31.6 C
Tangerang
Saturday, October 1, 2022
Home Uncategorized Makanan Unik Bangka Belitung, Tertarik Mencoba Makanan Ini?

Makanan Unik Bangka Belitung, Tertarik Mencoba Makanan Ini?

Inajournal.com – Bangka Belitung tidak hanya menyuguhkan wisata alamnya yang indah dan menarik untuk dikunjungi, namun juga memiliki banyak pilihan kuliner khasnya yang sayang untuk dilewatkan. Makanan unik Bangka Belitung memang tidak pernah gagal membuat banyak balik lagi untuk mencicipinya, dalam sejarahnya tidak lepas dari pengaruh kuliner Melayu dan China. Tidak hanya itu, daerah kepulauan ini juga lekat dengan kuliner yang menggunakan bahan utama dari hasil laut karena memang cukup banyak pantai yang bisa kamu kunjungi. Beberapa kuliner seperti otak-otak, lempah kuning, dan tekwan jadi makanan khas Bangka, selain itu ada banyak kuliner lain yang wajib dicicipi.

Makanan Unik Bangka Belitung, Populer Dan Enak Banget!

Makanan-Unik-Bangka-BelitungHidangan unik dari Bangka Belitung yang pertama yaitu Siput Gonggong, hidangan laut yang satu ini jadi salah satu hidangan yang paling banyak di cari dan jangan sampai kamu lewatkan jika berkunjung ke Bangka Belitung. Siput jenis ini sendiri cukup banyak ditemui di perairan pulau Sumatera Khusunya Bangka Belitung dan Kepulauan Riau, kuliner siput gonggong ini akan disajikan dengan cara digoreng atau direbus. Makanan lezat yang satu ini juga kaya akan protein dan termasuk dalam jajaran oleh-oleh khas Bangka Belitung yang paling banyak di cari, kalau berkunjung ke Bangka Belitung jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini, apalagi buat kamu yang suka dengan makanan laut.

Makanan-Unik-Bangka-Belitung
Rusip

Makanan unik Bangka Belitung yang selanjutnya yaitu rusip, makanan khas Bangka Belitung ini menggunakan bahan dasar ikan dan belacan atau terasi. Salah satu makanan unik dengan bahan dasar ikan dan terasi ini biasanya jadi lauk pendamping dari hasil fermentasi ikan yang memiliki aroma khas. Makanan yang biasanya dikemas dalam botol plastik ini terbuat dari olahan ikan teri yang difermentasi dengan memggunakan air gula aren, garam dan air kerak nasi. Bagi para pecinta pedas dapat menambahkan irisan cabai untuk menambah cita rasa, rasanya makanan ini unik dan bikin siapapun yang mencicipinya pasti akan ketagihan.

Makanan-Unik-Bangka-Belitung
Berego

Makanan unik yang selanjutnya yaitu Berego, makanan yang satu ini sendiri sekilas memang mirip dengan lontong. Namun jika dilihar lebih detail lagi, makanan khas dari Bangka Belitung ini bentuknya mirip seperti mie pantiaw dalam ukuran besar dan berlapis-lapis. Berego merupakan makanan yang disajikan bersama kuah kari yang terbuat dari kaldu ikan, salah satu hal yang unik dari berego ini disbeut dengan lontong berlapis nyatanya tidak terbuat dari berasa melainkan terbuat dari campuran tepung beras dan sagu. Penasaran dengan rasanya? Jangan sampai lewatkan makanan yang satu ini jika berkunjung ke Bangka Belitung.

Makanan-Unik-Bangka-Belitung
Bong Li Piang

Makanan unik Bangka Belitung yang selanjutnya yaitu Bong Li Piang, makanan khas Bangka Belitung ini banyak dipengaruhi unsur kuliner Melayu dari China, salah satu makanan yang dipengaruhi budaya China ini jadi kuliner yang paling banyak di buru wisatawan jika berkunjung ke Bangka Belitung. Bong Li Piang masuk kedalam jenis makanan ringan atau kue yang isiannya berupa selai nanas, olahan bong li piang ini terdiri dariĀ  tepung terigu, santan dan gula aren, kue yang satu ini sangat cocok disajikan dengan secangkit kopi hangat. Kue manis yang satu ini juga bisa kamu jadian oleh-oleh saat kamu berkunjung ke Bangka Belitung, jadi jangan sampai melewatkan kue yang satu ini.

Makanan-Unik-Bangka-Belitung
Sambal Lingkung

Makanan yang selanjutnya yaitu sambal lingkung, sekilas makanan yang satu ini memang mirip dengan abon. Namun sambal lingkung memiliki cita rasa khas yang sayang untuk kamu lewatkan, sambal lingkung terbuat dari olahan ikan yang dikukus kemudian dihaluskan dan terakhir ditumis dengan berbagai rempah. Makanan awet dan tahan lama ini dapat disajikan dengan nasi hangat atau bisa juga kamu jadikan isian roti, cocok bange buat sarapan.Makanan-Unik-Bangka-Belitung

Makanan unik Bangka Belitung yang selanjutnya yaitu lempok cempedak yang jadi salah satu makanan khas Bangka yang banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh atau cemilan di rumah. Sesuai dengan namanya, lempok atau dodok ini terbuat dari buah cempedak yang memiliki citarasa legit dengan tekstur yang kenyal, kamu bisa mendapatkan makanan ini di pusat oleh-oleh Bangka Belitung.

 

Most Popular