31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Makanan Pencegah Kanker Serviks Yang Wajib Dikonsumsi Para Wanita

Makanan Pencegah Kanker Serviks Yang Wajib Dikonsumsi Para Wanita

inajournal.com – Makanan pencegah kanker serviks sangat penting dikonsumsi setiap hari oleh para wanita, kanker serviks sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh wanita dan menjadi salah satu penyakit yang paling dihindari. Dahulu kanker serviks merupakan ancaman terbesar bagi para perempuan, ada beberapa faktor yang menyebabkan kanker serviks ini terjadi, salah satunya yaitu merokok, berat badan berlebih, kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran, mengkonsumsi obat pencegah keguguran dalam masa hamil, melahirkan dibawah usia 17 tahun dan bisa juga karena faktor genetik.

Meskipun menjadi ancaman bagi banyak wanita, tetapi usaha pencegahan dan pengobatan sudah membantu menurunkan kematian akibat kanker serviks secara signifikan, bagi perempuan yang berusia 35 dan 44 tahun serta aktif dalam aktivitas seksual, pastikan harus rutin menjalani pemeriksaan secara teratur, selain itu juga perlu memperhatikan makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan serviks pada usia berapa pun. Makanan yang kamu konsumsi memang sangat berpengaruh dengan kesehatan kamu, maka dari itu mulai saat ini coba perlahan untuk mengubah gaya hidup kamu, berikut ini makanan yang wajib dikonsumsi para perempuan untuk mencegah kanker serviks.

Makanan Pencegah Kanker Serviks Yang Wajib Dikonsumsi

Makanan pencegah kanker serviks

1. Wortel

Sayuran yang berwarna oranye dan kuning ini salah satu menu wajib yang harus dikonsumsi untuk melindungi kesehatan serviks. Makanan yang berwarna oranye seperti wortel ini memiliki kandungan beta-karoten dan karotenoid yang membantu melawan kerusakan akibat karsinogen, karotenoid sendiri merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu perbedaan besar pada kesehatan serviks. Selain baik untuk serviks wortel juga dikenal baik untuk kesehatan, jika ingin mengkonsumsinya kamu bisa memakannya langsung mentah mentah atau kamu tumis, rebus dan bisa juga dipanggang untuk lauk.

2. Buah Sitrus

Makanan pencegah kanker serviks selanjutnya yaitu buah sitrus, menurut sebuah penelitian melaporkan kalau vitamin C dapat sangat membantu menjaga kesehatan serviks. Maka dari itu kamu perlu mencukup kebutuhan vitamin C harian kamu, kamu bisa mulai untuk menambahkan lebih banyak buah jeruk ke dalam makanan kamu, jeruk sendiri merupakan buah yang kaya akan vitamin C, baik jeruk atau lemon sama sama bagus untuk kesehatan tubuh kamu, atau kamu juga bisa membuat infused water dari lemon.

3. Ubi Jalar

Ubi merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, ternyata ubi baik untuk melindungi serviks. Karena berwarna oranye, ubi memiliki kandungan beta karoten dan antioksidan yang berperan dalam mencegah dan mengobati berbagai kanker termasuk kanker serviks. Ubi jalar sendiri merupakan salah satu sumber beta karoten paling besar yang layak untuk kamu tambahkan sebagai makanan sehari hari, ubi jalar bisa kamu konsumsi dengan cara direbus atau dikukus. Ternyata mengkonsumsi ubi lebih baik kulitnya ikut dimakan karena memiliki banyak nutrisi.

4. Kacang

Makanan pencegah kanker serviks selanjutnya yaitu kacang, kacang wajib menjadi makanan kamu sehari hari untuk mencegah kanker serviks. Kacang selain murah juga tinggi serat dan tinggi protein, yang membuat kacang wajib kamu konsumsi yaitu dapat mencegah kerusakan sel, fitokimia merupakan komponen dalam kacang kacangan yang dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan tumor, fitokimia ini memiliki peran untuk memproteksi sel sehat agar tidak berkembang menjadi sel kanker. Kacang juga dapat menjadi pengganti daging karena kacang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, jadi selain hemat kamu juga bisa lebih sehat dengan rutin mengkonsumsi kacang yang dikombinasikan dengan sayuran lainnya.

5. Sayuran Berwarna Gelap

Sayuran berwarna gelap memang dipercaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan, menurut sebuah penelitian sayuran yang berwarna gelap memiliki kandungan folat yang tinggi. Folat sendiri sangat baik untuk melindungi serviks, jika kamu rutin mengkonsumsi sayuran berwarna gelap seperti bayam, kangkung, brokoli dan sayuran hijau gelap lainnya akan membantu kamu untuk menangkal jenis kanker lainnya. Kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari, tapi jangan terlalu sering mengolahnya dengan cara ditumis karena mengandung minyak, agar lebih sehat kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus dan dimana tanpa bumbu lainnya.

Most Popular