31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 17, 2022
Home Foodie Makanan Khas Sunda Yang Sangat Menggugah Selera Semua Orang Indonesia!

Makanan Khas Sunda Yang Sangat Menggugah Selera Semua Orang Indonesia!

Kuliner nusantara memang memiliki pesonanya tersendiri dan tidak pernah ada habisnya. Indonesia sendiri memiliki makanan khas dari beberapa daerah yang sangat lezat dan kaya akan rempah-rempah khas. Salah satu yang wajib anda coba adalah Makanan Khas Sunda. Sunda merupakan suku yang menempati bagian Barat pulau Jawa. Kuliner khas Sunda juga berhasil menarik perhatian banyak wisatawan.

Makanan ini memiliki ciri khas rasa yang otentik, lezat dan pastinya akan membuat siapa saja tergiur ketika melihatnya. Bagi anda orang Sunda asli tentu sudah sangat familiar dengan makanan-makanan dibawah ini atau bahkan sering anda konsumsi. Daripada semakin penasaran, berikut ini ada beberapa makanan khas suku Sunda yang rasanya mampu membuat anda tergiur.

Beberapa Makanan Khas Sunda Yang Sangat Populer

Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Sunda

Mungkin sebagian orang masih asing ketika mendengar nama makanan yang satu ini. Hidangan ini berasal dari kota Tasikmalaya dan juga merupakan campuran dari nasi dan juga olahan kedelai alias oncom. Tidak sedikit beberapa restoran juga menyajikan Nasi Tutug Oncom ini dengan tambahan lauk, seperti ikan asin, daun pisang, jeruk nipis atau tempe goreng. Yang membuat makanan ini unik adalah bahan dari sausnya sendiri yang terbuat dari sambal hijau, sehingga rasanya semakin unik.

Bakakak Hayam

Bakakak Hayam

Makanan khas Sunda Bakakak Hayam merupakan salah satu masakah khas suku Sunda yang sangat unik. Meskipun kuliner ini masih terbilang cukup baru jika dilihat dari cara penyajiannya. Pada umumnya Bakakak Hayam ini dibuat dengan menggunakan bagian ayam dada yang dibelah hingga terbuka dan kemudian ditusuk sampai membentuk sebuah bakakak. Selain itu, cara memasaknya juga cukup menarik, yaitu ada yang digoreng dan ada juga yang dibakar.

Soto Mie

Soto Mie

Soto Mie merupakan salah satu makanan yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Dimanapun kotanya, anda pasti dapat dengan mudah menemukan kudapan ini. Soto mie sendiri merupakan salah satu makanan khas suku Sunda yang menyajikan mie dengan kuah kaldu yang cukup kental. Pada umumnya, soto mie dibuat dengan menggunakan bahan tambahan, yaitu tauge dan kacang kedelai goreng untuk menambahkan sedikit rasa manis di dalamnya.

Sate Maranggi

Sate Maranggi

Makanan khas Sunda yang satu ini sudah sangat terkenal sampai ke mata dunia. Sate Maranggi memiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan daging sapi atau ayam yang sebenarnya mempunyai asal usul tersendiri yang cukup menarik. Pada awalnya, Sate Maranggi ini merupakan makanan asing dari para pendatang China yang tinggal di Indonesia. Pada awalnya juga mereka menggunakan daging babi bukan sapi atau ayam. Makanan ini memiliki citarasa yang sangat kuat apabila cara memasak dagingnya di rendam oleh bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar.

Geco

Geco

Geco merupakan salah satu kuliner Sunda yang terbuat dari tauge tauco. Sesuai dengan namanya, makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Ciganjur. Kuliner khas ini menggunakan bahan dasar tauge yang kemudian disiram dengan kuah tauco. Untuk melengkapinya, Geco dihidangkan bersama dengan irisan ketupat, kentang, tahu, telur dan juga cuka lahang yang terbuat dari nira (panganan khas Sunda).

Combro

Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda yang terakhir ini adalah combro atau kata singkat dari “oncom di jero” atau dalam bahasa Jawa adalah oncom di dalam. Makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan dasar singkong. Sesuai dengan namanya, Combro dibuat dari serpihan singkong dan berisikan oncom. Combro dibuat dengan bawang merah dan bawang putih, serta ditambahkan dengan cabe rawit dan cabe merah. Perpaduan bahan dan bumbu tersebut membuat Combro memiliki rasa pedas dan manis.

Most Popular