31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Health Makanan Untuk Kesehatan Gigi Selama Bulan Puasa, Wajib Konsumsi!

Makanan Untuk Kesehatan Gigi Selama Bulan Puasa, Wajib Konsumsi!

Inajournal.com – Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang perlu diperhatikan, kesehatan gigi juga jagi bagian penting yang harus diperhatikan. Menyikat gigi, menggunakan obat kumur, dan mengunyah permen karet merupakan hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat. Tidak hanya itu saja, untuk menjaga kesehatan gigi juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, tidak hanya cara-cara tersebut yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi makanan juga berpengaruh pada kesehatan dan kekuatan gigi, berikut ini ada makanan untuk kesehatan gigi yang wajib dikonsumsi.

Makanan Untuk Kesehatan Gigi Selama Bulan Ramadhan, Wajib Konsumsi

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Apel

Yang pertama yaitu buah apel, buah yang tidak hanya baik untuk diet dan kesehatan tubuh ini juga jadi salah satu buah yang wajib kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi. Dalam buah apel memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga gusi agar tetap kuat dan sehat, tidak hanya itu saja, ternyata dengan mengkonsumsi apel secara rutin juga bisa membantu membersihkan gigi dari plak dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah air liur. Keberadaan air liur ini sangat diperlukan di dalam mulut karena sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan gusi, sebaiknya mengkonsumsi apel saat berbuka atau sebelum sahur.

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Seledri

Makanan untuk kesehatan  gigi yang selanjutnya yaitu Seledri, bahan makanan yang satu ini sering diteukan di dalam olahan makanan. Sayuran yang memiliki batang kasar ini ternyata dapat membantu membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan, sama seperti apel, batang seledri ini dapat membuat muluk menghasilkan lebih banyak air liur yang fungsinya baik untuk mencegah kerusakan gigi dan membantu membersihkan mulut. Beberapa orang mungkin membuat olahan seledri dengan cara di jus, tapi kamu bisa mencampurkan dengan makanan.

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Wortel

Yang selanjutnya yaitu wortel, sayuran yang satu ini tidak hanya baik untuk mata tapi baik juga untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang ada di dalam wortel bisa menjaga kesehatan gusi dan mulut, tidak hanya itu saja, wortel juga tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat menghindari dari sariawan, gusi berdarah dan infeksi gigi, sayuran berwarna oranye ini bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa di makan bersama dengan sayuran lain, atau dijadikan jus. Selama bulan puasa gak ada salahnya rutin mengkonsumsi wortel, terlebih lagi sayuran ini sangat mudah ditemukan.

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Yogurt

Makanan untuk kesehatan gigi yang selanjutnya yaitu yogurt, makanan ini memiiki kandungan kalsium dan protein yang tinggi dan mampu membuat gigi tetap dalam keadaan sehat dan kuat. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi yogur setiap hari juga dapat mengurangi resiko terkenal karies gigi, tapi jangan lupa menyikat gigi 30 hingga 60 menit setelah mengkonsumsi agar tidak terjadi erosi gigi, ada baiknya mengkonsumi yogurt plain dan agar lebih sehat bisa tambahkan buah-buahan.

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Keju

Yang selanjutnya yaitu keju, olahan dari susu ini sudah tidak asing lagi tentunya di kalangan masyarakat, mengkonsumsi keju akan sangat bermanfaat karena dapat mengurangi resiko kerusakan gigi. Karena keju yang dikonsumsi berfungsi untuk meningkatkan air liur di dalam mulut, tidak hanya itu saja manfaat lain dari keju yaitu kandungan kalsium dan proteinnya mampu memperkuat enamel gigi. Kamu bisa mengkonsumsi keju dengan makanan lain seperti roti dan yang lainnya.

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Ikan

Makanan untuk kesehatan  gigi yang selanjutnya yaitu ikan, kalsium di dalam ikan sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dan gusi dari berbagai penyakit. Ikan yang cukup bermanfaat untu menjaga kesehatan gigi yaitu ikan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti kembung, tuna, salmbon dan sarden. Tidak hanya itu saja, vitamin D yang ada di dalam ikan juga mampu mencegah terjadinya radang gusi.

Makanan-Untuk-Kesehatan-Gigi
Jeruk

Yang selanjutnya yaitu jeruk, sepertinya banyak yang mengetahui kalau jeruk menjadi buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan mulit karena bisa memperkuat peredaraan darah dan memperlambat perkembangan penyakit gusi. Oleh karena itu penting untuk mengkonsumsi jeruk jika ingin membuat gigi semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

Most Popular