31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Foodie Makanan Unik Khas Ukraina Yang Sangat Populer Dan Lezat

Makanan Unik Khas Ukraina Yang Sangat Populer Dan Lezat

Inajournal.com – Seperti yang kamu ketahui, setiap negara tentunya memiliki hidangan khasnya masing-masing, yang mana hidangan khas ini bagian dari kebudayaan dan diturunkan dari generasi ke generasi, dengan cita rasa yang unik dan menggugah selerah. Tak terkecuali Ukraina, salah satu negara pecahan Uni Soviet di Eropa Timur ini memiliki berbagai makanan tradisional lezat yang sangat unik dan sering disajikan dalam berbagai perayaan. Bahkan gak jarang wisatawan yang berkunjung pasti penasaran dengan beberapa makanan dibawah ini, apa saja? Berikut ini makanan unik khas Ukraina yang tidak boleh kamu lewatkan.

Makanan Unik Khas Ukraina Yang Populer Dan Wajib Kamu Cicipi

Makanan-unik-khas-Ukraina
Borscht

Yang pertama yaitu borscht, makanan yang satu ini merupakan hidangan nasional Ukraina yang sangat populer, warnanya yang merah terang membuat makanan ini sangat eye catching. Setiap gadis Ukraina biasanya belajar memasak borscht secara tradisional sebelum menikah, awalnya makanan ini terbuat dari 30 bahan, namun berkurang seiring berjalannya waktu. Dalam semangkuk borscht, ada daging sapi, bisa juga diganti dengan lemak babi, buat bit, kubis, wortel, kentang dan jamur, sedangkan bahan bumbu dan taburannya terdiri dari pasta tomat, bawang putih, seledri, peterseli, daun bawang, daun salam dan lada hitam. Karena warnanya yang merah, sekilas banyak orang yang menganggap rasa makanan ini manis, kalau berkunjung ke Ukraina wajib mencicipi makanan yang satu ini.

Makanan-unik-khas-Ukraina
Verenyky

Makanan unik khas Ukraina yang selanjutnya yaitu Verenyky, kalau di Korea Selatan punya mandu, kalau di Ukraina punya varenyky atau yang sering disebut dengan pierogi dan pyrohy. Makanan yang satu ini menjadi hidangan nasional yang sering disajikan dalam suatu perayaan, seperti makan malam natal, Verenyky sendiri terbuat dari kubis, daging sapi giling, jamur, keju, ceri, kismis, bawang goreng dan kentang. Gak jarang juga hidangan ini menggunakan buah-buahan seperti stroberi dan bluberi, untuk penyajikan makanan ini bisa ditambahkan dengan saus krim asam, mentega, atau gula, kalau berkunjung ke Ukraina jangan lewatkan makanan yang satu ini.

Makanan-unik-khas-Ukraina
Deruny

Yang selanjutnya yaitu deruny atau panekuk kentang yang sering disajikan untuk sarapan atau makan malam. Makanan yang satu ini terbuat dari kentang yang diparut atau digiling halus, tepung matzo, tepung serbaguna, telur bawang putih parut, bawang Bombay dan juga garam. Adonan kentang tersebut dapat dipanggang atau digoreng, untuk penyajiannya deruny dapat dinikmati dengan saus krim asam, saus apel atau polos tanpa tambahan suas apapun. Rasanya bikin nagih banget!

Makanan-unik-khas-Ukraina
Syrniki

Makanan unik khas Ukraina yang selanjutnya yaitu Syrniki, hidangan yang satu ini sama-sama panekuk yang sering disajikan untuk sarapan orang-orang Ukraina. Makanan yang satu ini sendiri terbuat dari krim quark, keju cottage, tepung telur, gula dna kadang ditambahkan juga dengan ekstrak vanili. Cara membuat olahan ini juga sama dengan panekuk pada umumnya, yaitu dengan cara di panggang di atas pan atau wajan anti lengket dengan mentega. Kemudian setelah matang, hidangan ini akan disajikan dengan selai, krim asam, atau mentega cair, yang pasti rasanya sangat lezat dan cocok jadi sarapan maupun cemilan.

Makanan-unik-khas-Ukraina
Golubtsi

Yang selanjutnya Golubtsi, makanan yang satu ini merupakan kubis yang berisi nasi dan daging cincang. Tidak hanya nasi, barley atau jali-jali dan biji miley juga sering ditambahkan untuk membuat hidangan ini, bumbu rempah yang digunakan untuk membuat golubsti atau holubtsi ini berupa bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah yang ditambahkan sebagai bumbunya. Untuk memasak hidangan ini ada beberapa cara, yaitu dengan dipanggang dalam oven, dikukus, digoreng, hingga direbus dengan sup tomat, setelah matang hidangan ini akan disajikan dengan krim atau saus asam.

Makanan-unik-khas-Ukraina
Okroshka

Makanan unik khas Ukraina yang selanjutnya yaitu okroshka, buat yang pengen mencicipi olahan sup khas Ukraina, maka sup ini jadi pilihan yang tepat untuk jadi hidangan pilihan yang wajib kamu coba. Sup segar ini biasanya akan disajikan pada musim panas, sup ini sendiri terbuat dari kvass atau kefir yang memberikan rasa asam segar. Isi dari supnya sendiri cukup beragam, mulai dari sosis, mentimun, sayuran hijau, wortel, dna lobak yang dipotong dengan ukuran besar. Setelah menyantap sup ini, rasanya badan pasti langsung segar.

Most Popular