31.6 C
Tangerang
Monday, January 30, 2023
Home Health Makanan Pengganggu Kesehatan Usus, Gorengan Wajib Dihindari!

Makanan Pengganggu Kesehatan Usus, Gorengan Wajib Dihindari!

Inajournal.com – Apakah kamu sering merasa migrain dan mudah lelah? Bisa jadi hal ini pertanda bahwa ususmu tidak bersih, usus yang kotor dapat menghambat sistem pencernaan, agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Tentunya kita perlu mengusahakan agar usus selalu dalam keadaan bersih, salah satu penyebab gangguan pencernaan yaitu menumpuknya sisa-sisa makanan. Kita cenderung akan makan semua makanan enak tanpa memfilter kandungan dan resiko yang didapat. Karena apa yang kita makan akan berpengaruh pada usus, berikut ini makanan pengganggu kesehatan usus yang perlu dihindari.

Makanan Pengganggu Kesehatan Usus, Jangan Konsumsi Berlebihan

Aneka Jenis Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan, hampir semua orang pasti menyukai gorengan. Rasanya gurih dan renyah membuat makanan ini menjadi salah satu primadona, tapi ternyata makanan ini tidak sehat untuk kesehatan ususmu kalau terlalu sering mengkonsumsinya.

Lemak yang terkandung pada gorengan membuat ususmu bekerja lebih ekstra, akibatnya tidak jarang akan muncul rasa tidak nyaman pada perut. Makanan seperti kentang goreng, bakwan, keripik dan sebagainya harus kamu hindari ya, terlebih lagi kalau ususmu sedang tidak sehat!

Makanan Berjenis Karbohidrat Olahan

Serat merupakan kandungan yang diperlukan oleh tubuh, sistem pencernaan yang baik tentunya membutuhkan serat. Maka dari itu, kamu harus mengurangi mengkonsumsi roti, pasta atau olahan mie, yang merupakan jenis karbohidrat olahan. Dalam karbohidrat olahan kandungan serat yang ada di dalamnya sangat sedikit.

Kamu dapat menggantinya dengan karbohidrat yang bukan olahan, seperti nasi merah yang bisa kamu gunakan sebagai asupan karbohidrat, jangan lupa sayuran juga wajib masuk ke dalam makanan harian kamu.

Buah-Buahan dengan Kadar Fruktosa yang Tinggi

Buah yang memiliki kandungan fruktosa yang tinggi akan mempengaruhi sistem pencernaan, terlebih lagi bagi sebagian orang dengan sistem pencernaan yang sensitif. Maka dari itu, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya fruktosa juga wajib kamu hindari atau kurangi.

Apa saja contoh buah-buahnya? Apel, mangga, dan pear merupakan buah-buahan yang kaya dengan kandungan fruktosa tinggi. Kesegaran dan kenikmatan buah-buahan tersebut memang tidak terelakkan, tapi batasi pengkonsumsiannya, terlebih lagi kalau ususmu sedang bermasalah.

Makanan Pedas

Sebagian orang pasti sangat mencintai makanan pedas, sebagian lagi tidak. Hal ini tergantung dari sensitivitas sistem pencernaan masing-masing orang. Kalau kamu sering merasa tidak nyaman pada area perut, coba untuk menghindari makan makanan yang pedas.

Jika setelah mengkonsumsi makanan pedas kamu mengalami diare atau heartburn, bisa jadi memang sistem pencernaanmu sensitif, maka dari itu kamu dapat menghindari makanan yang mengandung cabai, mencegah lebih baik bukan daripada mengobati?

Daging Olahan

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi akan menyebabkan terjadinya penyumbatan arteri karena adanya kontraksi usus besar. Maka dari itu, kurangilah mengkonsumsi produk daging olahan, seperti bacon, sosis atau ham.

Untuk menjaga kesehatan ususmu, ada baiknya rutin mengkonsumsi protein rendah lemak. Kamu dapat mengkonsumsi ikan atau ayam, kandungan proteinnya yang rendah juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan di tubuhmu.

Sayuran Berpati

Mengkonsumsi sayuran memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan, namun terlalu banyak konsumsi serat dari sayuran berpati atau bertepung justru akan memunculkan masalah pada usus seperti perut bergas atau kembung. Jika usus sedang bermasalah ada baiknya menghindari sayuran bertepung terlebih dahulu, berikan jeda minimal 2 minggu untuk membiarkan usus beristirahat dan meriset diri.

Beberapa sayuran berpati yang perlu dihindari yaitu kentang, kacang hijau, labu madu dan ubi. Sebagai pengganti dari sayuran tersebut kamu bisa menggantinya dengan wortel, sayuran hijau, jamur okra, tomat, mentimun, brokoli, asparagus dan kembang kol. Mengapa harus menghindari sayuran yang berpati ini? Karena ketika usus memecah serat, sayuran berpati yang kamu konsumsi itu akan memproduksi gas sebagai produk sampingan.

Jadi ada baiknya hindari terlebih dahulu makanan-makanan yang sudah disebutkan sebelumnya ya. Beberapa makanan di atas memang sangat menggiurkan dan sulit ditolak, terlebih lagi dalam kehidupan sehari-hari kita sudah terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut. Tapi untuk hidup yang lebih baik, setidaknya kita harus mengurangi konsumsi makanan pengganggu kesehatan usus.

Most Popular