31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Foodie Makanan Sehat Untuk Bumil Yang Tidak Kalah Lezat Dengan Makanan Lainnya!

Makanan Sehat Untuk Bumil Yang Tidak Kalah Lezat Dengan Makanan Lainnya!

Pada saat ingin merencanakan kehamilan, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pasangan. Mulai dari obat-obatan atau vitamin yang akan dikonsumsi ibu hamil, intensitas hubungan seksual bersama suami dan masih banyak lagi. Namun anda tidak hanya harus mempersiapkan semua itu, tetapi juga mempersiapkan Makanan Sehat Untuk Bumil. Agar ibu hamil tetap mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk si ibu dan bayi.

Peran nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga tidak kalah penting untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu juga karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Namun, jangan berpikiran bahwa makanan-makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil memiliki rasa yang tidak enak. Karena dibawah ini ada beberapa rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki rasa lezat.

Beberapa Jenis Makanan Sehat Untuk Bumil Yang Patut Anda Coba

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Sebuah riset dari Harvard School of Public Health sudah melakukan penelitian sampai 19 ribu perawat pasien wanita yang pernah mencoba hamil secara aktif. Hasilnya mengungkapkan bahwa tingkat infertilitas hingga 39% bagi wanita yang rutin mengkonsumsi protein hewani. Sedangkan wanita yang tidak mendapatkan asupan protein hewani memiliki potensi lebih mengalami kehamilan. Itu sebabnya, anda bisa mulai mengkonsumsi banyak jenis kacang-kacangan atau alternatif lain, seperti tahu, edamame atau lentil.

Roti Gandum Utuh

Roti Gandum Utuh

Makanan sehat untuk bumil seperti Karbohidrat kompleks akan dicerna lebih panjang daripada jenis karbohidrat yang sudah diproses lebih dulu, sehingga mampu menjaga kadar insulin yang jauh lebih stabil. Akan tetapi, kadar insulin yang terlalu tinggi juga akan menggangu hormon reproduksi. Dalam studi yang dilakukan di Belanda menyebutkan bahwa ada 165 wanita yang berkadar gula tinggi akan lebih sulit hamil. Namun, jika anda ingin cepat hamil maka anda bisa mengkonsumsi roti gandung, beras merah, dan juga pasta gandum.

Asam Folat

Asam Folat

Makanan Sehat selanjutnya adalah Asam Folat. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat sangat pas untuk anda yang merencanakan program kehamilan dalam kurun waktu 1 tahun ke depan. Kandungan asam folat ini bisa anda dapatkan dari vitamin pra kehamilan, suplemen, gandum utuh, sereal yang kaya akan asam folat, sayur-sayuran dan juga buah jenis sitrus. Asupan asam folat yang sangat dianjurkan adalah 400-600 mg/hari sebelum hamil dan sekitar 800 mg/hari dalam masa kehamilan.

Ikan Salmon

Ikan Salmon

Makanan sehat untuk bumil seperti Ikan Salmon sangat kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk mengatur hormon reproduksi dan juga aliran darah ke organ genital. Selain itu, ikan Salmon juga memiliki kadar merkuri yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan laut yang lainnya. Namun, jika anda merasa kalau ikan Salmon memiliki harga yang cukup mahal, maka anda bisa mendapatkan asupan nutrisi omega 3 lainnya dari walnut, biji chia atau flaxseed.

Es Krim

Makanan Sehat Untuk Bumil

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 porsi susu atau produk susu seperti es krim dinilai bisa membantu melindungi kesuburan rahim. Akan tetapi, anda tetap harus menghindari susu skim atau low fat yang akan menimbulkan efek sebaliknya. Dr. Chavarro dari Harvard School of Public Health telah mengungkapkan bahwa susu yang sudah diproses mampu mengubah keseimbangan hormon sehingga bisa menghalangi terjadinya ovulasi. Anda Bisa mengganti satu porsi susu biasa dengan yang berlemak.

Sayuran Hijau

Makanan Sehat Untuk Bumil

Makanan Sehat Untuk Bumil yang terakhir adalah Sayur-sayuran hijau. Anda bisa mengkonsumsi bayam, brokoli atau sayuran hijau lainnya yang sangat kaya dengan folat, yaitu jenis vitamin B yang bisa meningkatkan ovulasi. Tidak hanya berguna untuk wanita saja, pria juga bisa memiliki sperma yang lebih sehat apabila rutin mengkonsumsi sayuran berdaun hijau. Selain itu, sayuran hijau juga bisa mengurangi resiko keguguran dan masalah genetik lainnya.

Most Popular