31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Health Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Inajournal.com – Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh kamu remehkan, mungkin pengidap hipertensi tidak akan merasakan gejala apa-apa jika masih ringan, namun gejala akan muncul jika sudah semakin parah. Jika tidak segera diatasi, hipertensi memiliki potensi menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius, untuk meminimalisir hal tersebut terjadi maka dari itu wajib menjaga pola makan dan melakukan pola hidup sehat bisa jadi salah satu solusi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut ini makanan yang wajib konsumsi.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Dengan Makanan Ini

Menurunkan-Tekanan-Darah-Tinggi
Salmon Atau Ikan Berlemak Lainnya


Yang pertama kamu bisa mengkonsumsi salmon dan ikan berlemak lainnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salmon atau ikan berlemak merupakan sumber lemak omega 3 yang sangat baik, dan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ikan sendiri dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut dengan oxylipins. Sehingga dengan memenuhi asupan omega 3, maka akan membantu kamu dalam menurunkan hipertensi atau darah tinggi, kamu bisa mengkonsumsi salmon secara mentah atau panggang dengan minyak zaitun.

Menurunkan-Tekanan-Darah-Tinggi
Beri

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang selanjutnya yaitu beri , buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang menjadi sumber antioksidan, termasuk anthocyanin yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri-berian. Sehingga buah beri dikaitkan dengan berbagai macam kesehatan, seperti dapat berpotensi menurunkan faktor resiko penyakit jantung seperti darah tinggi jika dikonsumsi dengan rutin tanpa tambahan lain seperti gula atau diolah dengan bahan lain. Buah ceri juga termasuk salah satu buah yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai makanan lain atau minuman, seperti beri-berian di campurkan dengan pisang, buah naga atau plain yoghurt, granola dan yang lainnya.

Menurunkan-Tekanan-Darah-Tinggi
Semangka

Siapa yang bisa menolak kesegaran buah yang satu ini, seperti yang diketahui kalau semangka merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan air. Selain itu semangka juga memiliki kandungan asam amino yang disebut dengan citrulline, yang bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi, citrulline sendiri membantu tubuh memproduksi nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika ingin menurunkan tekanan darah tinggi setidak kamu wajib mengkonsumsi semangka minimal sekali dalam sehari sebagai cemilan.

Menurunkan-Tekanan-Darah-Tinggi
Biji Labu

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang selanjutnya yaitu biji labu, kebanyakan orang mungkin lebih sering mengkonsumsi buah labunya. Namun tahukah kamu kalau biji labu ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, biji labu sendiri memiliki kandungan magnesium, kalium dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat yang penting untuk merelaksasi pembuluh daran dan pengurangan tekanan darah. Sehingga biji buah labu menjadi sumber nutrisi yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah tinggi, minyak biji buah labu juga terbukti jadi obat alami untuk tekanan darah tinggi. Sudah pernah mencicipi olahan biji labu? Kalau belum wajib kamu coba!

Menurunkan-Tekanan-Darah-Tinggi
Wortel

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, wortel sendiri merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata wortel dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu saja, wortel juga kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Kamu bisa rutin mengkonsumsi jus wortel setiap pagi untuk mengawali harimu.

Menurunkan-Tekanan-Darah-Tinggi
Tomat

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang selanjutnya yaitu tomat, buah yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti potasium dan pigmen karotenoid likopen. Likopen sendiri sudah signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung dan makan makanan tinggi nutrisi seperti tomat. Sehingga tomat bisa membantu mengurangi faktor resiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, konsumsi tomat secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah beberapa makanan yang baik kamu konsumsi untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

Most Popular