainnya, seperti bawang merah, ketumbar, bawang putih dan juga merica. Gudeg juga memiliki beberapa varian, seperti gudeg Solo, gudeg basah dan juga gudeg Purwokerto. Siapa sangka, Gudeg ini juga sering diajukan ke kompetisi makanan seputar Asia maupun Internasional. Bahkan banyak sekali situs-situs luar negeri yang menyebarkan resep gudeg.

Nasi Padang

Nasi Padang

Orang Indonesia siapa sih yang tidak kenal Makanan asli Indonesia nasi Padang? Meskipun ini makanan asal Sumatera Barat namun tetap saja menjadi makanan populer. Akan tetapi, ketenaran nasi Padang di Indonesia sudah mulai tersusul oleh negara-negara lain, khususnya adalah negara-negara di Eropa. Saking terkenalnya, di Belanda ada yang menjual nasi Padang dengan harga Rp. 180.000. Jika anda ingin lebih mengenal nasi Padang maka anda bisa mengunjungi kota Semarang yang terkenal dengan restoran-restoran Padang terenak di Indonesia.

Rendang

Makanan Asli Indonesia

Makanan asli Indonesia khas Minangkabau ini tengah ramai diperbincangkan oleh para turis yaitu rendang. Bagi anda yang belum tahu, rendang adalah daging sapi yang dimasak dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas seperti kunyit, serai, pekak, kembang lawang dan dilengkapi dengan santan. Dengan rasanya yang sangat khas, membuat rendang menarik perhatian baik di negara Indonesia dan negara lain. Saat ini, rendang tengah menjadi makanan paling umum di Amerika Serikat. Rendang juga pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia pada tahun 2011.

Bika Ambon

Makanan Asli Indonesia

Selain menu masakan utama, Indonesia juga sangat unggul dalam makanan manis pencuci mulutnya, salah satunya adalah Bika Ambon. Makanan Asli Indonesia ini berasal dari kota Medan dan saat ini sedang viral di kuliner dunia. Popularitas bika Ambon ini tidak terlalu meningkat atau menurun semenjak banyaknya makanan manis luar negeri yang masuk ke tanah air. Bahkan ada beberapa anak mudah yang hanya pernah mendengar tentang bika Ambon tetapi tidak pernah mencicipinya. Di negara lain, bika Ambon cukup terkenal sebagai makanan penutup sehari-hari.

Most Popular