31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 10, 2022
Home Foodie Makanan Khas Jawa Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba Bagi Kamu Yang Sedang...

Makanan Khas Jawa Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba Bagi Kamu Yang Sedang Jalan Jalan!

Indonesia memiliki banyak kota dan hampir di setiap kota pasti memiliki ciri khas makanan tradisional yang unik dan berbeda. Salah satunya adalah Makanan Khas Jawa yang begitu lezat dan menggugah selera. Rasanya liburan anda tidak akan lengkap jika tidak berkunjung pada beberapa pusat kuliner di pulau Jawa. Ada beberapa makanan berat yang bisa anda konsumsi disana dan makanan ringan yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Makanan tradisional Jawa ini sangat terkenal dikalangan turis lokal maupun mancanegara. Biasanya makanan tradisional khas Jawa ini memiliki rasa manis, pedas dan ada juga yang memiliki rasa dari perpaduan semuanya. Untuk anda yang belum pernah mencobanya, tidak ada salahnya kalau anda mengeksplor semua makanan tradisional Jawa yang ada. Berikut ini ada beberapa makanan tradisional Jawa yang sangat terkenal.

Beberapa Makanan Khas Jawa Yang Wajib Anda Coba

Gudeg

Makanan Khas Jawa

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal. Hampir di semua sudut kota anda bisa menemukan penjual gudeg. Gudeg ini sendiri terbuat dari buah nangka mudah yang dimasak dengan santan dan gula serta daun dan akan menghasilkan warna coklat. Untuk memasak gudeg ini membutuhkan waktu berjam-jam sampai masakan meresap sempurna. Gudeg ini juga biasanya disajikan bersama dengan sayur krecek, telur bacem, tahu, ayam kampung dan santan kental.

Gethuk

Gethuk

Gethuk merupakan makanan khas jawa tradisional yang terbuat dari singkong. Gethuk memiliki tekstur yang lembut di mulut dan penyajiannya yang bermacam-macam warna. Biasanya gethuk ini paling banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gethuk ini biasanya terbuat dari singkong atau ketela rebus yang dihaluskan dan diberikan beberapa warna menarik. Selain itu, penyajiannya pun dilengkapi dengan kelapa parut yang sudah dikukus.

Lumpia Semarang

Makanan Khas Jawa

Jika anda sedang berkunjung ke kota Semarang maka anda wajib sekali mencicipi makanan tradisional ini, yaitu lumpia. Lumpia sendiri terbuat dari lapisan gandum sebagai kulitnya dan berisikan sayuran serta campuran daging ayam. Pada umumnya, lumpia Semarang ini berisikan sayur rebung. Lumpia ini memiliki dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Yang membedakan keduanya hanya terletak pada kulit lapisan gandumnya saja.

Nasi Liwet

Nasi Liwet

Makanan khas jawa Nasi liwet ini tidak hanya bisa anda temukan di Jawa Barat saja, tetapi di Solo juga ada penjual nasi liwet ini. Nasi ini disajikan dengan potongan ayam yang sangat gurih dan didampingi oleh sayur labu siam. Untuk cara memasaknya sendiri sebenarnya hampir sama dengan nasi uduk. Jika anda berkunjung ke Jawa Barat atau Solo maka anda harus mencicipi makanan merakyat yang satu ini.

Rujak Cingur

Rujak Cingur

Rusak sangat identik dengan buah-buahan bukan? Berbeda dengan di Jawa Timur karena ada masakan tradisional yang bernama rujak cingur. Rucak cingur ini disajikan dengan irisan mulut sapi yang direbus dan beragam bahan lain, seperti bengkoang, nanas, mangga muda, tahu, tempe, lontong, kangkung, kacang panjang dan toge. Semua bahan tersebut akhirnya disiram dengan bumbu dari olahan petis udah, bawang goreng, kacang tanah, cabai dan masih banyak lagi.

Pecel Madiun

Pecel Madiun

Makanan Khas Jawa yang terakhir adalah Pecel Madiun yang biasa juga dijumpai pada beberapa daerah Jawa. Jika anda berkunjung ke kota Madiun maka anda wajib sekali mencicipi kuliner yang satu ini. Meskipun terlihat seperti pecel pada umumnya, pecel Madiun ini istimewa dengan penambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya sehingga memberikan aroma dan rasa yang lebih khas. Pecel Madiun ini bisa anda nikmati pada saat sarapan, makan siang atau makan malam.

Most Popular