31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Foodie Makanan Unik Khas Vanuatu Yang Bikin Penasaran. Wajib Coba!

Makanan Unik Khas Vanuatu Yang Bikin Penasaran. Wajib Coba!

Makanan unik khas Vanuatu ada banyak, sama seperti Negara lain yang memiliki makanan khasnya masing masing. Vanuatu juga tentunya memiliki makanan khasnya, Vanuatu sendiri sebuah Negara kepulauan yang letaknya di Samudra Pasifik bagian selatan. Negara ini pastinya terdengar asing di telinga kita, memang belum banyak yang mengetahui tentang Negara ini, namun semakin banyak orang yang mulai melirik Negara kepulauan yang satu ini.

Mulai banyak yang melirik Negara ini karena menyajikan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pemandangan wisata alamnya yang indah hingga makanan khasnya yang menarik untuk di cicipi. Negara yang memiliki penduduk sekitar 298 ribu jiwa ini hanya memiliki luas wilayah sekitar 12.199 kilometer persegi, setiap berkunjung ke suatu Negara atau daerah tentunya tidak lupa dengan makanan khasnya dari Negara tersebut.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Vanuatu untuk menikmati keindahannya, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam makanan khas yang ada di Negara kepulauan yang satu ini. Seperti apa saja makanan khas Vanuatu yang harus kamu coba karena keunikan dan kelezatannya yang menggugah selera.

Makanan Unik Khas Vanuatu Yang Wajib Kamu Cicipi

1. Laplap

Laplap
Kuliner khas Vanuatu yang satu ini terbuat dari daging yang diolah bersama dengan bahan bahan lainnya seperti sayuran dan santan. Kemudian semua bahan dicampur dan dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang, jika di Indonesia makanan ini mirip seperti pepes yang juga dibungkus dengan daun pisang dan setelah itu dipanggang. Biasanya makanan ini disajikan saat ada acara besar di Vanuatu, tertarik untuk mencobanya?

2. Tuluk

Tuluk
Makanan unik khas Vanuatu ini terbuat dari adonan singkong yang diparut, lalu adonan tersebut diisi dengan daging babi suwir, daging cincang atau kornet sapi, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Yang membuat makanan ini unik yaitu dari cara dan waktu memasaknya yang cukup lama, butuh waktu hingga 6 jam untuk memanggang tuluk di oven alami bawah tanah. Untuk teksturnya sedikit renyah di luar namun lembut di dalamnya. Cocok banget untuk ngemil sambil menikmati keindahan Negara ini.

3. Kava

Makanan unik khas Vanuatu
Kava adalah salah satu jenis minuman yang dibuat dari tanaman kava, tanaman ini banyak tumbuh di Vanuatu dan wilayah Pasifik Selatan lainnya. Minuman tradisional ini ternyata sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu, dan biasanya disajikan untuk tujuan medis atau saat upacara adat, menurut orang yang sudah mencicipinya, kava memiliki rasa yang cukup unik yaitu perpaduan rumput yang bercampur tanah liat. Orang yang minum kava, bibir dan lidah akan terasa mati rasa, maka dari itu setelah minum kava langsung makan buah buahan untuk menetralisir rasa.

4. Santo Beef

Makanan unik khas Vanuatu
Makanan unik khas Vanuatu ini juga wajib kamu coba, masyarakat Vanuatu juga gemar mengkonsumsi makanan olahan daging seperti salah satunya santo beef ini. Kuliner yang satu ini memang mirip dengan steak pada umumnya, yang istimewa olahan daging ini diambil dari daging sapi yang diberi makan rumput dan kulit kelapa sehingga memiliki rasa yang sangat lezat dengan tekstur daging yang lembut dan tidak berlemak.

5. Kari Ikan Kelapa

Kari Ikan Kelapa vanuatu
Masyarakat Vanuatu juga senang mengkonsumsi olahan ikan, seperti salah satunya kari ikan kelapa atau coconut fish curry. Kuliner ini terdiri dari ikan, lemon, krim kelapa, garam dan merica, kemudian bahan bahan tersebut dibungkus dengan lembaran daun pisang dan dibakar hingga ikan menjadi empuk. Biasanya olahan ini disajikan bersama nasi dan salad.

6. Sajikan Ikan Kakap

Makanan unik khas Vanuatu
Tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukai olahan ikan kakap, makanan unik khas Vanuatu yang satu ini juga cukup menarik untuk dicicipi. Masyarakat Vanuatu sangat menyukai sajian ikan kakap yang diolah menjadi berbagai macam makanan.

Most Popular