31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Foodie Makanan Legendaris Dari Betawi Yang Sangat Laris Dan Memiliki Rasa Lezat

Makanan Legendaris Dari Betawi Yang Sangat Laris Dan Memiliki Rasa Lezat

Makanan legendaris dari Betawi terkenal memiliki rasa yang sangat lezat, bahkan sudah hampir puluhan tahun makanan legendaris ini masih ada sampai saat ini. Indonesia jika urusan kuliner memang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, semua orang tentunya setuju masakan Indonesia memiliki rasa yang kuat karena menggunakan berbagai macam rempah rempah asli Indonesia yang menghasilkan makanan bercita rasa tinggi.

Kekayaan kuliner Indonesia tak perlu dipertanyakan lagi, setiap masakan memiliki rasa yang berbeda dan khas. Resep resep masakan Indonesia sudah diturunkan nenek moyang yang masih dilestarikan sampai saat ini, sehingga rasanya tetap sama dari dulu hingga sekarang. Masakan legendaris Indonesia cukup banyak dan semua masakan memiliki rasa yang nikmat, seperti salah satunya masakan Betawi.

Mendengar Betawi yang terlintas di pikiran kamu pasti kerak telor yang memang sudah terkenal berasal dari Jakarta. Namun tak hanya itu, ada banyak makanan Betawi yang sudah populer sejak puluhan tahun silam dan masih dilestarikan hingga saat ini. Untuk urusan rasa pun jangan diragukan, sudah pasti akan menggoyang lidah kamu, berikut ini beberapa rekomendasi makanan Betawi yang sudah ada sejak lama hingga kini masih mudah dijumpai.

Makanan Legendaris Dari Betawi Yang Ada Sejak Puluhan Tahun

1. Kerak Telor

Makanan Legendaris Dari Betawi
Siapa yang tidak mengenal kerak telor makanan khas Betawi yang satu ini, sudah ada sejak tahun 1970-an biasanya kerak telor disajikan untuk pesta besar. Namun sekarang sudah dapat dengan mudah ditemui dimanapun, kerak telor terbuat dari campuran ketan, telur, dan ebis.

2. Asinan Khas Betawi

Asinan Khas Betawi
Beberapa daerah memiliki asinan khasnya masing masing, termasuk makanan legendaris dari Betawi yang satu ini. Asinan Betawi menggunakan sayur sayuran sebagai bahan utama, dan setelah itu disiram dengan campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai, serta kerupuk agar rasanya semakin nikmat.

3. Nasi Ulam Betawi

Nasi Ulam Betawi
Nasi yang berasal dari Betawi ini memiliki dua jenis, ada yang basah dan ada yang kering. Nasi ini dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia, lalu dilengkapi dengan sayuran dan lauk pauk seperti tempe, tahu, telur dan laut lainnya.

4. Ketoprak

Ketoprak
Untuk makanan yang satu ini sudah sangat mudah ditemui, ketoprak sudah ada sejak lama. Hingga sekarang ini masih sangat mudah ditemui di pinggir jalan atau restoran, bahan yang digunakan menggunakan tahu, bihun, taoge, saus kacang dan tambahan kerupuk, biasanya ada yang menggunakan telur dadar untuk tambahan.

5. Semur Jengkol

Makanan Legendaris Dari Betawi
Makanan tradisional Betawi yang satu ini sebagian orang menyukainya sebagian orang justru eneg mencium baunya. Siapa pecinta jengkol? Jika kamu pecinta jengkol tentunya tahu nikmatnya rasa dari semur jengkol, semur jengkol ini dibuat dengan jengkol yang direbus hingga empuk dan bumbu rempah yang membuat rasanya semakin lezat.

6. Soto Betawi

Soto Betawi
Soto betawi berbeda dengan soto pada umumnya, soto yang satu ini menggunakan jeroan sebagai bahan utamanya. Kuahnya terbuat dari campuran santan dan susu, membuat rasanya gurih dan lezat karena terdiri dari berbagai macam rempah rempah pilihan.

7. Bubur Ase

Bubur Ase
Bubur ayam mungkin sudah sangat umum dan mudah ditemui, berbeda dengan bubur ase yang berasal dari Betawi ini. Bubur ini menggunakan kombinasi asinan dan semur jengkol, tapi sayangnya Bubur Ase ini sekarang sudah sulit ditemui.

Most Popular